AOL

Di perkembangan zaman sangat canggih ini, email menjadi platform yang sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak orang. Karena memang saat ini ada banyak sekali platform yang membutuhkan email sebagai alat konfirmasi.

Dan salah satu jenis email yang akan dibahas kali ini adalah Aol Mail. Bagi warga Indonesia nama Aol Mail ini mungkin tidak begitu familiar. Namun sebenarnya nama Aol Mail ini sangat terkenal di luar negeri. Baiklah untuk anda yang masih belum familiar dengan layanan email ini, mari anda simak bersama pengertian, sejarah, serta kelebihan dan kekurangan Aol yang perlu anda ketahui.

A. Pengertian Aol

Aol atau Aol Mail adalah penyedia layanan email yang mana mereka menawarkan sebuah kecepatan, memiliki tampilan sederhana agar mudah untuk dioperasikan. Yang menarik, Aol ini memberikan media penyimpanan yang tidak terbatas, sehingga cocok sekali untuk anda yang membutuhkan email bisnis yang butuh media penyimpanan berukuran besar.

Pada bagian halaman utama dari Aol ini anda bisa menemukan email sekaligus menampilkan stories ataupun news dari Aol tersebut. Dengan begini, bisa jadi sebuah fitur tambahan yang cukup bagus, selain itu ada juga tampilan pada email yang belum terbaca maupun sudah seperti pada tampilan email pada umumnya.

B. Sejarah Aol Mail

Diawali pada tahun 1993 silam, dimana America Online (Aol) serta Delphi mulai menghubungkan layanan email yang mereka miliki ke internet. Lalu pada bulan Oktober tahun 1997, Aol sudah memiliki 9 juta pelanggan yang membuat mereka menjadi penyedia layanan email terbesar di seluruh dunia

Masih di tahun yang sama, Aol telah merilis NetMail yaitu berupa layanan layanan email berbasis web. Pada awalnya layanan ini hanya bisa dijalankan pada Internet Explorer saja, namun pada versi Java terbaru layanan ini bisa dijalankan di Netscape Navigator. Dan pada bulan Desember 1999 layanan ini berubah nama menjadi Aol Mail

Pada bulan Januari 2001, pihal Aol telah meluncurkan notifikasi email untuk pengguna ponsel berbasis teks dan pager. Lalu pada tahun 2004, pihak Aol ini telah menguji sebuah layanan webmail gratis baru untuk umum tanpa harus berlangganan. Tujuan mereka memberikan layanan ini tak lain untuk bersaing dengan MSN Hotmail, Gmail, maupun Yahoo Mail pada saat itu.

Lalu pada Mei 2005 layanan ini pun berganti nama lagi yakni AIM Mail yang sudah terintegrasi dengan Aol Instant Messaging (AIM) yang memiliki penyimpanan email sebesar 2 GB. Dan di tahun 2006, akhirnya layanan Aol Mail ini pun sepenuhnya gratis bagi para pengguna broadband, dan pada bulan yang sama Netscape Mail turut diboyong ke AIM Mail

Selanjutnya pada bulan November 2010, Aol telah merilis project terbaru mereka yang diberikan nama Phoenix, yang merupakan sebuah aplikasi email dan dilengkapi Quick Bar. Tujuannya adalah agar pesan teks, email, maupun pesan Aol Instant Messenger bisa dikirim dalam satu area, dengan begini memungkinkan orang bisa menambahkan hingga 5 akun didalamnya

Di tahun 2012, Aol telah merilis aplikasi baru lagi bernama Alto Mail. Dan pada bulan Juli 2012 perkembangan dari Aol Mail ini makin meningkat dengan memiliki 24 juta pengguna di seluruh dunia

Lalu pada bulan Maret 2017 lalu, Aol ini telah diambil alih oleh Verizon INC, disaat yang bersamaan mereka juga menghentikan layanan email internal untuk pelanggan internet seta melakukan migrasi pada pelanggan Aol Mail.

C. Fitur Menaik Didalam Aol

Aol ini menyediakan sejumlah fitur yang sangat beragam, hal ini tentu mereka lakukan untuk menggoda para konsumen agar mau menggunakan layanan tersebut. Dan berikut ini sejumlah layanan Aol Mail yang bisa anda nikmati:

  1. Didukung dengan kapasitas penyimpanan email tak terbatas
  2. Untuk file lampiran didalam email maksimal berukuran 25 MB
  3. Aol email mendukung POP3, SMPTP, serta protocol IMAP
  4. Penyedia layanan email bisa diintegrasikan dengan Aol
  5. Memiliki fitur untuk menampilkan iklan atau menghapusnya
  6. Memiliki Perlindungan virus yang ditingkatkan
  7. Memiliki ejaan yang baik
  8. Perlindungan pada spam ditingkatkan
  9. Mendukung SSL / HTTPS
  10. Bisa membatalkan pengiriman email

Dengan adanya berbagai fitur tersebut, maka Aol Mail ini memberikan penyegaran bagi para pengguna sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

D. Cara Membuat Akun Aol Mail

  1. Langkah pertama silahkan buka tautan berikut ini: https://login.aol.com/account/create
  2. Isi semua kolom yang disediakan oleh Aol
  3. Jika sudah, silahkan kalian tap menu Continue
  4. Pada halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim pada nomor ponsel yang didaftarkan, lalu tap menu Selesai
  5. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi selamat akun Aol Mail anda sudah berhasil dibuat
  6. Selanjutnya klik menu Go To Aol Mail
  7. Jika muncul pop up Welcome to Aol Mail, maka klik menu Get Started
  8. Jika sudah berhasil masuk, maka anda akan dibawa ke tampilan menu di Aol Mail dengan banyak menu dibagian sisi kiri seperti Inbox, drafts, send, spam, dll.
  9. Selesai

E. Kelebihan Aol Mail

  1. Memiliki pengaturan yang sangat mudah untuk dikustomisasi
  2. Aol memiliki fitur chat yang mana bisa digunakan oleh para pengguna Aol Mail
  3. Memiliki banyak pengaturan tambahan yang bisa disesuaikan kebutuhan pengguna, mulai dari spam filter, mengubah sensitivtas, menentukan siapa yang bisa mengirim email kepada pengguna, melakukan pemblokiran kalimat yang dirasa kurang pantas untuk disampaikan
  4. Aol bisa memberikan informasi kepada pemilik akun jika ada tindakan mencurigakan yang dilakukan pada email mereka, seperti ada orang yang mencoba melakukan login pada email pengguna, dan lain sebagainya.

F. Kelemahan Aol Mail

  1. Hanya bisa melampirkan file di local drive saja
  2. Memiliki banyak iklan
  3. Aol Mail ini akan secara otomatis mematikan akun pengguna jika selama 90 hari tidak aktif, dan jika ada email yang dikirim kedalam akun pengguna maka tidak akan bisa dikirim atau dikembalikan lagi kepada di pengirim
  4. Jika pengguna lebih dari 180 hari tidak aktif lagi, maka Aol bakal secara otomatis menghapus akun pengguna

Cukup sekian pembahasan yang bisa disampaikan mengenai Aol, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya. Atau mungkin anda lagi tengah mencari layanan surel yang lebih canggih atau berbeda daripada platform familiar di pasaran saat ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.