Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi perangkat pengguna dari Virus. Antivirus Android merupakan sebuah aplikasi yang difungsikan untuk mendeteksi, mencegah dan mencekal Virus untuk beroprasi pada smartphone pengguna. Pengertian Virus pada perangkat lunak memiliki definisi yang umum sebagai perangkat lunak yang merugikan korban. Android menggunakan Sistem Operasi Linux yang banyak dianggap kebal dengan berbagai Virus, apakah benar demikian?

PENJELASAN LENGKAP VIRUS ANDROID

Block Redirect AdsApakah Android Bisa terkena virus ?

Android Bisa Terkena Virus, penjelasannya cukup sederhana dimana ada peluang disitu ada jalan. Jalan untuk membuat virus yang mungkin akan menghasilkan keuntungan dari pembuat virus. Sebagaimana Windows yang saat ini memiliki ancaman dari berbagai jenis Virus yang dilatar belakangi karena kepopularitasan Sistem Operasi yang sudah umum digunakan masyarakat. Hal ini berpeluang bagi pelaku Pembuat Virus untuk mengambil keuntungan dengan memanfaatkan peluang ini.

Android Sulit atau tidak mudah terkena Virus, alasan sederhananya berbeda dari Windows yang memberikan akses pada system yang dapat dimodifikasi dengan mudah. Android memerlukan akses Root (Super User) untuk melakukan modifikasi pada System Android sehingga Virus tidak akan mudahย  menyerang android dan mengacaukan file pada System, tetapi sangat mudah untuk terancam Spyware yang mungkin bisa melihat dan mencuri data serta aktifitas pengguna sekalipun tanpa akses Root.

Cara Kerja Virus di Android

Virus yang terdapat di android bekerja melalui media aplikasi berjalan yang terinstal pada Smartphone pengguna. Sumber Virus pada Android itu sendiri berasal dari aplikasi yang dipasang oleh pengguna. Untuk saat ini memang belum ada kasus Virus Berbahaya pada Smartphone yang menyerang perangkat android pengguna seperti Mengintai, Mencuri dan Merusak Data Android sebagaimana Malware pada Windows. Pada saat ini hanya terdapat Adware yang banyak diartikan Virus oleh masyarakat umum.

Android Terkena Virus Iklan

Adware difungsikan untuk sarana pengiklanan yang dapat menghasilkan keuntungan dari pengembang aplikasi yang terinstal. Dikatakan Virus karena biasanya aplikasi ini Terinstal pada perangkat Android pengguna tanpa diketahui proses instalasinya. Adware pada aplikasi akan melakukan Injeksi pada iklan yang sering menampilkan iklan secaraย  brutal kepada pengguna terutama jika saat Smartphone terhubung dengan Akses Internet. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan merugikan pengguna Android sekalipun tidak membahayakan perangkat pengguna. Namun terkadang produk yang ditawarkan bersumber dari pengiklan yang tidak jelas identitasnya dan juga sangat mungkin terdapat produk yang bias membahayakan perangkat pengguna.

Jenis Virus Android Paling Berbahaya

Pengertian Malware dan ContohnyaUntuk sekarang ini Virus pada Smartphone tidak lebih buruk dari pada Virus di Komputer. Virus akan berbahaya jika sebuah data file yang di download memiliki Malware virus seperti Trojan, Worm dan lainnya yang akan berbahaya jika file tersebut dipindahkan pada computer yang tidak memiliki antivirus bagus untuk bisa mendeteksi virus tersebut, hal ini akan sangat buruk bagi komputer. Jenis Virus yang terdapat pada android :

  1. Adware
  2. Spyware
  3. Malware

Baca Penjelasan Lengkap :ย Virus Android Paling Berbahaya Dan Cara Mengatasinya

Sumber Utama Virus Pada Android

Virus akan tersebar melalui penginstalan aplikasi yang berpotensi memiliki Virus didalamnya. Biasanya satu aplikasi akan memicu Aplikasi pembawa Virus lainnya untuk menyerang perangkat pengguna.

Ciri Efek HP Android Terkena Virus

  1. Android Terasa Lemot
  2. Kecepatan Internet Lama
  3. HP Cepat Panas dan Batrai Cepat Habis
  4. Memory Penuh dan Corupt
  5. Force Close / Aplikasi Behenti
  6. Data File Hilang Sendiri
  7. Softbrick Bootloop
  8. HardBrick

Baca Lebih Lanjut :ย Ciri2 HP Kena Virus – Efek Dampak Virus di Smartphone

PERBAIKAN ANDROID DARI VIRUS

PERBAIKAN ANDROID DARI VIRUSCara Mencegah Virus Android

Sebelum mengatasi lebih baik mencegah Virus agar Android terhindar dari virus berbahaya yang banyak menyebabkan kerugian. Mencegah tidak harus mengeluarkan biaya dan juga sangat mudah daripada mengatasi dimana android sudah terlanjur terkena Virus sehingga mungkin membutuhkan biaya untuk perbaikan. Berikut ini Tips Mencegah Android Terkena Virus :

  1. Instal Melalui Sumber Terpercaya
  2. Mengunakan Internet Secara Aman
  3. Lebih Berhati-hati
  4. Instal Antivirus

Baca Lebih Lanjut : Cara Mencegah Android Dengan Mudah dan Gratis

Mengatasi Virus Pada Android

  1. Mendeteksi Virus
  2. Menghapus / UnInstall Aplikasi
  3. Factory Reset / Hard Reset
  4. Instal Ulang / Flash Android
  5. Service Center

Baca Lebih Lanjut : Cara Menghapus Virus Di Android Dengan Mudah

Kesimpulan Penjelasan Virus Android :

Pada dasarnya Virus pada android masih belum separah virusย  dikomputer. Hanya sekedar Adware dianggap sebagai virus oleh masyarakat yang akan menyebabkan lebih banyak komplikasi jika tidak tidangani sejak awal. Spyware dan Malware penghapus data pada saat ini belum ditemukan kasus di android, mungkin hanya sekedar adware yang menawarkan produk iklan dengan memanfaatkan kelengahan pengguna untuk menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi pada iklan tersebut juga banyak yang tidak begitu berguna yang terkadang malah banyak menimbulkan masalah seperti membuat android lebih lemot, cepat panas, internet lama dan paket data cepat habis, Force Close karena tidak kompatibel dengan perangkat dan masalah lainnya.

Virus Android yang lebih tepatnya adware hanya mendapat keuntungan dari iklan yang ditayangkan dan berhasil digunakan oleh pengguna. Menggangu dan terkadang merusak memang tetapi terkadang begitulah seorang pengembang aplikasi mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan apalagi jika produk tersebut memang anda gunakan. Maka lebig bijak lagi dan tidak menggunakan Adblock pada semua pengemang karena tidak semua penyedia kontenย  berniat buruk kepada perangkat yang pengguna miliki.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.