Pengertian Malware dan Contohnya
No ratings yet.

Pengertian Malware dan Contohnya, Malware di dunia computer sangat berbahaya dan mengganggu system Operasi. Bahkan dalam beberapa kasus Malware yang ganas bisa merusak perangkat keras internal maupun eksternal computer.

Lalu, apa bentuknya Malware ? Malware sendiri dapat diartikan sebagai sebuah program ataupun script yang dicurigai dapat mengekspoitasi data – data penting didalam computer. Bahkan sebuah Malware bisa merusak, mengubah, atau mencuri data di dalam computer.

Misal nya saat kamu berselancar di situs yang ada malware nya, kemudian kamu tidak tahu ada sesuatu yang tidak jelas terdownload sendiri itu bisa saja Malware. Sangat mungkin malware itu bekerja di jaringan internet langsung tanpa kamu sadari data penting seperti password email atau social media kamu dicuri oleh program Malware ini yang nantinya bisa disalah gunakan oleh pembuat Malware.

Pengertian Malware dan Contohnya

Secara singkat Malware adalah sebuah program atau script yang menyerang data data computer sehingga dapat merugikan orang yang terkena Malware tersebut.

Kemudian, Apakah sama antara Malware dengan Virus ? Beda sekali, Perbedaan Virus dan Malware sendiri adalah malware merupakan kumpulan dari beberapa virus yang kemudian digabungkan menjadi satu oleh pembuat nya.

Baca Juga :Β Nama Nama Virus Pada Komputer

Nah, berikut adalah contoh dari Malware. Semoga kamu tidak terkena dari salah satu Malware berikut ini. Hal ini jarang terjadi pada masyarakat umum karena sebanarnya malware ditargetkan pada korban yang memiliki otoritas seperti perusahaan besar yang mungkin bisa menguntungkan Pelaku pembuat virus, tentunya data dari korban yang tidak penting atau bukan orang penting yang kaya tidak akan berguna dan menguntungkan bagi seorang yang ingin berniat buruk dengan menyerang menggunakan malware. Ditujukan untuk mencuri dan meminta tebusan kepada korban atau bahkan bisa juga merusak dalam hal seperti persaingan bisnis secara yang dilakukan dengan cara kotor yaitu melaui merusak data dan perangkat korban.

Malware Keylogger

Sebenarnya program ini bisa saja menguntungkan dan merugikan. Dikatakan menguntungkan karena program ini dapat mencatat semua aktivitas perangkat inputan (keyboard) sehingga kamu bisa memantau aktivitas anak, mengawasi kinerja karyawan, atau hal lain yang bisa menguntungkan oleh si pengguna.

Sisi lain dari program ini dapat merugikan orang yang menjadi targetnya. Program ini bisa saja mengambil password dari apa yang di inputkan oleh perangkat inputan keyboard. Sehingga program ini tidak digunakan, meskipun memiliki sisi positif nya.

Adware

Adware adalah perangkat lunak yang pada dasarnya tidak berbahaya seperti malware yang mampu mencuri dan merusak data korban. Adware sendiri memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyalur iklan dari sebuah program yang mungkin berguna. Tetapi sekarang ini Adware menjadi salah satu hal yang negatif bagi pegguna. Karena terkadang iklan terinstal tanpa diketahui oleh pengguna bersamaan dengan menginstal suatu aplikasi di computer. Sebenarnya ini bisa di atasi jika pengguna lebih teliti dalam melakukan instalasi pada suatu program. Kebanyakan produk iklan yang terinstal di computer korban juga biasanya tidak bermanfaat bagi pengguna. Bahkan terdapat juga produk dari iklan yang ternyata memiliki Virus berbahaya dan menggangu system. ContohnyaΒ  adalah apllikasi injeksi iklan, dimana saat anda terhubung di Internet maka iklan akan terus di download sehingga selain memakan banyak penggunaan ingternet juga sangat mengganggu.

Kemampuan dari malware ini adalah bersembunyi, menampilkan, mengunduh dan memutar sebuah iklan yang telah disisipkan oleh pembuat nya. Biasanya Adware ini berbentuk iklan Pop-Up. Yang paling banyak ditemui dari adware adalah Win32/adware.registrycleanfix2008, AOL Mail, MyWay Search bar dan Win32/adware.mycentria.

Baca Lebih Lanjut :Β Pengertian Adware Beserta Contohnya

SpyWare

Spyware sendiri memiliki arti “Perangkat Pengintai” atau juga bisa diartikan sebagai perangkat yang memata-matai korban dari Spyware. Banyak yang bisa dilakukan oleh SpyWare, mulai dari melihat aktifitas dan data hingga mencuri data korban. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika korban memiliki data yang rahasia seperti password dan data lain yang bisa disalah gunakan oleh pelaku.

Mengatasi Malware sangat mudah, lebih tepatnya mencegah sebelum mengatasi. Sangat serinng malware masuk melalui akses dari penginstallan suatu program tertentu. Hal ini dapat anda atasi dengan hanya menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya, gunakan antivirus saat anda memasukan data baru dikomputer anda sehingga data bisa dicekal jika memang memiliki potensi yang berbahaya. Sekian, adalah contoh dan pengertian dari Malware semoga kamu terhindar dari Malware yang berbahaya.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.