Perlu Diketahui Tentang K3 Listrik

jagad.id-Lingkungan kerja yang aman tidak cukup untuk mengendalikan semua bahaya listrik. Anda juga harus bekerja dengan aman tentang k3 listrik. Praktik kerja yang aman membantu Anda mengendalikan risiko cedera atau kematian akibat bahaya di tempat kerja. Jika Anda bekerja di sirkuit listrik atau dengan alat dan perlengkapan listrik, Anda perlu menggunakan praktik kerja yang aman.

Sebelum Anda memulai suatu tugas, tanyakan k3 listrik pada diri Anda:

  1. Apa yang salah?
  2. Apakah saya memiliki pengetahuan, alat, dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan ini dengan aman?

Semua pekerja harus sangat akrab dengan prosedur keselamatan untuk pekerjaan mereka. Anda harus tahu cara menggunakan kontrol khusus yang membantu Anda tetap aman. Anda juga harus menggunakan penilaian yang baik dan akal sehat.

  1. Kendalikan bahaya listrik melalui praktik kerja yang aman.
  2. Rencanakan pekerjaan Anda dan rencanakan keselamatan.
  3. Hindari kondisi kerja yang basah dan bahaya lainnya.
  4. Hindari saluran listrik di atas kepala.
  5. Gunakan kabel dan konektor yang tepat.
  6. Gunakan dan rawat alat dengan benar.
  7. Kenakan APD yang benar.
  8. Rencanakan pekerjaan Anda dan rencanakan keselamatan

Luangkan waktu untuk merencanakan pekerjaan Anda, sendiri dan bersama orang lain. Perencanaan keselamatan adalah bagian penting dari tugas apa pun. Dibutuhkan upaya untuk mengenali, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya. Jika Anda memikirkan tentang tugas pekerjaan Anda atau tentang pendapat orang lain tentang Anda, sulit meluangkan waktu untuk merencanakan keselamatan. Tapi, andaharus rencanakan.

  • Rencanakan untuk aman.
  • Jangan bekerja sendirian.

Seorang teknisi pengukur pria berusia 40 tahun baru saja menyelesaikan kursus pelatihan gelandang dasar selama 7 minggu. Dia bekerja sebagai teknisi meteran selama jam kerja normal dan sebagai gelandang selama usia yang tidak direncanakan. Suatu malam, dia dipanggil untuk memperbaiki pemadaman listrik perumahan. Pada saat dia tiba di lokasi pemadaman, dia sudah bekerja lembur selama 2 jam dan bekerja 14 jam berturut-turut sehari sebelumnya. Di lokasi, dahan pohon tumbang menimpa kabel listrik di atas kepala. Kabel netral di saluran terputus, dan dua kabel berenergi 120 volt diputuskan. Pekerja itu memindahkan dahan pohon dan memanjat tiang listrik untuk menghubungkan kembali ketiga kabel tersebut. Dia mengenakan sarung tangan terisolasi, topi keras, dan kacamata pengaman.

Dia menyiapkan kabel untuk dihubungkan. Saat memegang kabel, salah satu kabel yang berenergi menangkap manset sarung tangan kirinya dan menarik manset ke bawah. Kondektur menyentuh lengan bawah korban di dekat pergelangan tangan. Dia tersengat listrik dan jatuh ke belakang. Dia mengenakan sabuk panjat, yang membuatnya tergantung terbalik dari tiang. Paramedis tiba 5 menit setelah kontak. Perusahaan listrik menurunkan mayatnya 30 menit kemudian.

  • Beberapa faktor mungkin telah menyebabkan kejadian ini. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan faktor risiko tersebut.
  • Mintalah bantuan saat Anda diberi tugas yang tidak dapat diselesaikan sendiri dengan aman. Tugas yang diberikan kepada korban tidak dapat dilakukan dengan aman hanya oleh satu orang.
  • Jangan bekerja lembur melakukan tugas berbahaya yang bukan bagian dari tugas normal Anda.
  • Karyawan hanya boleh diberikan tugas yang memenuhi syarat untuk mereka lakukan. Semua karyawan di bawah level pekerja harian harus diawasi.

Uji sirkuit untuk memastikan sirkuit tidak diberi energi.

Perencanaan dengan orang lain sangat membantu. Ini memungkinkan Anda untuk mengoordinasikan pekerjaan Anda dan memanfaatkan apa yang diketahui orang lain tentang mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya. Berikut ini adalah daftar beberapa hal untuk dipikirkan saat Anda merencanakan.

 

  • Bekerja dengan “teman”Jangan bekerja sendirian. Anda berdua harus dilatih dalam CPR. Anda berdua harus tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.
  • Mengetahui cara mematikan dan mematikan sirkuit Anda harus menemukan di mana letak pemutus sirkuit, sekering, dan sakelar. Kemudian, sirkuit yang akan Anda kerjakan (bahkan sirkuit bertegangan rendah) HARUS DIMATIKAN! Uji sirkuit sebelum mulai bekerja untuk memastikan sirkuit benar-benar mati.

 

Pekerja ini menerapkan perangkat penguncian grup. Peralatan tidak dapat dihidupkan kembali sampai semua pekerja melepas kuncinya. Rencanakan untuk mengunci dan menandai sirkuit dan peralatan—Pastikan semua sumber energi terkunci dan diberi tag sebelum melakukan pekerjaan apa pun pada sirkuit listrik atau perangkat listrik.

Bekerja pada sirkuit berenergi (“panas”) adalah salah satu hal paling berbahaya yang dapat dilakukan oleh setiap pekerja. Jika seseorang menyalakan sirkuit tanpa peringatan, Anda dapat tersetrum, terbakar, atau tersengat listrik. Penyalaan peralatan listrik yang tidak terduga dapat menyebabkan cedera parah atau kematian oleh karena iti anda harus menguasai k3 listrik.

error: This content is protected by DMCA