Spyware Pengertiannya, Contoh dan Cara Kerja
5/5 (1)

Spyware Pengertiannya, Contoh dan Cara Kerja – Masih dunia perVirusan 😀 kali ini saya akan membahas mengenai apa itu spyware, contoh dan cara kerjanya.

Spyware memiliki ciri dan cara kerja yang unik berbeda dari Malware dan Adware. Spyware adalah sebuah software atau perangkat lunak yang bertugas untuk memantau dan memata matai aktivitas pengguna internet kemudian menampilkan banyak iklan kepada netter.

Istilah spyware ini pertama kali dikenal pada tahun 1995 oleh seorang pendiri kali Gregor Feund. Spyware pertama kali ditemukan pada sistem model bisnis Microsoft. Program ini memata matai pengguna internet untuk melihat aktivitas yang dilakukan user. Spyware bisa juga digunakan dan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memata-matai tindak kejahtan yang dilakukan oleh seseorang melalui dunia Cyber. Fungsi Spyware akan menjadi negatif karena bisa juga digunakan oleh seseorang untuk melihat dan mencuri data seseorang sehingga bisa juga diartikan sebagai Virus sebagaimana Adware saat ini yang telah banyak disalahgunakan.

Tentang Spyware

Lantas bagaimana sih kita bisa terkena spyware ? Spyware ini bisa saja menginfeksi computer kamu melalui beberapa aktfitas berikut ini.

  1. Terima dan install file freeware
  2. Menginstall anti spyware palsu
  3. Klik iklan di internet yang tidak jelas.
  4. Hacking oleh seseorang

Jika sudah tahu cara penyebarannya, berhati – berhatilah dalam melakukan aktivitas surfing di internet maupun saat menginstall aplikasi freeware. Unduhlah aplikasi di situs resminya, dan jangan lupa untuk membeli aplikasi anti spyware agar bisa terlindungi oleh program spyware ini.

Ciri – ciri ketika computer terinfeksi spyware adalah sebagai berikut.

  1. Komputer terasa lemot, bahkan saat tidak menjalankan aplikasi apapun.
  2. Selalu muncul iklan pop-up ketika terkoneksi ke internet.
  3. Settingan berubah pada browser padahal user tidak merasa mengubah settingan.
  4. Ada aplikasi yang terinstall sendiri tanpa diketahui.
  5. Spyware bisa mengirimkan data kepada pengguna computer lain ketika computer target terhubung keinternet.

Ada banyak jenis dari spyware yan menyebar di internet, berikut adalah contoh dari spyware yang berbahaya ketika berhasil menginfeksi computer kamu.

  1. PC recorder
  2. Parental Control Software
  3. Detective Software
  4. Internet Monitoring Software

Saya berikan juga beberapa situs web yang terdapat spyware nya, yaitu : AOL Mail, Ziddu, Grissoft. Itu adalah beberapa situs web yang ada spywarenya, lebih baik kamu menutup browser ketika kamu diarahkan ke situs web tersebut.

Sekian, penjelasan saya mengenai apa itu spyware dan contoh nya semoga bermanfaat.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.