Cara Meningkatkan Jangkauan Organik Instagram Dengan Mudah

Jagad.id – Metrik media sosial memungkinkan Anda memahami bagaimana strategi Anda. Di antara itu, jangkauan adalah salah satu yang paling penting, karena ini memberi tahu Anda berapa banyak pengguna yang telah melihat postingan Anda. Dan kali ini, kami akan memberikan ulasan tentang cara meningkatkan jangkauan organik Instagram yang bisa anda ketahui.

Ada dua jenis jangkauan di platform media sosial termasuk Instagram: berbayar dan organik. Jangkauan berbayar mengacu pada apa yang dicapai melalui platform atau alat berbayar dan sebagai hasil dari kampanye iklan, sedangkan jangkauan organik dicapai secara alami, melalui berbagi atau saran. Tapi bagaimana Anda bisa meningkatkan jangkauan organik Instagram Anda?

Cara Meningkatkan Jangkauan Organik Instagram

Berikut merupakan ulasan tentang cara untuk meningkatkan jangkauan organik akun Instagram yang bisa anda ketahui.

Berinteraksi Dengan Audiens Anda Dengan Stiker Cerita Instagram

Instagram Stories memungkinkan Anda berinteraksi dengan audiens dengan berbagai cara melalui stiker. Berkat stiker, Anda dapat mengajukan pertanyaan, membuat polling, memulai hitung mundur, meminta pendapat atau saran, dan banyak lagi. Ini memudahkan untuk mendorong pengguna berinteraksi dengan merek Anda dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengannya.

Gunakan Humor dan Meme

Pengguna juga membutuhkan sentuhan humor dalam kesehariannya, sehingga membuat meme bisa menjadi ide yang sangat bagus.

Keuntungan utama meme adalah mudah dibuat dan biasanya menghasilkan banyak keterlibatan. Mereka juga kompatibel dengan semua jenis industri. Yang terbaik dari semuanya, semakin jenaka dan lucu mereka, semakin besar kemungkinan mereka untuk dibagikan.

Namun cara meningkatkan jangkauan organik Instagram ini tergantung pada nada yang digunakan dan jenis audiens yang ingin Anda tarik, Anda harus menilai jenis konten apa yang paling sesuai.

Buat Postingan untuk Disimpan

Instagram memungkinkan pengguna untuk menyimpan postingan. Ini berarti berhati-hati dengan konten yang Anda posting, karena algoritma Instagram memperhitungkan tindakan pengguna untuk menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten tersebut. Jadi, selain suka, komentar, dan bagikan, membuat pengguna menyimpan kiriman memberi tahu Instagram bahwa informasi dalam kiriman itu sangat relevan.

Publikasikan Posting Carousel

Instagram memungkinkan Anda untuk menambahkan hingga 10 foto atau video dalam pos yang sama, yang dikenal sebagai carousel. Ini biasanya lebih menarik bagi pengguna dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan konten dengan cara yang sangat visual.

Salah satu keuntungan utama dari posting ini adalah jika Anda memberikan konten yang berharga, pengguna cenderung menyimpannya.

Sertakan CTA Dalam Salinan Anda

CTA atau ajakan bertindak adalah cara untuk mendorong penonton untuk melakukan suatu tindakan. Ini berarti Anda bisa mendapatkan lebih banyak keterlibatan pada posting Anda hanya dengan memasukkan CTA di salinan Instagram Anda.

CTA mendorong pengguna untuk melakukan tindakan tambahan seperti mengklik tautan. Yang harus diperhatikan adalah CTA harus berhubungan langsung dengan jabatan.

Tunjukkan Wajah Anda di Instagram Stories

Penonton suka mengetahui siapa yang berada di balik profil Instagram, jadi jika memungkinkan, sebaiknya tunjukkan diri Anda di Instagram Stories Anda. Cerita dapat digunakan untuk menjelaskan konsep, memberikan saran, memberi tahu pengguna tentang berita atau promosi, dan banyak lagi. Ini juga merupakan cara bagi publik untuk lebih memercayai suatu merek dan merasa bahwa ada lebih dari sekadar logo di baliknya.

