Kuota 4g Telkomsel Tidak Terpakai

Perkembangan dunia informatika dan telekomunikasi kian hari kian menakjubkan. Mulai dari alat komunikasi seperti telepon pintar yang kian canggih dan memiliki fitur yang sangat beragam sampai sarana penunjang kemajuan ini seperti internet.

Kemajuan internet, terutama kecepatan untuk mengakses internet, semakin hari semakin maju. Saat ini, Indonesia sudah memiliki internet 4G LTE yaitu internet komersial yang diklaim memiliki kecepatan hingga 300 Mbps. Salah satu penyedia jasa layanan internet yang sudah memiliki teknologi 4G LTE adalah Telkomsel. Namun, pada kenyataannya kecepatan download yang bisa diakses oleh pengguna hanya sebesar 11 Mbps dan untuk kecepatan upload mencapai 15 Mbps. Tetapi, keunggulan dari Telkomsel yaitu jaringan yang dimiliki sangat stabil sehingga pengguna selalu bisa menikmati layanan Telkomsel dengan maksimal.

Telkomsel sendiri merupakan operator seluler yang merupakan anak perusahaan dari BUMN Telkom. Pihak Telkomsel mengklaim jaringan 4G LTEnya telah menyelimuti 480 kota di seluruh Indonesia. Jaringan yang beroperasi pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz ini diklaim mampu melayani kecepatan download hingga 100 Mbps.

Telkomsel menyediakan berbagai macam paket data untuk jaringan 4G LTE ini. Harga dari paket-paket tersebut dinilai sesuai dengan kualitas yang didapatkan pengguna. Akan tetapi, tidak semua pengguna Telkomsel bisa menikmati layanan 4G LTE ini. Banyak pengguna Telkomsel yang terpaksa menerima kenyataan bahwa mereka tidak bisa menikmatinya. Padahal mereka susah membeli paket data 4G LTE tetapi ketika menggunakannya ternyata kuota 4G LTEnya tidak terpakai. Ada beberapa syarat supaya pengguna bisa menggunakan jaringan 4G LTE, yaitu sebagai berikut.

  1. Smartphone Harus Sudah Support Teknologi LTE

Untuk menggunakan layanan jaringan 4G LTE tentunya telepon pintar juga harus sudah mempunyai teknologi LTE. Percuma saja jika memiliki kuota 4G LTE yang banyak tetapi telepon pintar tidak memiliki teknologi ini, kuota 4G LTE yang banyak tersebut tidak akan bisa dipakai.

  1. Tersedia Jaringan 4G LTE

Telkomsel memang terkenal dengan operator seluler yang memiliki jaringan terluas. Tetapi, bukan berarti jaringan 4G LTE bisa dinikmati dimana saja. Belum semua daerah di Indonesia tersedia jaringan 4G LTE Telkomsel. Apabila di daerah tersebut tidak tersedia jaringan 4G LTE Telkomsel, tentu saja kuota 4G LTE Telkomsel yang dimiliki juga tidak akan terpakai.

  1. PengaturanΒ Smartphone Yang Salah

Terkadang dijumpai pengguna yang mengeluh karena kuota 4G LTE Telkomsel yang dimiliki tidak terpakai. Akan tetapi, sebenarnya kesalahan justru dari sang pengguna. Pengaturan telepon pintar yang ia gunakan belum diatur untuk kuota 4G LTEnya. Untuk menggunakan kuota 4G LTE Telkomsel, telepon pintar harus diatur jaringan utamanya. Jaringan utama yang dipilih agar bisa menggunakan kuota 4G yaitu LTE only. Biasanya setiap merek telepon pintar berbeda cara mengaturnya. Khusus untuk merek Samsung bisa dengan menggunakan dial *#0011#. Sedangkan untuk merek telepon pintar yang lain bisa menggunakan dial *#*#4636#*#*.

  1. Jenis Paket Layanan 4G LTE

Jenis paket yang dimaksud adalah apakah paket layanan tersebut bisa digunakan dalam 24 jam atau hanya berlaku malam hari ( paket malam ). Biasanya pengguna tidak mengetahui bahwa paket 4G LTE yang dimiliki adalah paket malam atau paket Midnight yang hanya bisa digunakan dari pukul dua belas malam sampai pukul enam pagi. Sehingga tidak bisa digunakan pada siang hari. Sebelum membeli paket layanan data, sebaiknya memperhatikan dengan seksama pembagian dari paket tersebut karena kebanyakan paket layanan data atau internet yang disediakan oleh Telkomsel terbagi menjadi beberapa bagian. Biasanya paket layanan data yang disediakan oleh Telkomsel terbagi menjadi Kuota Utama (bisa digunakan disegala jenis sinyal termasuk HSDPA / 3G), VideoMax, 4G LTE, MidNight.

Sebagai pengguna layanan Telkomsel, terutama pengguna layanan internet dan jaringan 4G LTE yang telah disediakan oleh pihak Telkomsel, sudah seharusnya mengerti dan paham setiap layanan yang disediakan oleh pihak Telkomsel. Jangan menuduh telah ditipu oleh pihak penyedia jasa layanan padahal pengguna yang tidak mengetahui tentang layanan yang telah dibelinya tersebut.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.