Protonmail

Selama ini layanan email yang diketahui oleh orang umum di Indonesia kebanyakan adalah Gmail dan Yahoo, karena memang kedua platform tersebut menjadi andalan banyak orang di Indonesia dan sudah terkenal sejak lama.

Selain kedua platform tersebut, masih ada layanan email lain yang dikenal dalam sekala international, namanya adalah ProtonMail. Bagi orang Indonesia mungkin layanan email yang satu ini belum begitu familiar, karena memang masih jarang sekali penggunanya. Nah agar anda bisa mengenal lebih dalam soal ProtonMail tersebut, silahkan simak pembahasan berikut ini.

A. Pengertian ProtonMail

ProtonMail merupakan sebuah layanan surel terenkripsi dari ujung ke ujung, layanan ini termasuk masih baru karena mulai berdiri pada tahun 2013 lalu. Dalam tugasnya, ProtonMail ini memakai enkripsi pada sisi klien dengan tujuan melindungi isi surel serta data dari para pengguna.

Layanan ProtonMail ini bisa anda akses melalui klien iOS, Android, Webmail, maupun jaringan Tor. Sebelumnya ProtonMail ini memakai sistem registrasi dengan undangan, akan tetap sejak bulan Maret 2016 kemarin layanan ini akhirnya dibuka secara umum, sehingga banyak orang yang bisa mengaksesnya.

B. Sejarah ProtonMail

  1. ProtonMail ini didirikan pada tahun 2013 silam oleh para ilmuwan dari fasilitas penelitian CERN di Jenewa, Swiss. Lalu pada bulan tanggal 16 Mei 2014 lalu ProtonMail ini mendapat respon yang positif, bahkan mereka sampai menghentikan registrasi versi beta selama 3 hari untuk bisa melayani request dari para pengguna baru.
  2. Lalu di bulan Agustus 2015, ProtonMail telah meluncurkan versi utama 2.0, dimana pada versi utama ini pangkalan kodenya ditulis ulang pada versi websitenya. Setelah itu ProtonMail merilis kode sumber untuk antarmuka web dengan lisensi sumber terbuka.
  3. Pada bulan Maret 2016 ProtonMail akhirnya merilis versi utama 3.0 dimana ini merupakan peluncuran resmi versi penuh dan keluar dari versi beta
  4. Pada tanggal 19 Januari 2017, ProtonMail ini memberikan pengumuman jika layanan mereka mendapat dukungan jaringan Tor dengan alamat layanan tersembunyi protonirockerxow.onion.
  5. Ditahun yang sama, tepatnya pada bulan November 2017 mereka mengenalkan layanan baru berupa ProtonMail Contacts yang merupakan sebuah manajer kontak yang dilapisi dengan enkripsi akses-nol. Layanan ini menggunakan verifikasi integritas data kontak menggunakan tanda tangan digital.
  6. Lalu pada bulan Desember 2017, diluncurkan ProtonMail Bridge yang merupakan aplikasi dengan enkripsi surel ujung ke ujung pada klien desktop mana pun yang sudah mendukung IMAP, SMTP seperti Microsoft Outlook, Apple Mail, maupun Mozilla Thunderbird.
  7. Di bulan Juli 2018 ProtonMail ini mengenalkan dukungan PGP (Pretty Good Privacy) pada layanan mereka dan verifikasi alamat. Dengan dukungan layanan ini memungkinkan pengguna ProtonMail bisa bertukar informasi dengan pengguna lain yang mendukung PGP.
  8. Pada bulan Oktober 2019, ProtonMail ini akhirnya membuka kode sumber aplikasi iOS untuk public. Dan pada bulan Desember mereka merilis Proton Calender Β yang sepenuhnya sudah mendukung enkripsi
  9. Pada tanggal 15 April 2020 giliran kode sumber ProtonMail Bridge dibuka ke public, setelah itu merilis kode tersebut di GitHub dan mempublikasikan hasil audit oleh Konsultasi SEC
  10. Dan pada tanggal 23 April 2020 giliran kode sumber untuk aplikasi android dibuka ke public
Baca Juga :  Pengertian Pasar Oligopoli : Karakteristik Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

C. Jenis Akun ProtonMail

1. Bebas

Untuk jenis akun ProtonMail yang pertama ini merupakan akun dasar, dimana fitur yang diberikan pun tergolong terbatas, diantaranya:

  • Memiliki penyimpanan 500 MB
  • Folder atau Label 3/20
  • 150 pesan per hari
  • Hanya diberikan 1 alamat alias

2. Plus

Untuk jenis akun kedua ini bisa direkomendasikan untuk anda, karena mendapat dukungan keamanan email dengan fitur canggih. Berikut fasilitasnya:

