Ciri Efek HP Android Terkena Virus

Ciri2 HP Kena Virus – Sering kali masyarakat umum mengartikan kesalahan yang dibuat oleh system android setelah update ataupun dimodifikasi diartikan sebagai virus. Pada saat ini virus pada android masih sulit untuk bias menyerang smartphone, mengapa ? karena untuk bias mengakses suatu fitur pada android diperlukan izin dari pengguna android. Bahkan untuk melakukan modifikasi pada system diperlukan akses super user yang berarti Smartphone harus dalam keaadaan root terlebih dulu.

Baca Juga : Apakah Android Bisa Terkena Virus ?

Berbeda dengan virus pada Windows yang sangat berbahaya bagi pengguna karea program bisa langsung memanipulasi system dengan menggunakan malware atau mencuri data dengan spyware. Virus yang dianggap dan paling sering terjadi pada android adalah Adware yang pada dasarnya bukan virus tetapi sebuah iklan. Terkadang iklan tersebut tidak ramah bagi pengguna terutama pengiklan pada aplikasi mengiklankan secara brutal kepada pengguna yang memiliki efek sangat merugikan. Inilah penyebab dan sumber dari segala masalah yang sering dianggap virus pada android.

Ciri Ciri Android Kena Virus :

Android Terasa Lemot

Android yang lag atau patah-patah lemot saat digunakan bisa juga disebabkan oleh Virus Android. Pasalnya Virus menyebabkan proses penggunaan RAM kepada suatu program untuk dijalankan sehingga aktifitas tersebut juga memakan penggunaan RAM. Bagi anda yang mengalami android lemot padahal aplikasi sedikit simak tutorial berikut ini.

Baca Juga : Tips Mengatasi Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Baca Juga :Β Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

Kecepatan Internet Lama

Internet yang tidak setabil atau lama untuk memuat suatu konten pada website ataupun saat anda sedang menggunakan YouTube bias juga disebabkan karena Virus. Lebih tepatnya Adware, dimana koneksi internet digunakan secara tidak efisien yaitu Internet mendownload konten tidak berguna seperti iklan pada aplikasi yang memiliki sifat adware atau penyalur iklan yang brutal. Selain itu kuota data pemakaian Internet anda juga akan lebih cepat habis karena aktifitas penayangan iklan.

HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Penggunaan RAM yang berlebihan yang menyebabkan efek lemot tidak hanya mempengaruhi kinerja pada Smartphone. Hal yang lebih buruk bisa terjadi seperti Android cepat panas karena penggunaan RAM yang tidak efekttif serta ditambah dengan Batrai Android cepat habis karena akan menggunakan banyak daya untuk menjalankan beberapa aplikasi tetap nyala.

Memory Penuh dan Corupt

Memori penuh padahal aplikasi sedikit juga sering dialami oleh banyak orang, hal ini sendiri yang sering ditemukan. Umumnya ternyata sebuah aplikasi menggunnakan kelengahan pengguna untuk menekan tombol yang mengijinkan program untuk mengunduh sebuah aplikasi lainnya. Sehingga tanpa disadari pengguna memori Internal penuh dengan aplikasi yang tidak berguna.

Force Close / Aplikasi Berhenti

Sebenarnya untuk kasus virus dengan tingkat keparahan yang merusak belum ada, cuma biasanya sumber masalah pada suatu adware yang selalu menginstal aplikasi dari pihak pengiklan tanpa mempertimbangkan apakah aplikasi tersebutΒ kompatibel dengan perangkat pengguna sehinngga menyebabkan crash antara device dengan aplikasi yang menyebabkan Aplikasi berhenti / Force Close.

Data File Hilang Sendiri

Biasanya hal ini disebabkan karena sebuah aplikasi pengacau, aplikasi tersebut adalah Antivirus ataupun sejenis System Security. Tidak semua aplikasi antivirus di android berjalan dengan semestinya, terkadang terdapat juga antivirus yang sekedar tipuan dengan mengatakan terdapat Virus Palsu. Bukannya mendeteksi Virus dan menghapus virus yang benarnya malah menghapus data penting bagi pegguna yang dianggap Junk file oleh aplikasi tersebut semisal Foto, Musik, Video, Dokumen, Data Game dll.

Softbrick Bootloop

Sama halnya dengan kasus Force Close tetapi dengan tingkat keparahan yang lebih dari sekerdar Force Close. Dimana perangkat pegguna tidak mampu untuk Booting sehingga hanya berputar dan mengulang logo Android.

HardBrick

Tingkat keparahan yang lebih berbahaya dari Softbrick dimana pada posisi Hardbrick mungkin Hardware Smartphone pengguna juga menjadi korban kerana tidak segera diperbaiki awalnya. Dipaksakan untuk selalu bekerja dengan kondisi perangkat android yang kurang baik hanya akan memperparah keadaan hardware.

Lalu bagaimana caranya mengatasi virus yang menyerang android? selain virus eror pada system juga bisa anda atasi dengan menggunakan tutorial berikut ini : Tips Mengatasi Android Terkena Virus.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.