Definisi Sistematis Pengertian, Arti dan Tips

Pekerjaan akan dilakukan dan diselesaikan dengan mudah apabila dilaksanakan berdasarkan jadwal atau suatu urutan. Biasanya dalam suatu pekerjaan akan dibuat prosedur atau sistem untuk mempermudah pelaksanaannya. Pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan sistem atau aturan dapat disebut sebagai pekerjaan yang dikerjakan secara sistematis.

A. Pengertian Sistematis

Sistematis diartikan menurut KBBI sebagai sebuah keteraturan berdasarkan sistem atau dilakukan dengan cara yang telah diatur sedemikian rupa. Sehingga kata ini dapat dijelaskan sebagai cara melakukan suatu pekerjaan dengan cara yang terstruktur, sesuai rencana, dan terpadu antar komponen.

Contoh sederhana untuk memperjelas makna dari sistematis adalah pada saat terjadi bencana alam berupa gempa bumi dan seseorang sedang terjebak di dalam gedung bertingkat. Orang tersebut kemudian mencari perlindungan dengan cara duduk di bawah meja sambil melindungi kepala. Setelah ada instruksi untuk melakukan evakuasi, orang tersebut kemudian secara teratur menuruni gedung bertingkat menggunakan tangga darurat dan berkumpul di meeting point.

Apa yang dilakukan seseorang tersebut dapat dikategorikan sebagai perilaku yang sistematis. Hal itu karena apa yang telah dilakukan sudah sesuai dengan sistem, rencana, atau prosedur penyelamatan diri dari gempa bumi.

B. Cara Bekerja Secara Sistematis

Untuk mencapai suatu target, tentunya penting untuk membagi target tersebut menjadi beberapa tahapan atau checkpoints. Hal itu berguna untuk memastikan bahwa apa yang sedang dilakukan sudah sesuai dan terarah pada target tersebut. Cara kerja seperti ini juga disebut sistematis. Berikut adalah saran untuk dapat bekerja secara terstruktur.

  1. Buat target jangka panjang yang akan dicapai. Target ini bisa dalam jangka waktu bulanan hingga tahunan.
  2. Bagi target tersebut menjadi beberapa target kecil yang waktu pencapaiannya disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu.
  3. Pastikan bahwa apa yang Anda lakukan sesuai dengan target jangka pendek dan jangka panjang.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh cara bekerja secara sistematis dalam mengerjakan karya tulis ilmiah. Cara ini bisa Anda tiru dan Anda sesuaikan sendiri dengan kondisi Anda termasuk tujuan dan kurun waktunya.

1. Target jangka panjang karya ilmiah ini adalah dapat terselesaikan dalam kurun waktu 8 bulan dengan penjelasan yang sesuai dengan teori dan penulisan yang sesuai dengan aturan.

2. Jangka waktu 8 bulan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa target kecil sebagai berikut:

  • 2 bulan pertama menyelesaikan landasan teori dan bab pendukung lainnya.
  • 2 bulan kedua mengumpulkan data terkait karya tulis ilmiah dan mengolah data tersebut menjadi data matang yang bisa merepresentasikan kondisi penelitian
  • 2 bulan ketiga menjelaskan data matang dalam bentuk paragraf dan menghubungkannya dengan landasan teori yang sudah dibuat sebelumnya
  • 2 bulan terakhir dihabiskan dengan melakukan peninjauan ulang atau review pada karya tulis ilmiah dan melakukan analisis yang lebih mendalam.

3. Hal terakhir yang harus dilakukan adalah melaksanakan apa yang telah dibuat yaitu beberapa target jangka pendek dan memastikan bahwa setiap tahap berada di progres dan waktu yang tepat. Pastikan pula bahwa progres yang dilakukan selalu mengarah ke target jangka panjang.

Bekerja secara sistematis tidak dapat serta merta dilakukan. Hal ini membutuhkan pengalaman dan kedisiplinan yang tinggi terlebih dalam mengatur diri sendiri supaya tetap pada progres yang sesuai dan sistematis. Orang yang memiliki pengalaman lebih, pasti dapat bekerja dengan lebih terstruktur dan bertindak dengan lebih tepat.

Pekerjaan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur sangat berguna untuk memastikan bahwa target dapat terpenuhi. Selain itu juga dapat membantu dalam keberlanjutan pekerjaan sehingga pekerjaan yang dilakukan selalu berprogres.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.