Pengertian Zoho : Fitur, Cara, Kelebihan dan Kelemahan

Bagi anda pelaku bisnis, pastinya membutuhkan yang namanya email untuk kebutuhan bisnis. Yang mana kebutuhan dari email ini tidak hanya untuk sekedar membuat akun sosial media dan sebagainya, lebih dari itu keberadaan email ini juga menjadi bukti sisi profesionalitas seseorang dalam menjalankan usaha.

Sebuah pengembang software bernama Zoho Corporation telah menawarkan salah satu fitur email yang cukup bisa diandalkan. Apalagi Zoho ini juga memiliki keunggulan bagi anda yang memiliki segala jenis usaha atau bisnis.

A. Pengertian Zoho

Zoho atau Zoho Mail adalah sebuah layanan email yang mana target pemasaran mereka adalah untuk keperluan bisnis maupun pengguna professional. Sekilas untuk model email yang diberikan oleh Zoho ini mirip seperti Gmail, dimana mereka menyediakan kotak masuk email yang bebas dari gangguan iklan didalamnya.

Selain itu, Zoho ini juga memiliki tampilan yang minimalis namun powerfull, sehingga akan memudahkan para pengguna nantinya.  Tidak hanya menyediakan layanan email saja, namun Zoho ini juga memiliki layanan lain seperti Zoho CRM, Project, Creator, Zoho Docs, hingga kalender yang sudah terintegrasi langsung dengan email.

Dengan layanan yang diberikan tersebut, tentunya akan memudahkan anda sebagai pengguna untuk melakukan koordinasi maupun kolaborasi bareng tim guna meningkatkan efektivitas urusan bisnis anda nantinya. Jelas hal ini membuatnya tak beda jauh dengan menggunakan sosial media sebagai keperluan bisnis.

B. Fitur Di Dalam Zoho

Ada sejumlah alasan kenapa Zoho ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, pastinya hal itu tidak terlepas dari beragamnya fitur yang dimiliki oleh layanan tersebut. Dan berikut ini sejumlah fitur yang dimiliki oleh Zoho yang perlu anda ketahui:

1. Memiliki Inbox Terorganisir

Pada bagian tampilan muka Zoho Mail ini sangat bersih, sama sekali tidak menampilkan iklan disana, bahkan untuk sekedar layanan gratis. Selain itu, ada fitur keren yang memungkinkan anda sebagai pengguna bisa mengatur email yang masuk kedalam Zoho ini berdasarkan beberapa kriteria, yakni Folder, Flag, maupun label.

Zoho juga menyediakan fitur untuk melakukan pemblokiran pesan yang mungkin dianggap sebagai spam yang cukup meresahkan. Ada juga fitur filter serta labeling yang berguna untuk menyaring mengenai jenis pesan email seperti yang kira-kira tidak ingin anda terima.

Layanan Zoho Mail ini telah mendukung struktur folder multi-level yang berbeda dengan memiliki tampilan antarmuka dibandingkan webmail lain.  Dengan begini maka pengguna bisa mengatur email supaya nanti struktur bisa disusun sesuai dengan keinginan anda, dengan begini maka anda pun jua diberikan kebebasan menavigasi kotak masuk email lebih gampang.

Jika kebetulan anda memiliki thread email yang bersifat lanjutan, maka Zoho ini bakal memberikan tampilan yang menarik seperti anda menggunakan aplikasi perpesanan, dengan begini maka akan memudahkan anda dalam mencari atau membaca  email yang pernah masuk kembali.

2. Memiliki Fitur Untuk Bersihkan Kotak Masuk

Perlu diakui, jika ada banyak sekali email masuk yang sifatnya β€˜tidak terlalu’ penting, pasti sangat menjengkelkan karena bisa membuat sejumlah email penting anda jadi tertindih. Karena hal itu, Zoho ini menyediakan fitur bernaa Scrub yang bisa membersihkan kotak masuk email anda.

Dengan fitur scrub ini anda bisa memilih untuk memindahkan email tersebut ke bagian folder arsip, atau langsung mengeksekusinya secara lansung untuk menghapusnya sehingga tidak bikin mata pedas.

3. Terintegrasi dengan CRM

Zoho ini juga sudah terintegrasi langsung dengan CRM (Customer Relationship Management), yang mana layanan ini sangatlah penting untuk urusan pemasaran, membangun hubungan baik dengan customer, mengumpulkan leads, serta menjadikan pelanggan biasa jadi pelanggan setia dalam bisnis anda.

Setelah anda berhasil mengumpulkan leads, pastinya butuh platform yang berguna untuk menyimpan data email dari customer tadi. Maka dari itu, dengan terintegrasinya Zoho dengan CRM ini sangat penting untuk anda para pelaku bisnis.

Selain untuk memudahkan anda dalam merapikan data, dengan CRM ini juga akan menghemat wakru anda sehingga membuat kegiatan marketing pun menjadi lebih optimal. Hal ini dikarenakan, dengan adanya CRM ini maka bakal secara otomatis memasukkan daftar email yang ada tadi kedalam akun Zoho anda nanti.

