Tips Merantau Agar Sukses

Ketika seorang freshgraduate memutuskan untuk merantau baik untuk melanjutkan kuliah ataupun untuk bekerja, tentu ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan dan persiapkan. Khususnya ketika anda merantau di kota atau suatu negara, untuk bekerja dan mendapatkan kesuksesan. Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk merantau, misalnya karena ingin mendapat kehidupan yang lebih baik.

Baik kehidupan dalam bidang pendidikan, pekerjaan atau hal lainnya. Para perantau tentu akan merasakan bagaimana hidup jauh dari orang tua, kampung halaman, teman dekat, sahabat dan lain sebagainya. Sebagai perantau tentunya harus memiliki mental yang kuat, karena ada banyak hal yang akan dihadapi di tempat yang baru. Seorang perantau juga harus pandai beradaptasi dengan kehidupan yang baru dan membiasakan diri di lingkungan yang berbeda.

Tips Atau Cara Sukses Ketika Merantau

Banyak diantara kita yang belum memiliki pengalaman untuk tinggal di suatu wilayah lain, sehingga dengan mempelajarinya akan bisa memperisapkan diri agar selalu dalam kondisi yang baik. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, ketika anda merantau di kota atau negeri orang. Simak penjelasan macam jenis tips saat merantau.

1. Membuat Skala Prioritas

Ketika merantau anda harus membuat skala prioritas, terutama prioritas yang penting bagi hidup anda. Anda harus menyusun skala prioritas apa saja yang harus didahulukan. Pilih prioritas yang penting dalam hidup, agar kehidupan di tempat rantau tidak semrawut atau menjadi lebih tertata. Sehingga anda menjadi lebih bijak dan menghargai waktu.

2. Menyisihkan Uang dan Menabung

Hal yang bisa anda lakukan ketika merantau adalah menabung. Itulah salah satu kunci sukses anda di tempat rantau. Biasakan untuk menyisihkan sebagian uang anda untuk ditabung. Terutama di akhir bulan, uang tabungan itu akan menjadi semakin berharga keberadaannya. Selain itu uang tabungan juga dapat digunakan saat harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang mendesak.

Baca Juga : Cara Berhemat dengan Menabung Uang di Celengan dan bank

3. Menyediakan Kotak Obat Pribadi

Memiliki obat-obatan juga menjadi hal yang penting, ketika merantau. Apalagi bila anda tinggal sendiri, dan jauh dari sanak keluarga. Obat-obatan yang bisa anda sediakan, adalah jenis obat yang umum digunakan ketika anda sakit. Sehingga ketika anda sedang sakit, anda bisa mengurus diri anda sendiri tanpa harus meminta bantuan pada siapapun. Merantau menuntut seseorang untuk bisa mandiri, jagalah kesehatan saat merantau karena tidak setiap waktu teman di perantauan bisa memantau dan menjaga anda saat sakit.

Baca Juga : Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes

4. Jangan Menunda-Nunda Pekerjaan

Ketika berada di tanah rantau, sebaiknya anda tidak menunda-nunda pekerjaan apapun. Baik jenis pekerjaan yang sifatnya sepele, sampai pekerjaan yang berat. Karena hal itu akan menjadi kebiasaan yang kurang baik. Semakin ditunda maka pekerjaan yang anda miliki akan menjadi semakin menumpuk. Semakin menumpuk pekerjaan akan membuat anda tergesa gesa untuk menyelesaikannya saat deadline,hal tersebut tentunya bisa membuat stres serta berkurangnya kesehatan tubuh karena kelelahan.

Baca Juga : Produktif Adalah – Ciri-Ciri Dan Contoh

5. Mencari Penghasilan Tambahan Melalui Pekerjaan Freelance

Bila anda ingin mendapat penghasilan tambahan, maka bisa menggunakan waktu luang untuk kegiatan yang produktif seperti mencoba beberapa jenis pekerjaan freelance yang sifatnya tidak mengikat. Khususnya bagi seorang pelajar yang sedang merantau, anda bisa mencoba jenis freelance yang cocok. Sehingga anda bisa meringankan beban orang tua ataupun sebagai uang tambahan di perantauan. Salah satu contoh pekerjaan freelance yang bebas dan fleksibel biasanya mudah ditemukan di internet, pastikan untuk melihat kredibilitas jenis pekerjaan sebelum menerima job tersebut.

Baca Juga : Peluang Usaha Online Terbaru – Terbaik Tanpa Modal

6. Membedakan Antara Kebutuhan dengan Keinginan

Anda harus menanamkan dalam diri anda, bahwa tidak semua yang anda inginkan harus benar-benar terpenuhi. Anda harus menggunakan uang dengan cara yang bijak, karena hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi anda sebagai perantau. Maka belilah barang-barang yang memang menjadi kebutuhan anda, bukan sekadar keinginan saja. Pentingnya untuk tidak boros diperantauan membuat diri sendiri agar lebih bijak dalam menggunakan uang.

Baca Juga : Kebutuhan Sekunder – Pengertian, Faktor Penyebab dan Contohnya

7. Membuka Diri dan Pikiran

Tinggal di tempat yang berbeda dengan kota asal atau kampung halaman anda, maka hal itu akan membuat anda menjadi harus beradaptasi. Terutama dengan lingkungan di sekitar anda. Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang, yang karakternya berbeda-beda. Maka bukalah pikiran dan diri anda, untuk menerima segala hal yang baru di hidup anda. Banyak hal di dunia ini berbeda tidak seperti apa yang kita inginkan.

8. Memiliki Cara Pandang yang Berbeda

Dengan menjadi perantau tentu anda akan menjadi orang dengan cara pandang yang berbeda. Karena otomatis anda menjadi pribadi yang mandiri. Merantau juga akan mengajarkan anda bagaimana mengasihi dan menghargai orang-orang di sekitar anda. Dengan memiliki rasa empati dan saling tolong menolong, maka akan timbul rasa saling meperdulikan satu sama lain.

9. Bertemu dan Bergaul Dengan Orang Baru

Di tempat yang baru tentunya kita akan bertemu banyak orang yang belum kita kenal sebelumnya, mau tidak beberapa diantaranya akan terhubung dengan kita seperti teman kerja ataupun teman di lingkungan sekitar kost. Sikap ramah pada orang lain sangat diperlukan karena akan bertimbal balik dengan perilaku mereka kepada kita. Jika kita berbuat baik kepada seseorang tentunya dia akan lebih perhatian dan bersedia membantu jika sedang mengalami kesusahan.

Baca Juga : Pengertian Sosialisasi : Tujuan, Jenis dan Contohnya

Itulah beberapa tips yang cukup membantu buat kamu yang harus bekerja ataupun kuliah meninggalkan rumah. Semoga dengan tips yang telah disebutkan diatas mampu membuat diri lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.