10 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Bisnis Anda!

10 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Bisnis Anda!

Jagad.id – Cara Menggunakan Grup Facebook – Grup Facebook memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda pada tingkat yang lebih pribadi. Dalam banyak kasus, orang cenderung membaca postingan sosial dari teman daripada merek. Hal ini menjadikan Grup sangat cocok untuk membangun koneksi, karena mereka mengharuskan anggota dan admin untuk memposting dari akun pribadi.

Ini memberi Anda peluang unik untuk terlibat sebagai manusia pertama dan merek kedua. Melalui menanggapi audiens Anda dan ajukan pertanyaan, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diinginkan pelanggan Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu.

10 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Bisnis

Katakanlah Anda terlibat dalam pemasaran Grup Facebook. Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda memaksimalkan Grup dan peluang untuk terlibat dengan audiens Anda?

Baik Anda memulai grup dari awal atau mengelola grup atas nama klien, di bawah ini adalah landasan strategi Grup Facebook.

1. Buat aturan dan ekspektasi Anda sejelas mungkin

Mungkin bagian terpenting dalam membuat Grup Facebook Anda adalah menetapkan aturan Anda. Dan cara menggunakan Grup Facebook ini mungkin tidak terdengar menyenangkan, penting untuk menjaga agar Grup Anda tidak berubah menjadi spam dan disorganisasi umum.

Sebagai permulaan, tanyakan pada diri Anda:

  • Apa tujuanmu?
  • Apa yang Anda harapkan dari anggota untuk diposting?
  • Apa pedoman Anda tentang bagaimana anggota harus berinteraksi?

Aturan terperinci berjalan seiring dengan percakapan yang bermakna dan berkualitas tinggi. Ini juga mengurangi kerancuan dan pertanyaan umum karena Anda dapat mengarahkan anggota ke aturan yang Anda tetapkan. Dorong anggota untuk membaca posting atau komentar orang lain untuk melihat apakah pertanyaan mereka telah dijawab sebelumnya.

Tetapkan aturan Anda dan terapkan. Grup Anda harus menjadi tempat yang aman dan ramah bagi anggota untuk terlibat. Jika tidak ada yang lain, menetapkan batasan membantu membatasi promosi diri dan menjatuhkan tautan dari spammer.

Facebook mengizinkan 10 aturan publik untuk setiap Grup tertentu. Sebagai referensi, saran Facebook sendiri untuk aturan Grup meliputi:

  • Mendorong komentar positif, umpan balik dan percakapan
  • Mengambil sikap tegas terhadap intimidasi dan ujaran kebencian
  • Melarang spam dan tautan yang tidak relevan
  • Menghormati privasi sesama anggota

2. Prioritaskan diskusi setiap hari

Semakin banyak Anda bisa membuat anggota Anda berbicara, semakin baik. Ini tidak hanya mendorong lebih banyak aktivitas dari Grup Facebook Anda sendiri, tetapi juga meningkatkan kemungkinan postingan Anda akan muncul di umpan anggota Anda.

Posting secara teratur jelas merupakan komitmen. Itulah mengapa kami menyarankan untuk membuat diskusi bertema yang dapat Anda gunakan setiap minggu atau setiap bulan.

Misalnya, banyak Grup Facebook mengirimkan utas “Motivasi Senin” atau pos mingguan tempat anggota didorong untuk berbagi konten atau cerita. Ini berfungsi ganda untuk memberi pengunjung Anda sesuatu yang dinanti-nantikan sambil tetap berpegang pada kalender konten yang konsisten.

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan sebanyak mungkin perhatian pada postingan Anda, cobalah untuk mendorong diskusi saat anggota Anda paling aktif.

3. Beri tahu Grup Facebook Anda bahwa Anda mendengarkan (tetapi jangan terlalu banyak bicara)

Perhatikan baik-baik notifikasi dan balasan Anda, terutama di postingan terkait diskusi yang Anda buat sendiri.

Anggota Anda kemungkinan besar akan senang untuk melanjutkan percakapan, tetapi membalas menunjukkan bahwa Anda secara aktif mendengarkan apa yang mereka katakan. Ini sangat penting jika mereka menandai Anda untuk balasan.

Namun, jangan merasa perlu terlibat dengan setiap percakapan di grup Anda. Terkadang yang terbaik adalah memberi anggota Anda ruang bernapas dan membiarkan mereka membicarakan suatu topik. Kecuali jika ada pertanyaan yang terlibat di mana Anda bisa melompat, tidak apa-apa untuk mundur selangkah.

