LINE

Nama aplikasi pesan instant Line tentunya sudah tidak asing lagi bagi telinga warga Indonesia, karena ini menjadi salah satu aplikasi yang memiliki jumlah pengguna yang cukup besar di Tanah Air, meskipun belum bisa mengalahkan pengguna WhatsApp ya.

Nah berbicara tentang Line, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai sejarah dari aplikasi Line, fitur, hingga kelebihan dan kelemahannya yang mungkin belum banyak orang tahu, khususnya bagi mereka pengguna baru. Baiklah untuk menambah wawasan anda, langsung saja mari simak bersama ulasan selengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Line

Secara garis besar, Line ini adalah sebuah aplikasi pesan instant yang membutuhkan jaringan internet agar bisa digunakan berkomunikasi. Aplikasi ini diklaim menjadi aplikasi laris di 42 negara, dan salah satunya di Indonesia juga.

Sama seperti layanan pesan instant pada umumnya, Line ini bisa digunakan untuk mengirim teks, foto, video, audio, maupun yang lainnya. Dalam perkembangannya, aplikasi ini sudah bisa dipakai dalam berbagai sistem operasi, mulai dari Android, iOS, MacOS< Windows, Blackberry, hingga FireFox OS.

Untuk mendapatkan aplikasi ini pun juga tidak sulit, karena sudah tersedia di berbagai app store setiap sistem operasi, atau bisa juga mendapatkannya melalui layanan unduhan file pihak ketiga. Tidak hanya tersedia Line standar, ada juga Line Lite dengan ukuran yang lebih ringan namun memiliki sejumlah fitur yang minim.

B. Sejarah Line

Ada yang menarik disini, aplikasi Line ini dibuat pertama kali tujuannya bukan sebagai media hiburan, melainkan untuk kebutuhan tanggap bencana yang terjadi di negara Jepang pada tahun 2011 silam. Perlu anda ketahui, jika di tahun tersebut, telah terjadi bencana Tsunami yang merusak sistem komunikasi secara nasional di negara Jepang.

Karena alsan ini, maka NHN Jepang Unit dari NHN Corporation Korea Selatan mulai mengandalkan sumber daya yang berbasis internet. Dan solusi yang diambil saat itu pun adalah mengembangkan aplikasi Line ini dijadikan sebagai alat komunikasi yang dirilis ke public pada bulan Juni 2011.

Dengan adanya Line ini, rupanya public sangatlah puas dan merasa sangat terbantu. Hal ini dibuktikan dengan pada bulan Oktober 2011 Line memiliki banyak sekali pengguna, bahkan sampai mereka pun kelebihan beban pada server sampai down.

Karena itu, mereka pun meningkatkan penyimpanannya, dan bulan depan setelahnya Line sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Berselang 6 bulan mereka punya 200 juta lebih pengguna, dan pada akhir November 2013 pengguna Line tercatat mencapai 300 juta lebih.

Sampai pada tahun 2017 dilaporkan, jika pengguna Line ini telah tercatat mencapai 700 juta pengguna lebih, salah satu negara yang turut menyumbang penggunannya adalah Indonesia. Ada banyak hal menarik yang dimiliki Line ini selain untuk media komunikasi saja, dan itulah yang membuat orang kepincut untuk memakainya.

C. Fitur Didalam Line

1. Chat, Voice Call, Video Call, Group, dan Story

Sama seperti yang dimiliki oleh layanan WhatsApp, Line ini juga mendukung berbagai fitur keren yang bisa digunakan seperti mengirim pesan teks, stiker, foto, gambar, video, bahkan melakukan video call maupun voice call juga bisa.

Anda juga bisa membuat sebuah grup chat yang berisi banyak orang untuk melakukan diskusi nantinya. ada juga layanan Line Story yang memungkinkan anda bisa membuat sebuah story seperti milik WhatsApp maupun Instagram.

2. Sticker dan Tema

Jika kita membahas tentang stiker, maka Line ini menjadi jawaranya. Line memiliki banyak sekali stiker yang lucu dan keren, dan pastinya jarang dimiliki oleh sejumlah aplikasi pesan instant lain. Line ini juga memiliki fasilitas berupa toko stiker, dimana nanti pengguna bisa mendapatkan stiker keren tersebut secara gratis dan juga ada yang berbayar.

Selain stiker, ada juga kustomisasi tampilan didalam Line ini, dimana anda perlu mengunduh beberapa tema yang unik dan keren. Namun untuk mendapatkan tema ini anda harus membelinya dengan mengisi koin yang ada didalam Line.

3. Line Shopping

Ada juga layanan bernama Line Shopping, dimana memungkinkan pegguna bisa mencari produk yang mereka inginkan di marketplace melalui aplikasi Line tersebut. Layanan ini bekerjasama dengan iPrice yang merupakan sebuah situs perbandingan harga ternama, mereka membandingkan harga dari beberapa marketplace besar di Indonesia, mulai dari Bukalapak, Tokped, Blibli, Lazada, hingga Shoppe.

4. Line Jobs

Tidak hanya belanja, bagi pengguna yang butuh pekerjaan maka bisa memanfaatkan layanan bernama Line Jobs. Dengan fitur ini, maka pengguan bisa mencari pekerjaan sesuai dengan lokasi terdekat mereka, jangan takut ketipu karena Line sudah bekerjasama dengan situs loker terpercaya dan legal di Indonesia.

