Penampang Kabel Kunci Keamanan Kelistrikan

Saat membangun sistem kelistrikan, mungkin timbul pertanyaan bagaimana memilih kabel dengan penampang kabel yang tepat untuk mentransmisikan arus yang diperlukan. Untuk melakukan ini, perhitungan saat ini harus dilakukan.

Tembaga, aluminium atau paduan aluminium adalah bahan konduktif yang paling umum digunakan dalam kabel listrik. Karena logam memiliki hambatan listrik, konduktor kabel menjadi panas karena arus. Resistansi konduktor tergantung pada sifat logam tertentu dan paduannya, dan untuk dapat melakukan perhitungan listrik dan pemasangan kabel tanpa mengukur resistansi masing-masing kabel.

resistansi kabel spesifik dan penampang yang disetujui yang ditetapkan untuk mengintalasi. Oleh karena itu, terkadang terlihat bahwa diameter fisik yang diukur lebih kecil dari nilai penampang yang tertera pada kabel. Penting untuk dipahami bahwa dari sudut pandang kelistrikan, resistansi kabel itu penting dan penampang kabel lebih cepat menjadi nilai yang informatif.

Penting untuk mengetahui penampang kabel

apakah Anda menggunakan kabel tembaga atau aluminium

jumlah inti yang akan dimuat

suhu maksimum inti di sirkuit kabel

suhu sekitar

metode pemasangan

resistivitas tanah.

Suhu kabel maksimum yang diizinkan tidak berarti bahwa ini adalah suhu sekitar maksimum di mana kabel masih beroperasi. Suhu maksimum menentukan suhu yang diizinkan dari konduktor yang diberikan pada efek gabungan dari lingkungan, arus dan berbagai efek lainnya. Faktor pembatas suhu dapat spesifik untuk bahan dan metode pemasangan.

Bergantung pada suhu sekitar, arus beban kabel yang diizinkan juga berubah. Di Estonia, suhu lingkungan normal dianggap 25C (15C di dalam tanah), berdasarkan arus beban yang juga diberikan dalam katalog produk Baltik Grup Prysmian. Namun, penting untuk diingat bahwa jika ada bagian kabel yang melewati lingkungan dengan suhu lebih tinggi (seperti ruang ketel), arus maksimum yang diizinkan untuk seluruh rangkaian harus dihitung berdasarkan suhu lingkungan tertinggi. Efek serupa juga terjadi ketika beberapa kabel dipasang secara paralel, karena kabel yang dibebani memanaskan sirkuit yang berdekatan.

Metode pemasangan

Kemampuan membawa beban kabel juga dipengaruhi oleh bagaimana panas yang dihasilkan di dalamnya akan hilang. Pembuangan panas dari kabel dapat dilihat sebagai metode pemasangan yang berbeda, di mana arus beban standar yang berbeda disediakan sesuai dengan penampang kabel. Misalnya, kabel yang dipasang di luar ruangan lebih dingin daripada kabel yang dipasang di isolasi termal bangunan. Dalam kasus kabel yang dipasang di tanah, konduktivitas termal tanah itu penting.

Arus beban dihitung menurut standar HD 60364-5-52. Nilai arus beban yang dinyatakan dalam lembar produk Baltik Grup Prysmian dihitung berdasarkan kondisi yang diuraikan dalam tabel. Arus beban kabel yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi sebenarnya. Karena faktor yang berbeda, arus beban satu kabel mungkin berbeda beberapa kali!

Contoh perhitungan

Untuk mengetahui arus beban maksimum yang diizinkan, perlu diketahui metode pemasangannya terlebih dahulu. Misalnya, dalam hal pemasangan langsung di tanah, metode pemasangan D2 digunakan. Untuk kabel AXPK 4G240, arus beban maksimum 250 A ditentukan dalam standar. Elektrilevi menggunakan parameter lain dari lingkungan instalasi yang diberikan untuk menyesuaikan arus beban.

Menghitung penampang kabel dengan daya konsumen

Perhitungan penampang kabel yang akurat diperlukan saat mengatur jaringan listrik rumah. Salah perhitungan akan menyebabkan membeli halter pendek atau tipis yang akan memanas. Melakukannya dapat menyebabkan kebakaran dan penumpukan listrik statis pada permukaan peralatan rumah tangga.

Perhitungan penampang kabel yang salah dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas. Jaringan listrik apartemen atau rumah harus ekonomis, aman, dan andal. Untuk mencegah efek listrik pada seseorang dan ruangan itu sendiri, diperlukan perhitungan penampang konduktor yang optimal.

Kurangnya perhitungan berisiko pecah, deformasi kabel, yang akan menyebabkan korsleting atau sengatan listrik. Area penampang kecil akan meningkatkan tegangan kabel. Ini akan menyebabkan mereka terlalu panas.

Area penampang yang besar lebih aman, tetapi lebih mahal. Perhitungan yang cermat akan membantu memastikan operasi jaringan tanpa gangguan dan penghematan finansial.

Apa yang mempengaruhi pemanasan kabel

Untuk melakukan perhitungan, perlu membuat daftar semua peralatan rumah tangga yang terletak di apartemen ,Berdasarkan PUE, diperbolehkan mengatur kabel tembaga atau aluminium di apartemen dan rumah. Sebelum meletakkannya dan membeli bahan habis pakai, disarankan untuk menghitung penampang kabel yang optimal untuk konsumsi daya.

  • Bagaimana memilih penampang konduktor

Untuk memilih penampang konduktor yang tepat, ada baiknya mempertimbangkan panjang komunikasi, cara pengaturannya, fitur mesin.

  • Berdasarkan jenis kabel

Berdasarkan lokasi, kabel tersembunyi dan terbuka. Di apartemen, opsi kedua lebih sering dipasang dengan peletakan kabel tembaga di alur. Untuk memilih bagiannya, mereka dipandu oleh data dalam tabel dan menentukan penampang kabel yang akan di gunakan.

error: This content is protected by DMCA