4. Hindari tautan dan penjualan langsung

Tidak ada yang bergabung dengan Grup untuk di-spam sampai mati dengan tautan dan pesan penjualan. Selain mengecilkan keduanya dalam aturan Grup Anda, pastikan untuk memberikan konteks pada tautan atau pesan penjualan apa pun yang Anda poskan sendiri.

Misalnya, jika Anda mempromosikan postingan blog atau produk ke grup Anda, jelaskan mengapa Anda memposting tautan atau promosi tersebut. Idealnya, cobalah penawaran dan promo Anda untuk mengirim pesan langsung dan secara pribadi dengan pelanggan Anda yang telah menunjukkan minat pada apa yang Anda tawarkan.

5. Menekankan eksklusivitas dengan Grup Tertutup

Perhatikan bahwa banyak Grup Facebook “Tertutup.” Dengan kata lain, anggota hanya dapat bergabung setelah diperiksa dan diterima oleh admin.

Popularitas Grup Tertutup bukanlah suatu kebetulan. Grup sering diperlakukan seperti klub rahasia dan eksklusif yang mempromosikan konten dan penawaran “untuk mata Anda saja”. Menjaga Grup Anda tetap kecil dan erat menjaga kualitas diskusi tetap tinggi. Ini juga membuat hidup lebih mudah bagi admin Anda.

6. Optimalkan Grup Facebook dan konten Anda untuk keterlibatan

Sama seperti Anda harus memperhatikan apa yang mendorong keterlibatan Halaman Facebook, aturan serupa berlaku untuk Grup Anda.

Misalnya, apakah Anda sudah mengisi info Grup dengan lengkap untuk menyertakan kata kunci relevan yang mungkin dicari audiens Anda? Apakah deskripsi Grup Anda menyertakan manfaat dan ajakan bertindak? Bagaimana dengan foto sampul yang menarik?

Meliputi basis ini membuat grup Anda lebih menarik dan mudah ditemukan oleh calon anggota. Seperti yang disorot dalam panduan kami untuk alat analitik Facebook, penting untuk memahami jenis konten mana yang berkinerja baik dengan audiens Facebook Anda.

7. Bereksperimenlah dengan berbagai posting dan format konten

Demi mencari tahu apa yang paling melibatkan audiens Anda, bersiaplah untuk bereksperimen dengan berbagai jenis postingan. Ini bukan hanya kabar baik untuk algoritme: hal itu membuat audiens Anda tetap waspada dan membuat postingan Grup Anda tidak menjadi terlalu rutin. Pertimbangkan untuk memposting yang berikut ini:

  • Konten buatan pengguna (pikirkan: meminta anggota untuk mengunggah foto atau video)
  • Facebook Live dan video Facebook asli
  • Konten interaktif (pikirkan: Jajak Pendapat)
  • Gambar (gif, meme, dan infografis)

8. Pastikan admin Anda mengerjakan tugasnya!

Seperti yang kami katakan sebelumnya, marketing Grup Facebook adalah sebuah komitmen.

Saat menunjuk admin, periksa kembali apakah mereka siap untuk tugas itu. Demi membangun hubungan pelanggan, penting untuk menjawab pertanyaan dari anggota secepat mungkin. Memiliki banyak admin berarti bukan tanggung jawab satu individu untuk memoderasi atau memposting atas nama merek atau bisnis Anda. Ini juga berarti bahwa anggota Anda tidak akan pernah digantung ketika tanggapan diperlukan.

Tentu saja, pastikan juga bahwa Anda sepenuhnya mempercayai siapa pun yang Anda beri hak istimewa administratif.

9. Telusuri percakapan Anda untuk menemukan tema umum dan poin kesulitan

Jika Anda kekurangan ide tentang apa yang akan diposting di Grup Anda, lihat lebih jauh dari diskusi anggota Anda.

Apa yang mereka khawatirkan? Bantuan apa yang mereka butuhkan?
Mengawasi pertanyaan dan kekhawatiran yang sering diajukan dapat menjadi asal mula segala sesuatu mulai dari posting blog hingga ide produk dan seterusnya.

10 Promosikan Grup Anda di luar Facebook!

Terakhir, jangan berharap pengikut membanjiri Grup Facebook Anda tanpa diminta. Jika Anda memiliki buletin email atau aktif di platform sosial lainnya, undang pelanggan Anda di tempat lain untuk bergabung dengan Grup Anda.

Karena pelanggan Anda sudah mengetahui dan mempercayai merek Anda, mengundang mereka untuk bergabung dengan Grup Facebook Anda adalah hal yang mudah untuk menumbuhkan keanggotaan Anda dan memberikan nilai lebih kepada audiens Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara menggunakan Grup Facebook yang bisa anda ketahui. Dengan ulasan diatas semoga bisa membantu anda memaksimalkan grup facebook anda. Terima kasih!