Kebutuhan Manusia : Macam Jenis, Berdasarkan Sifat dan Waktu

Contoh kebutuhan manusia, Jenis jenis kebutuhan manusia, Pembagian kebutuhan manusia, 100 kebutuhan manusia, Artikel tentang kebutuhan manusia, Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, Sebutkan kebutuhan manusia yang bersifat rohani, Kebutuhan manusia yang terbatas, Kebutuhan primer dan sekunder, Contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari, Gambar kebutuhan primer, Salah satu kebutuhan primer tts, Gambar kebutuhan primer sekunder dan tersier, Artikel tentang kebutuhan primer,

Kali ini kita akan membahas tentang kebutuhan, khususnya kebutuhan primer dan sekunder pada manusia. Di dalam kehidupan manusia, manusia memiliki kebutuhan dan keinginan. Terkadang keinginan itu menyimpang dengan kebutuhan. Namun tidak semua keinginan menyimpang dengan kebutuhan. Sehingga masih banyak orang yang menganggap bahwa manusia memiliki kebutuhan, padahal tanpa disadari bahwa itu adalah keinginan semata. Bisa dikatakan bahwa kebutuhan manusia itu tanpa batas alias tidak ada habisnya. Untuk itu, manusia haruslah sadar, bahwa tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi. Sehingga perlu pembagian kategori dalam kebutuhan hidup seseorang.

Kebutuhan manusia sangat beragam yang mana dikategorikan menjadi empat golongan dengan melihat kebutuhan manusia berdasarkan intensitas, waktu, sifat, dan subjek.

Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Kebutuhan berdasarkan intensitas dilihat dari kebutuhan dan ukuran kepentingannya. Sehingga kebutuhan berdasarkan intensitasnya terdapat tingkatan kepentingan seseorang yang mana dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok atau utama yang mana harus dipenuhi dalam mempertahankan hidup. Berasal dari kata β€˜primus’ yang berarti β€˜pertama’, di mana kebutuhan tersebut muncul secara alami, sehingga bisa disebut sebagai kebutuhan alamiah. Umumnya, Contoh Kebutuhan Primer manusia terdiri dari pangan, sandang, dan papan seperti makanan, pakaian, dan rumah dan keamanan (Rasa Aman), rasa aman sendiri bisa berupa suatu Negara sebagai tempat untuk melindungi diri untuk menetap pada suatu tepat. Tanpa kebutuhan-kebutuhan tersebut, manusia tidak akan bisa bertahan hidup dan sejahterah.

Kesimpulannya, bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan atau sesuatu yang wajib dipenuhi. Jika tidak, maka akan menimbulkan dampak negatif dalam berlangsungnya hidup seseorang. Seperti halnya orang hidup butuh makan, jika tidak makan, maka manusia itu tidak akan bisa hidup.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua dari kebutuhan pokok. Sehingga perlu dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Berasal dari kata scundus yang berarti β€˜kedua’. Kebutuhan sekunder akan muncul ketika kebutuhan primer sudah terpenuhi. Sehingga, setiap orang memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda-beda. Hal ini biasanya tergangtung dari keinginan dan ekonomi taraf hidup seseorang. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yaitu ?! Seseorang yang memiliki penghasilan di atas rata-rata, tentunya memiliki kebutuhan sekunder dengan harga yang tinggi juga. Juga sebaliknya, seseorang yang memiliki penghasilan di bawah rata-rata, maka kebutuhan sekunder orang tersebut merupakan kebutuhan sekunder dengan harga yang menengah ke bawah.

Contoh kebutuhan sekunder di antaranya seperti mobil, meja, kursi, sepatu, tas, kaos kaki, baju, pensil, radio, televisi, dan lain sebagainya di mana seseorang berusaha memenuhi kebutuhan sekunder untuk mengikuti pola sosialita dan berbudaya.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang diadakan karena memiliki tujuan untuk kemewahan semata. Bisa dikatakan kebutuhan tersier ini bisa dipenuhi, jika kebutuhan sekunder sudah terpenuhi. Jadi, jika kebutuhan tersier ini tidak dipenuhi, maka tidak berdampak apa-apa, malah justru bisa lebih hemat.

Kebutuhan tersier ini bisa dikatakan sebagai keinginan. Tentu antara kebutuhan dan keinginan adalah suatu hal bertolak belakang. Kebutuhan adalah suatu hal yang harus dipenuhi, sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi. Contoh kebutuhan Tersier adalah Barang Koleksi (Barang Antik, Koleksi Hobi), Alat seni musik seperti Gitar, Biola, Piano, barang untuk tampilan seperti Perhiasan Emas dan Platinum dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, kebutuhan tersier ini tergantung dari tingkat kegunaannya dan kondisi manusia itu sendiri. Seperti halnya pada orang-orang yang tinggal di pedalaman, mungkin tidak membutuhkan motor atau sepeda, sedangkan orang yang hidup di perkotaan, sangat perlu dan bahkan kebutuhan ini bisa menjadi kebutuhan primer.

Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Kebutuhan manusia yang berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua kategori yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan manusia di mana ia memiliki kewajiban dalam menjaga kesehatan dan kondisi badannya seperti beristirahat, olahraga, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan rohani merupakan kebutuhan immaterial manusia yang diperlukan untuk memenuhi jiwa dan batinnya Contoh kebutuhan Rohani seperti hiburan, ibadah, rekreasi, kesenian, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Waktunya

Kebutuhan berdasarkan waktunya dibagi menjadi tiga kategori di antaranya adalah kebutuhan sekarang, kebutuhan yang akan datang, dan kebutuhan mendadak. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga seperti membeli obat, makan, operasi, dan lain sebagainya. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang akna terjadi nanti seperti biaya sekolah anak, kontrakan, cicilan sepeda motor, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan mendadak ini hampir mirip dengan kebutuhan sekarang, di mana harus dipenuhi sekarang juga, namun hal ini adalah sesuatu yang tidak diduga.

Dengan adanya kebutuhan mendadak, maka setiap orang wajib menabung sebagai siasat dalam memenuhi kebutuhan agar tidak terjadi dampak negatif dalam bertahan hidup.

Kesimpulan

Pada intinya, manusia perlu berpikir rasional dalam bertindak dan menentukan kebutuhannya. Dengan kata lain, seseorang yang bisa menjalani strategi kehidupan, manusia perlu mencegah terjadinya kebutuhan yang mubadzir, sehingga tidak mengalami keborosan. Karena kebutuhan adalah sesuatu hal yang bisa membantu seseorang dalam mempertahankan hidup, Di sinilah kebutuhan ekonomi mulai berbicara. Sebagian kebutuhan yang terdapat di Bumi ini tidak dapat diperbarui sehingga harus dimanfaatkan dengan benar, contoh kebutuhan Manusia yang Terbatas atau tidak dapat diperbarui Minyak Bumi (Solar, Bensin, Minyak Tanah), Batu Bara, Logam Mulia seperti Emas Perak Platinum dll semua itu adalah benda mati atau bahan tambang yg non hayati yang merupakan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui.

Dan tetap ingat bahwa keinginan bukanlah kebutuhan. Keinginan itu seperti membeli baju, padahal di rumah masih ada baju-baju yang bagus. Jika terus memenuhi keinginan, maka akan menimbulkan hal yang negatif.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.