  • Memiliki penyimpanan 5 GB
  • 1000 pesan per hari
  • Memiliki 5 alamat alias
  • Folder atau label 200/20
  • 1 domain
  • Mengirim pesan terenkripsi pada penerima eksternal
  • Biaya : USD 4.00 / bulan atau USD 48.00 / tahun

3. Visionary

Pada akun ketiga ini terdapat fitur khusus bagi pendukung ProtonMail. Berikut fasilitasnya:

  • Memiliki penyimpanan 20 GB
  • Memiliki 50 email alias
  • Didukung 10 domain
  • Pesan per hari tak terbatas
  • Folder maupun label tak terbatas
  • Mengirim pesan terenkripsi pada penerima eksternal
  • Biaya US 24.00 / bulan atau USD 288.00 / tahun

4. Profesional

Selain untuk pengguna personal, ProtonMail ini juga menyediakan akun untuk organisasi. Berikut fasilitasnya:

  • Memiliki penyimpanan 5 GB
  • Pesan per hari tak terbatas
  • Memiliki 5 alamat alias
  • Mendukung 2 domain
  • Folder atau label tidak terbatas
  • Mendukung surel terenkripsi yang di host untuk perusahaan pengguna, silahkan bikin domain sendiri dan bikin akun untuk para karyawan
  • Biaya : USD 6.25/bulan atau USD 75.00/tahun

D. Proses Pengiriman Surel

Setiap surel yang dikirimkan dari satu akun ke akun ProtonMail lain, maka secara otomatis surel tersebut bakal dikunci dengan enkripsi. Dengan begini maka hanya kunci pribadi si penerima yang bisa mendekripsi surel.

Pada saat penerima masuk log, maka kata sandi kotak surat mereka yang bakal mendekripsi kunci pribadi serta membuka kunci kotak masuk mereka. Setiap surel yang dikirim dari ProtonMail pada alamat lain, maka bisa dikirim dengan format teks biasa maupun enkripsi ujung ke ujung.

Baca Juga :  Pengertian Shared Hosting : Harga, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

E. Enkripsi

Pada saat anda memustuskan untuk membuat akun ProtonMail, maka secara otomatis peramban web anda bakal memiliki sepasang kunci RSA public dan juga pribadi. Untuk kunci public ini berfungsi untuk mengenkripsi surel anda dan pengguna data lainnya

Sementara untuk kunci pribadi ini fungsinya adalah untuk mendekripsi data pengguna yang telah dienkripsi secara simetris menggunakan kata sandi kotak suara milik pengguna.  Selain kunci RSA, ProtonMail ini juga menawarkan mode 2 kata sandi untuk masuk log, dintaranya:

  1. Kata sandi kotak surat berguna untuk mengenkripsi kotak surat milik pengguna yang didalamnya terdapat pesan surel, kontak, maupun informasi penting pengguna dan juga kunci enkripsi pribadi.
  2. Kata sandi masuk log dipakai untuk melakukan autentikasi akun

Dengan adanya sistem keamanan ini tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna dari ancaman para peretas.

F. Kelebihan ProtonMail

  • Memiliki fitur enkripsi didalamnya, dengan begini maka akun dari para pengguna ProtonMail bakalan aman. Bahkan menurut dari penciptanya layanan email ini tidak akan bisa dibuka oleh agen sekaliber CIA maupun NSA
  • Hanya bisa dibuka benar-benar pemilik akun tersebut, karena didalamnya tidak terdapat fitur Forgot Password yang biasa digunakan para hacker mensabotase. Yang lebih kerennya lagi, pihak ProtonMail sendiri juga tidak diberikan hak akses pada akun user, maka dari itu anda harus benar-benar hafal dengan nama akun serta kata sandi ProtonMail.
  • ProtonMail memiliki fitur bernama Self-destruct Message. Dengan adanya fitur ini, setelah anda membaca email tersebut, maka dalam beberapa waktu pesan itu bakalan hilang atau terhapus dengan sendirinya. Tentu layanan seperti ini tidak aka nada temukan pada layanan email lain.
Baca Juga :  Tes Kepribadian MBTI : Sejarah, Tujuan, dan Tipe-Tipe

G. Kelemahan ProtonMail

  • ProtonMail ini menggunakan proses enkripsi dari ujung ke ujung, sementara untuk baris subjek tidak. Dengan begini masih ada celah yang bisa dimanfaatkan peretas untuk mendapatkan akses dari celah tersebut.

Sekiranya cukup sekian pembahasan mengenai ProtonMail, semoga dapat menambah wawasan untuk anda serta memberikan referensi yang lebih beragam mengenai dunia internet, terlebih dalam masalah surat elektronik yang sebenarnya begitu beragam, hanya saja tidak banyak yang populer meski pada dasarnya memiliki fitur atau kemampuan lebih baik.

Previous articlePengertian Lycos : Sejarah, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan
Next articleGerak Pada Tumbuhan : Pengertian, Macam Jenis dan Contoh