Mengadakan Undian Giveaway

Undian juga dapat digunakan dalam strategi Instagram. Peluang untuk mendapatkan produk atau layanan gratis selalu sangat menggiurkan bagi audiens, sehingga Anda dapat meningkatkan pengikut dan tindakan Anda secara drastis dalam waktu singkat.

Persyaratan dasar untuk mengikuti undian adalah: mengikuti akun, meninggalkan komentar, menandai pengguna lain, dan membagikan kiriman.

Lakukan Sesi Tanya Jawab

Melalui Instagram Stories, Anda dapat mengadakan sesi FAQ. Ini adalah cara bagi audiens untuk merasa didengar dan, di atas segalanya, kesempatan untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka. Cukup tempelkan stiker di mana audiens dapat menuliskan pertanyaan mereka dan menjawabnya saat diterima atau memilih pertanyaan yang paling penting untuk dijawab jika jumlahnya terlalu tinggi.

Tayangkan dengan Pengguna Lain

Instagram Live juga sangat efektif. Melalui mereka, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda dan menumbuhkan interaksi dengan cara yang cepat dan efektif, yang mengarah pada pertumbuhan lalu lintas organik. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan streaming langsung dengan influencer lain di sektor Anda. Ini juga merupakan cara untuk menunjukkan kepada publik siapa yang berada di balik merek tersebut.

Berkolaborasi di Reel Instagram

Reels adalah format populer di Instagram yang dapat digunakan untuk meningkatkan lalu lintas organik dan keterlibatan dalam jejaring sosial.

Dengan melakukan kolaborasi di Reel Instagram, postingan Anda akan muncul di kedua profil – profil Anda dan profil pembuat yang berkolaborasi dengan Anda. Ini memungkinkan pendapat, suka, dan komentar untuk dibagikan, yang mengarah ke jangkauan yang jauh lebih besar.

Buat Reel Dengan Audio Viral

Ikuti tren dan manfaatkan audio viral untuk membuat video yang ingin dibagikan pengguna. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah bahwa video harus direkam dalam format potret dan tidak boleh lebih dari 60 detik. Semakin banyak orisinalitas yang Anda tambahkan ke video, semakin banyak pembagian yang akan Anda dapatkan.

Posting Saat Audiens Anda Paling Aktif

Postingan harus dilakukan pada hari-hari dan jam-jam ketika audiens target paling aktif. Secara umum dikatakan bahwa pengguna paling aktif di jejaring sosial dari Senin hingga Jumat mulai pukul 4 sore. dan seterusnya, meskipun ada puncak aktivitas pada jam 9 pagi juga. Tergantung pada profil audiens yang ingin Anda tarik, mungkin ada variasi, jadi Anda harus mengujinya sampai Anda menemukan waktu terbaik untuk memposting merek Anda.

Eksperimen Dengan Konten Buatan Pengguna (UGC)

Untuk membuat pengguna merasa menjadi bagian dari merek, Anda dapat menggunakan Konten Buatan Pengguna, yang mengacu pada konten yang dibuat oleh pengguna. Ini bisa berupa foto, meme, teks, video, dan lainnya. Konten apa pun boleh, asalkan tidak merusak citra merek dengan cara apa pun.

Sangat umum untuk mengundang pelanggan membuat Cerita untuk produk dengan menandai merek. Merek kemudian dapat membagikan apa yang dibuat dan diposting pengguna.

Pentingkah Memiliki Jangkauan Yang Luas

Jangkauan organik mengacu pada jumlah pengguna berbeda yang dijangkau oleh sebuah postingan. Ini berarti bahwa jangkauan organik secara langsung berkaitan dengan kualitas konten karena, tidak seperti konten berbayar, jangkauan datang secara alami melalui pembagian. Semakin banyak dibagikan, semakin relevan konten tersebut untuk algoritma Instagram.

Jangkauan ini mengarah, kemudian, ke visibilitas, yang akan diterjemahkan menjadi lebih banyak pengikut dan, akibatnya, peningkatan penjualan. Tentu saja, selalu penting untuk menganalisis jenis konten apa yang memiliki jangkauan terbaik, karena ini akan memberi Anda petunjuk tentang apa yang paling disukai audiens Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara meningkatkan jangkauan organik Instagram yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda untuk meningkatkan pengunjung di akun Instagram anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA