Pemasangan Panel listrik Fase Tunggal Dan Tiga Fase

jagad.id-Panel Listrik Komersial adalah perangkat pelindung yang mengontrol, memantau, dan mengelola aliran daya dalam instalasi komersial dan residensial. pemasangan panel listrik dan Penggunaan yang tepat sangat penting untuk keselamatan karyawan .

serta dapat meningkatkan nilai properti Dengan banyaknya jenis panel listrik, Anda harus selalu mencari teknisi listrik berlisensi untuk memilih dan memasang panel yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada dua jenis utama panel listrik komersial: fase tunggal dan tiga fase. Istilah-istilah ini merujuk pada berapa banyak kabel yang dihubungkan bersama di dalam setiap kotak pemutus sirkuit juga dikenal sebagai bus bar.

Jenis pemasangan panel listrik komersial :

  • Sistem Satu Fasa

Salah satu jenis panel listrik komersial yang paling populer adalah sistem satu fasa. Sistem fase tunggal adalah pilihan yang bagus untuk bisnis kecil atau rumah yang tidak memiliki banyak kebutuhan listrik. Meskipun tidak tahan lama seperti panel tiga fase, ini bisa menjadi pilihan bagus berdasarkan anggaran dan ukuran proyek Anda.

  • Sistem Tiga Fasa

Jenis lain dari panel listrik komersial adalah sistem tiga fase. Ini digunakan untuk memasok listrik ke gedung-gedung besar seperti pabrik, gedung perkantoran, atau rumah sakit. Sistem tiga fase terdiri dari tiga kabel yang biasanya berjarak 120 derajat satu sama lain, dan dapat mengalirkan arus melalui kotak pemutus sirkuit pusat beban yang mengarah kembali ke meteran listrik. Sistem tiga fase memiliki dua kabel aktif dan satu kabel netral untuk setiap fase. Biasanya, kabel ini terhubung ke fase yang berbeda.

Keuntungan utama memiliki fase terpisah adalah memungkinkan lebih banyak arus listrik mengalir melalui pemutus sirkuit tanpa memanaskan isolasi kawat. Akibatnya, sistem kelistrikan komersial 3 fasa memerlukan pemutus yang lebih besar daripada rekan satu fasanya untuk mencegah panas berlebih karena peningkatan aliran arus melaluinya.Jenis Panel Listrik Komersial dan Tips Pemasangannya

Tips Pemasangan Panel Listrik

Instalasi panel listrik komersial membutuhkan banyak perhatian terhadap detail dan tindakan keselamatan. Bahkan jika Anda memiliki pengalaman dengan kabel listrik, selalu disarankan untuk menyewa seorang profesional karena sifat kabel listrik yang mudah berubah.

Jika Anda tidak terbiasa dengan hal-hal ini, pertimbangkan untuk menyewa kontraktor listrik komersial. Mereka dapat melakukan semua pekerjaan dengan benar pada kali pertama. Menghemat uang dan waktu Anda jika diperlukan perbaikan yang mahal karena kabel yang rusak.

Sebelum memulai pemasangan panel listrik komersial Anda, bacalah tip pemasangan berikut untuk keselamatan Anda.

  1.  Pastikan bangunan Anda memiliki cukup listrik yang mengalir melaluinya sebelum memasang panel atau sirkuit baru. Jika tidak ada cukup aliran melalui sistem, ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari ketika lebih banyak peralatan dan peralatan ditambahkan di kemudian hari.
  2. Selalu matikan pemutus utama sebelum mengerjakan bagian mana pun dari sistem kabel gedung Anda terutama jika Anda memasang sirkuit atau sirkuit baru untuk peralatan utama seperti AC yang membutuhkan daya lebih dari biasanya. Ini adalah langkah penting yang dilupakan oleh banyak pemilik bangunan.
  3. Pastikan panel baru Anda kompatibel dengan layanan Anda yang sudah ada. Misalnya, jika Anda memiliki layanan 4 kabel 120/208 volt, pastikan panel baru memiliki kemampuan layanan 120/208 volt empat kabel.
  4. Pastikan ukuran breaker sesuai dengan yang Anda butuhkan dengan mempertimbangkan ukuran luas setiap ruangan dan kemudian mencari tahu berapa banyak amp yang dibutuhkan per kaki persegi. Dengan cara ini, Anda tidak akan berlebihan dalam hal ukuran breaker atau memiliki terlalu sedikit breaker untuk kebutuhan beban di setiap ruangan.
  5. Saat merencanakan tempat untuk menempatkan panel baru, ingatlah di mana Anda akan menjalankan saluran sehingga tidak mengganggu layanan utama lainnya seperti saluran air atau saluran HVAC, yang dapat menyebabkan masalah di masa mendatang.
  6. Instalasi panel listrik komersial, sebagian besar, adalah tentang pekerjaan yang dilakukan oleh ahli listrik. Jadi yang terbaik adalah mempertimbangkan untuk menyewa perusahaan yang dapat mengubah lingkungan kerja Anda dengan melakukan pemasangan yang benar.

Grup Komersial Lanjutan dapat membantu Anda dengan semua kebutuhan layanan listrik Anda. Anda akan mengetahui bagaimana  terus mengurangi biaya energi listrik dan membuat tempat kerja Anda lebih aman saat melakuka pemasangan panel listrik.

error: This content is protected by DMCA