4. Bookmark

Mirip dengan Bookmark yang sudah sering anda temukan di Browser, untuk layanan di Zoho ini bisa anda gunakan untuk menyimpan tautan website yang dirasa penting ditandai. Untuk melakukannya pun sangat gampang, anda cukup pilih menu β€˜Bookmark’ yang berada disebelah kiri, setelah itu klik menu Crate.

Selanjutnya masukkan URL Website yang ingin anda simpan tadi, atau bagi anda pengguna Chrome bisa menginstall Add-on Zoho Maik Bookmark.

5. Smart Compose

Zoho ini memili sebuah fitur yang mirip di sosial media untuk memudahkan pengguna dalam mengirim email. Nama fitur ini adalah Smart Compose, dimana setelah anda selesai menyusun isi email, maka anda cukup menambahkan kode @ lalu tambahkan dengan nama penerima, nantinya secara otomatis bakal menampilkan daftar nama terkait yang akan menerima pesan, lalu tinggal kirim saja.

C. Kelebihan Zoho

  1. Memiliki pilihan custom domain yang bisa anda pilih guna mengakomidir kebutuhan email perusahaan anda.  Pengguna bisa membuat domain bari khusus yang berguna untuk menghubungi para kliennya ataupun melakukan promosi melalui email marketing
  2. Bisa mengaktifkan hosting email dengan cepat  untuk pengguna yang sudah memiliki nama domain sebelumnya
  3. Zoho bisa melayani beberapa domain sekaligus
  4. Tersedia control panel bagi admin sehingga bisa menjalankan fungsi secara powerfull
  5. Zoho diberikan kemampuan untuk melakukan pemblokiran pada email yang tidak di inginkan oleh pengguna. Pemblokiran ini bisa anda lakukan melalui alamat IP maupun konten subjek serta domain
  6. Interface yang dimiliki Zoho ini sangat sederhana, sehingga membuat pengguna bisa bebas mengatur domain pribadi maupun domain time untuk mengerjakan tugas

D. Kelemahan Zoho

  1. Zoho ini tidak bisa melakukan impor kontak dari akun sosial media pengguna
  2. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Zoho ini sangat terbatas, yakni hanya 5 GB saja

E. Cara Daftar Zoho Mail untuk Personal

Selain untuk keperluan bisnis, Zoho mail ini juga bisa anda gunakan untuk keperluan personal dengan ekstensi email @zoho.com. Dan untuk layanan ini anda diberikan penyimapanan sebesar 5 GB, untuk mendaftarnya anda bisa mengikuti langkahnya di bawah ini:

  1. Silahkan anda langsung saja kunjungi situs https://www.zoho.com/mail/
  2. Silahkan anda pilih bagian Personal Email, lalu isi data diri anda, berikan tanda centang pada persetujuan syarat dan ketentuan, dan klik menu Sign up for free.
  3. Tunggu beberapa saat, dan anda akan mendapatkan kode verifikasi untuk mengkonfirmasi jika nomor yang anda masukkan tadi benar milik anda.
  4. Selanjutnya klik Verify Code, selesai

F. Cara Daftar Zoho Mail Untuk Keperluan Bisnis

Berbeda untuk kebutuhan personal, bagi anda yang ingin menggunakan Zoho Mail dalam keperluan bisnis, maka bisa memakai Zoho Workplace. Ini merupakan sekumpulan aplikasi yang berada di cloud dan sudah terintegrasi, dan Zoho Mail menjadi satu dari Sembilan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Zoho Workplace.

Dengan adanya Zoho Workplace ini maka akan memudahkan anda dalam mengelola bisnis dengan berbagai fitur yang lengkap, mulai dari editor, spreadsheet, hingga sejumlah tool presentasi. Selain itu, ada juga teknologi cloud yang akan memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan mitra, pelanggan, maupun rekan kerja.

Berikut adalah Sembilan aplikasi sudah terintegrasi dengan Zoho Workplace yang perlu anda ketahui, diantaranya:

1. Office Suite

Sama halnya dengan layanan Office 365 maupun G Suite, dimana Zoho Workplace ini juga memberikan layanan Office suite yang bisa anda gunakan ketika berkolaborasi bersama rekan kerja dalam membuat proyek tertentu. Didalamnya terdapat Zoho Writer (Editor dokumen) Zoho Sheet (spreadsheet), serta Zoho Show (keperluan presentasi).

2. Komunikasi

Selain untuk bekerja, Zoho Workplace ini juga memiliki fitur untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Nah beberapa layanan yang mereka tawarkan untuk hal ini diantaranya Zoho Mail, Zoho Chat yang merupakan fitur instant Messaging, serta ada juga Zoho Connect yang memudahkan anda berteman dengan pengguna email lain.

3. Tools Kolaborasi

Dan tak kalah pentingnya, Zoho Workplace ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin berkolaborasi dengan rekan kerja yakni memberikan akses ke sejumlah tool kolaborasi didalamnya, mulai dari Zoho Docs untuk menyimpan berkas, Zoho Showtime untuk presentasi dan mengecek engagement audiens, serta Zoho Sites yang merupakan Website Builder.

Dirasa cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Zoho, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.