Trik Aman Cara Menyambung Kabel Listrik Yang Benar

jagad.id-Bahkan jika Anda memiliki pengalaman pemasangan kabel selama bertahun-tahun, selalu ada beberapa trik yang mungkin tidak Anda ketahui cara menyambung kabel listrik yang benar.bekerja dengan ahli listrik dengan pengalaman puluhan tahun di antara tenaga tehnik untuk mendapatkan tip, trik, dan teknik profesional.

Dari meluruskan kabel hingga memberi label pada kabel, tips ini akan membantu Anda memasang kabel dengan lebih baik, lebih cepat,lebih aman, dan lebih rapi.Melalui berbagai jenis kabel listrik dan cara menyambung kabel listrik yang benar, arus listrik diangkut dari kotak servis ke sirkuit rumah.

sambungan kabel berpengaruh besar dalam hal keamanan intalasi listrik ,oleh katena itu diperlukan pengetahuan dan ketelitian dalam hal kelistrikan rumah anda terutama ukuran kabel dan sambungan kabel dan ada trik khusus untuk menyambng kabel dan harus di pehatikan betul dalam hal ini. pastikan anda menguasai cara menyambung kabel listrik yang benar agar terhindar dari kebakaran.

Berikut cara menyambung kabel listrik yang benar :

  1. pastikan ukuran kabel sesuai dengan beban yang di tanggung.
  2. kupas kabel 3-5cm kabel yang ingin disambung
  3. lilit kabel menjadi satu
  4. lilit 3-5 putaran lilitan
  5. pastrikan sambungan tidak kendor
  6. beri isolasi yang cukup pada lilitan kabel
  7. pastikan netral dengan pase sudah terpisah

Penampang kabel listrik rumah tangga
Dalam instalasi rumah tangga arus listrik yang mengalir menentukan ukuran kabel listrik atau penampang. Misalnya, unit AC, water hiter, saluran pemanas nasi, kulkas, membutuhkan lebih banyak arus untuk beroperasi daripada lampu. Oleh karena itu, penampang kabel yang menghubungkan unit komponen tersebut akan lebih besar daripada yang menghubungkan lampu.

untuk instalasi listrik rumah tangga
Kabel listrik eterna atau suprime sangat cocok untuk instalasi listrik rumah tangga. Kabel fleksibel ini memudahkan pemasangan, terutama saat bermanuver di ruang sempit mungkin menjadi masalah. Kabel disediakan dalam kotak karton daur ulang yang sangat tahan 100 atau 200 meter, dengan warna yang dibedakan dengan jelas sesuai dengan penampang yang diperlukan.

pemasangan listrik rumah tangga
Warna kabel listrik, sesuai Standar
Menurut setiap penampang, kisaran warnanya adalah: merah, hitam ,biru,kuning ,dirancang mengikuti Standar nasional. Kabel ini juga mematuhi Peraturan Eropa yang berlaku untuk kabel listrik CPR (Construction Product Regulation).

Penampang minimum yang direkomendasikan untuk pemasangan kabel domestik adalah:

cara menyambung kabel listrik yang benar

  • Diameter 1,5 mm2 untuk dapat digunakan untuk saluran lampu-lampu perumahan.
  • Diameter 2,5 mm2 untuk line utama kabel serbaguna untuk penampang yang sangat kuat sekelas intalasi rumah tangga.
  • Diameter 4 mm2 untuk line utama yang keluar dari meteran listrik dan ketel listrik pada sirkuit ini saja, setiap soket dapat dihubungkan menggunakan konduktor 2,5 mm2 mulai dari kotak sambungan sirkuit 4 mm2.
  • Diameter 6 mm2 ke atas untuk line penghantar strum dengan daya listrik yang lebih besar

Rekomendasi umum untuk menghindari kecelakaan listrik :

  • Jangan mengisi terlalu mahal kabel ekstensi listrik dan multicolokan
  • Mencabut perangkat saat akan tidur
  • Jangan biarkan ponsel Anda terpasang selama berjam-jam
  • Jangan mencolokkan peralatan apa pun ke stopkontak apa pun

Pengamanan instalasi listrik rumah tangga
Departemen pemadam kebakaran setempat menanggapi perkiraan rata-rata 35.150 kebakaran rumah yang melibatkan distribusi listrik dan peralatan penerangan setiap tahun pada 2019-2021.
Kebakaran rumah yang melibatkan distribusi listrik dan peralatan penerangan menyebabkan rata-rata 490 kematian warga sipil dan 1.200 cedera warga sipil setiap tahun pada 2012-2016, serta kerusakan properti langsung senilai 13 miliar per tahun.

Kebakaran rumah yang melibatkan distribusi listrik dan peralatan penerangan paling sering berasal dari kamar tidur (17% dari total), loteng atau langit-langit (12%), atau rakitan dinding atau ruang tersembunyi (9%).
Kira-kira seperempat (24%) dari kebakaran ini terjadi antara tengah malam dan 8 pagi, tetapi kebakaran ini menyebabkan 60% kematian.

Di antara kekurangan yang paling sering terjadi, laporan tersebut mengidentifikasi penampang kabel yang tidak memadai, kurangnya sirkuit, tidak adanya elemen pelindung, dan tidak adanya pembumian kabel.Pengujian instalasi berkala akan mencegah 490 kematian
Memeriksa instalasi listrik akan mencegah 490 kematian warga sipil dan 1.200 cedera warga sipil setiap tahun. Kerugian material, kerusakan dan kerugian diperkirakan lebih dari 10 milyar per tahun.

Memasang diferensial listrik di rumah-rumah karena merupakan elemen yang mengontrol intensitas arus listrik yang mampu memutus arus jika terjadi kebocoran Periksa instalasi listrik secara berkaladan perhatikan cara menyambung kabel listrik yang benar.

error: This content is protected by DMCA