Cara Membuat Reel Instagram Agar Mudah Viral

Jagad.id – Reel Instagram memungkinkan pengguna untuk mengkonsumsi konten yang mereka sukai tanpa meninggalkan Instagram. Fitur ini diluncurkan untuk bersaing dengan TikTok yang telah menjadi salah satu jejaring sosial paling trendi untuk konten organik dan iklan digital. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan tentang cara membuat reel Instagram yang terbaik.

Dengan memanfaatkan salah satu fitur instagram ini, anda akan mendapatkan nuansa Tiktok disana. Dan anda tidak disediakan fitur ini agar betah di aplikasi Instagram. Tapi apa sebenarnya yang terdiri dari Reel Instagram?

Apa itu Reel Instagram dan Mengapa Anda Harus Menggunakannya?

Reel Instagram adalah tentang membuat dan mengonsumsi video pendek, khususnya yang berdurasi sekitar 15 hingga 30 detik. Anda dapat mengembangkan akun Anda dengan cepat dengan menggunakannya, meskipun untuk melakukannya, konten Anda harus orisinal dan menarik.

Dikatakan juga bahwa Instagram telah membuat perubahan pada algoritmanya untuk memberikan visibilitas yang lebih besar ke akun yang menggunakan Reel, jadi itulah alasan lain untuk mencoba fitur ini.

12 Cara Membuat Reel Instagram Viral

Reel telah ada di Instagram selama beberapa tahun, jadi semakin sulit untuk menonjolkannya karena persaingan semakin ketat. Namun, jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk membuatnya. Kami akan memberi Anda beberapa cara berguna untuk membuat video pendek dan menjadi viral di jaringan ini.

Fokus pada Niche atau Topik Tertentu

Salah satu cara untuk mendapatkan pengikut dan menjadi viral di Instagram adalah dengan menemukan tema atau kategori di Instagram dan mempostingnya secara teratur.

Algoritma Instagram menggunakan pembelajaran mesin, sehingga akan menampilkan postingan Anda kepada audiens yang sudah tertarik dengan topik yang Anda posting. Inilah mengapa sangat penting untuk memilih tema atau ceruk dan menaatinya!

Sertakan Pengait yang Menarik Perhatian

Saat ini, ribuan Reel diterbitkan setiap hari, jadi cara membuat reel Instagram menjadi viral, konten harus benar-benar menghibur. Agar menonjol, tambahkan sentuhan pribadi yang membuatnya unik dan orisinal. Beberapa detik pertama video adalah kunci untuk menarik perhatian penonton, jadi penting untuk menonjolkannya sejak awal.

Jadikan Mereka Ukuran yang Tepat

Ukuran video optimal adalah 1080 x 1920 piksel. Ini memungkinkan pemirsa untuk melihat video pada resolusi maksimum, dengan rasio aspek 9:16. Ini berarti video Anda harus direkam secara vertikal.

Jangan Sertakan Watermark TikTok

Ada tujuan yang sangat jelas ketika Reel Instagram diluncurkan: untuk mendorong pengguna memilih Instagram daripada TikTok untuk posting video. Algoritma Instagram mampu mendeteksi watermark TikTok. Agar video Anda memiliki kesempatan untuk memposisikan dengan baik, penting untuk menghapus watermark tersebut.

Sertakan Teks di Video Anda

Diperkirakan lebih dari 80% pengguna Instagram menonton video tanpa suara, baik itu Stories maupun Reels. Jadi, cara membuat reel Instagram ada baiknya menambahkan teks yang dapat membantu pemirsa memahami konten tanpa audio. Teks juga akan memungkinkan orang dengan kesulitan mendengar untuk memahami video.

Pusatkan Teks di Tengah Sehingga Dapat Dilihat dalam Mode Kisi

Karena Reel dapat diakses dan ditonton dari tab “Reel” atau tampilan In-Feed, penting untuk selalu menempatkan teks Anda di tengah-tengah video Anda, “zona aman”, sehingga tidak akan dipotong.

Sertakan Ajakan Bertindak

Ajakan bertindak harus selalu disertakan untuk mendorong pemirsa berinteraksi dengan video Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui kesan dan pendapat audiens Anda. Anda kemudian dapat membuat konten sesuai dengan preferensi mereka. Ini tidak berarti menjauh dari tema atau ide pilihan Anda, melainkan memikirkan bagaimana Anda dapat menyajikannya dengan cara yang menarik bagi orang lain.

Gunakan Elemen Viral

Agar konten Anda memiliki peluang terbaik untuk menjadi viral, Anda dapat menggunakan elemen yang sedang tren, seperti lagu atau tantangan. Ini berarti tetap mengikuti tren dan mengamati bagaimana publik bereaksi terhadapnya untuk menerapkannya (selama sesuai dengan kategori atau tema Anda).

Gunakan Hashtag untuk Mempromosikan Konten Anda

Tagar adalah elemen kunci dari segala jenis kiriman di Instagram. Karena, cara membuat reel Instagram ini membantu algoritma Instagram memahami jenis konten di video Anda dan kemudian menunjukkannya kepada pengguna yang mungkin tertarik.

Hashtag harus dipilih dengan sangat hati-hati. Yang paling populer tidak selalu yang terbaik karena persaingannya lebih banyak.

Buat Reel Kustom

Membuat reel khusus dapat membantu video Anda menonjol sejak awal. Ini adalah gambar yang akan dilihat pengguna sebelum mengkliknya.

Sampul akan menambah nilai konten dan membuatnya jauh lebih menarik dan menarik. Ini juga akan memberikan kesinambungan pada profil Anda.

Publikasikan Reel Anda pada Waktu Menonton Puncak

Tidak setiap jam adalah waktu yang tepat untuk menerbitkan. Tidak juga setiap hari. Penting untuk mengetahui waktu ketika sebagian besar audiens target Anda terhubung dan tersedia.

Setelah Anda menentukan hari dan waktu terbaik yang akan menghasilkan penayangan terbanyak, jadwalkan posting Anda sesuai dengan itu. Dengan cara ini, Anda akan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Bagikan Reel Anda di Feed dan Cerita Instagram Anda

Untuk memberikan Reel Anda visibilitas yang lebih besar, bagikan di feed Instagram Anda dan di Stories Anda. Idenya adalah agar pengikut tidak ketinggalan pos.

Menjadi viral di Instagram Reels adalah mungkin, meskipun kemungkinannya terjadi dalam semalam cukup rendah. Hal terpenting untuk difokuskan adalah membuat konten yang menarik dan menarik secara teratur, serta menggunakan semua trik yang telah kami sebutkan di artikel ini.

Akhir Kata

Nah demikian merupakan ulasan tentang cara membuat reel Instagram yang tepat untuk cepat viral. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda meningkatkan pengunjung atau follwer dan meningkatkan trafik anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA