Cara Menghentikan Penyadapan HP Android Terbaru

Cara Menghentikan Penyadapan HP Android Terbaru – Penyadapan pada HP Android sekarang kerap sekali ditemukan dan dialami oleh beberapa orang. Umumnya yang paling sering disadap adalah aplikasi chat seperti Whats App, BBM, Line dan lainnya. Tidak jarang juga Penyadapan pada Android juga bias terjadi via SMS dan Telepon, tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi korban. Mengingat privasi diketahui orang lain akan sangat merugikan jika digunakan untuk kegiatan yang tidak baik.

Pada Dasarnya Penyadapan pada Smartphoe memiliki Tujuan dan Fungsi sebagaimana Spyware. Spyware bukanlah perangkat lunak perusak sebagaimana malware yang membahayakan di computer windows. Spyware digunakan sebagai penyelidikan atau memata-matai seseorang, pada dasarnya hal ini sah-sah saja dilakukan oleh pihak berwenang dalam pmerintahan untuk mencegah kegiatan negative. Tetapi menjadi hal yang memiliki makna negative saat digunakan oleh Individu yang dimanfaatkan untuk kepentingannya diri sendiri dan mungkin bias berdampak merugikan orang lain.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh Spyware :

  • Melihat aktifitas Korban dalam menggunakan Gadget
  • Memata-matai Percakapan Chat perangkat Smartphone
  • Menyalin dan mencuri data pengguna yang penting

Tetapi untuk kasus Penyadapan melalui Spyware pada android masih jarang sekali terjadi karena android memiliki system Operasi Linux yang memerukan akses Root dari Super User untuk melakukan aktifitas modifikasi system secara otomatis. Virus pada android juga belum berkembang sebagaimana windows, masih terlalu susah untuk mencari celah dan target untuk melakukan penyerangan menggunakan Virus kepada Smartphone pengguna.

Jika bukan dari Virus lalu dari mana Penyadapan Android bisa dilakukan ?

Sangat kecil kemungkinan penyadapan menggunakan sarana Virus pada aplikasi pelaku penyadapan lebih memanfaatkan celah yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini beberapa sumber kasus yang sering ditemukan dan digunakan pelaku penyadapat untuk mengetahui data Privasi anda :

Melihat Chat dari Aplikasi messenger pada Android melalui Web

Whatss App, Line, BBM yang banyak digunakan masyarakat memiliki fitur untuk dihubungkan dengan computer sehingga pengguna bias melihat dan membalas Chating (percakapan) melalui akses Web. Biasanya untuk menghubungkan aplikasi messenger dengan fitur Web sehingga bias dipantau menggunkan computer diperlukan izin untuk menghubungkan dengan cara menggunakan Barcode. Jadi jika Android anda tidak terkunci dan digunakan seorang untuk menghubungkan ke computer maka anda bisa melakukan logout melalui smartphone anda.

Membaca SMS dan Menyadap Telpon

Untuk Penyadapan melalui SMS dan Telpon akan lebih susah untuk dilakukan, karena selain mengandalkan frekuensi Pelaku harus lebih ahli dalam hal ini. Penyadapan melalui telopn dan SMS sangat jarang terjadi pada masyarakat umum, lebih ditargetkan ke orang yang penting. Selain menggunakan keahilan pelaku penyadapan itu sendiri, tidak menutup kemungkinan penyadapan bias dilakukan dengan cara menyuap seorang pekerja pada operator jaringan komunikasi anda dalam melakukan penyadapan.

Melihat Aktifitas Internet dan Mengetahui PassWord

Riwayat pencarian dan Passowrd biasanya tersimpan di Browser yang digunakan. Pastikan jika anda ingin menyimpan password di Browser maka kunci dan beri pasword PC ataupun Android sehingga orang lain tidak bias melihatnya. Aktifitas Internet serta Password juga biasanya tersimpan pada sebuah website sebagai contoh google yang mungkin anda tidak tau memiliki fitur menyimpan Riwayat pencarian dan Password semua akun di akun Google sehigga untuk menghapusnya tidak hanya dari pengaturan Browser tetapi pengguna harus menghapus melalui akses ke akun secara langsung.

Mencuri Dokumen dan Data File Smartphone

Pencurian data pada memori akan jauh lebih sulit daripada berbagai hal yang telah disebutkan diatas. Untuk mendeteksi dan melihat data maka diperlukan akses scanning sementara untuk mencuri, edit dan hapus diperlukan akses izin untuk Read/Write secara langsung. Bisa melalui perantara sebuah aplikasi yang akan memerlukan Izin pengguna dan akes super user pengguna secara  langsung tetapi banyak juga kasus pencurian data yang dilakukan melalui Wifi, jadi berhati-hatilah saat menghubungkan Wifi ke Smartphone anda.

Cara Menghentikan Penyadapan HP Android :

Cara Menghentikan Penyadapan HP AndroidPenyadapan Aplikasi Chat Messenger (WA, Line, BBM dll)

Pastikan aplikasi messenger anda tidak terhubung di perangkat lain. Biasanya terdapat di menu setting “Web App”, jika aplikasi terhubunng pada perangkat lain segera LogOut melalui messenger anda. Sangat kecil dan sangat sulit untuk melakukan Penyadapan messenger jika harus melakukan Hacking langsung pada server aplikasi messenger, tetapi tidak menutup kemungkinan jika pelaku memiliki kenalan yang mempunyai akses sebagai admin pada aplikasi messenger  tersebut bias melihat dan memata-matai anda secara langsung. Gunakanlah aplikasi messenger yang benar-benar bias dipercaya menjaga privasi pengguna, karena ada juga pekerja yang bias disuap untuk membocorkan privasi anda.

Penyadapan SMS dan Telpon Operator

Hal ini sangat sulit dilakukan dan mungkin hanya seorang Profesional dengan bayaran cukup mahal baru bias melakukan Spying secara langsung. Tetapi yang sangat mungkin terdapat pekerja pada Operator tersebut yang bisa disuap untuk memberikan informasi pada pelaku. Jadi gunakanlah Provider yang benar-benar bias menjaga Privasi Pengguna dan cukup anda percayai kualitasnnya.

Itulah beberapa sumber penyadapan yang sering dilakukan oleh seseorang. Biasanya cara dan proses kerja penyadapan pelaku sama dengan yang lain. Pasalnya mereka mendapatkan cara dari sumber yang sama pula dengan celah yang baru diketahui. Biasanya penyadapan dilakukan oleh seorang anggota keluarga seperti Kepercayaan Isteri kepada Suami, Perihal Politik dan pengegakan umum yang legal oleh pemerintah, Pebisnis yang berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan rekannya dan lain sebagainya. Sebagus apapaun niat dari penyadapan biasanya akan diakhiri dengan niat dan prasangka buruk oleh pelaku sehingga dia terlalu over acting dengan aktifitas yang korban lakukan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.