5. Line Pay

Ada juga layanan bernama Line Pay, dimana dengan layanan ini memungkinkan pengguna bisa saling mengirimkan uang ke sesame pengguna Line. Layanan ini terus dikembangkan untuk menjadi aplikasi digital payment pada umumnya, tidak hanya sekedar pembayaran saja, tapi pemilik merchant juga bisa mengintegrasikan dengan aplikasi Point of Sales untuk memudahkan merchants dalam mengelola transaksi.

Namun untuk saat ini layanan Line Pay tersedia di Negara Jepang, Thailand, dan Taiwan, sementara di Indonesia masih belum aktif.

6. Line Today

Jika pengguna lagi bosan gak ada kegiatan atau teman chatting, maka ada layanan Line Today yang bisa menemanimu nanti.  ini merupakan portal berita yang didalamnya berisikan informasi menarik dari dunia selebriti, hiburan, music, otomotif, teknologi, dan masih banyak lagi.

Line Today ini sudah bekerjasama dengan sejumlah portal berita ternama yang ada di Indonesia, mulai dari Liputan6, Kompas, Medcom, Kumparan, dan masih banyak lagi. Jadi soal isi beritanya pun yang pasti sudah akurat ya.

7. Line Webtoon

Ada juga layanan yang bernama Line Webtoon, disini anda bisa mencari berbagai komik seru dan bisa menjadi bahan hiburan secara gratis setiap harinya.

8. Keep

Adalah sebuah layanan penyimpanan Cloud yang dimiliki oleh Line, sehingga memungkinkan pengguna bisa menyimpan berkas penting seperti file foto, gambar, video, teks, tautan, dan masih banyak lagi. Untuk penyimpanan Line Keep ini memiliki batasan dengan kepasitas 1 GB, meskipun begitu layanan ini sangat bermanfaat karena data anda akan tersimpan aman didalam cloud dan bisa diakses kapan pun saat di inginkan.

D. Kelebihan Line

1. Bisa Digunakan Secara Gratis

Yang menjadi kelebihan dari aplikasi Line ini tentu karena mereka gratis dan bebas digunakan, dengan begini pengguna cukup keluar modal jaringan internet maka sudah bisa menggunakan Line tersebut.

2. Jumlah Anggota Grup Banyak

Line memiliki fitur grup chat, dimana mereka bisa menampung jumlah anggota yang lebih banyak dibandingkan Line. Jika WhatsApp hanya mengizinkan 256 Anggota saja dalam satu grup, maka untuk Line ini memberikan jumlah lebih banyak yakni 500 anggota dalam satu grup.

3. Mendukung Berbagai Platform

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Line ini adalah karena mereka sudah mendukung dibanyak sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Windows Phone,  Windows, Nokia Asha Series, Mac OS, dan juga FirefoxOS. Namun seiring berjalannya waktu, sepertinya Line mulai mengurangi pengembangan aplikasi pada beberapa OS yang sudah lagi beroperasi.

4. Line Rajanya Stiker

Tak bisa dipungkiri, jika Line ini bisa dikatakan rajanya apabila membahas soal stiker. Mereka menyediakan banyak sekali stiker lucu dan keren secara gratis dengan jumlah yang sangat banyak dibandingkan dengan aplikasi pesan instant lain.

5. Ada Versi Lite

Sepertinya Line ini sadar akan banyak sekali orang yang ingin menggunakannya, sampai mereka pun rela mengeluarkan versi Lite yang dikhususkan bagi pengguna dengan ponsel RAM terbatas. Dengan begini, maka jangan heran jika jumlah pengguna Line sangat banyak diseluruh dunia.

E. Kelemahan Line

1. Butuh Koneksi Internet Stabil

Untuk bisa menggunakan Line secara optimal, maka pengguna harus memiliki jaringan internet yang stabil, terutama pada saat mereka membuka Line Today, membaca Line Webtoon, ataupun menonton video Watch Now.

2. Ukuran Aplikasinya Besar

Ukuran aplikasi dari Line ini cukup besar mengingat banyak sekali fitur yang mereka berikan. Maka dari itu, dihadirkan alternative berupa Line Lite yang memungkinkan anda bisa menggunakanya pada ponsel low end agar bisa berjalan secara optimal.

3. Tema Line Berbayar

Untuk stiker pihak Line memang memberikan banyak sekali pilihan yang bisa didapatkan secara gratis, akan tetapi untuk Tema pihak Line tidak memberikan fitur yang gratis. Jadi bagi pengguna yang ingin berganti tema harus rela mengeluarkan biaya nantinya.

4. Sejumlah Fitur Belum Tersedia Untuk Publik

Ada beberapa fitur unggulan dari Line yang ternyata hanya bisa digunakan oleh beberapa negara saja, seperti Line TV, Line Pay, dan juga Line Taxi, dimana ketiga layanan ini belum bisa dipakai di Indonesia.

Kurang lebih seperti itulah yang bisa disampaikan terkait pengertian, sejarah, fitur utama hingga kelebihan serta kelemahan yang dimiliki oleh LINE, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.