Pengertian Pekerjaan Arti, Kebutuhan Dan Manfaat

Secara umum definisi atau pengertian Pekerjaan adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik itu secara individu maupun secara berkelompok, baik secara terbuka maupun tertutup kemudian dari kegiatan tersebut bisa mengahsilkan suatu produk baik barang atau jasa sehingga dapat memperoleh uang dan dijadikan sebagai mata pencaharian. Pekerjaan juga bisa didefenisikan sebagai suatu aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk memenuhi segala kebutuhannya dan demi kelangsungan hidupnya.

A. Pengertian pekerjaan Menurut Para Ahli

1. Anoraga

Kerja merupakan penggunaan proses fisik dan mental dalam mencapai tujuan yang produktif.

2. Steers dan Porter

Pekerjaan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan tiap individu karena beberapa alasan diantaranya:

  • adanya timbal balik dalam bekerja seperti reward berupa uang juga kepuasan dalam memberi pelayanan.
  • Bekerja biasanya memberikan fungsi sosial. Dimana dalam dunia pekerjaan memberi kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru dan mengembangkan jaringan.
  • Pekerjaan yang seseorang geluti seringkali menjadi status sosial dalam masyarakat luas, akan tetapi pekerjaan juga dapat menjadi sumber perbedaan sosial.
  • Terdapat nilai kerja bagi setiap orang secara psikologis dapat menjadi sumber identitas, harga diri serta aktualisasi diri.

3. Supriyadi

Pekerjaan merupakan beban, kewajiban, sumber penghasilan, kesenangan, gengsi, aktualisasi diri dan lain sebagainya.

B. Hal yang Dibutuhkan Dalam Pekerjaan

1. Skill

Skill merupakan kemahiran yang dimiliki setiap orang dan pada umunya bisa diperoleh melalui pelatihan dan pendidikan. Salah satu contoh skill yaitu seorang mampu mengoperasikan komputer, mampu membuat program komputer dan dapat memperbaiki komputer apabila terdapat kerusakan.

2. Pengetahuan

Pengetahuan adalah pondasi dasar yang harus dimiliki dalam bekerja, karena pengetahuan dapat membangun skill dalam bekerja dan pengetahuan juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

3. Bisa bekerjasama

Dapat bekerja sama dengan orang lain merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja. Beberapa pekerjaan tidak dapat dikerjakan sendiri sehingga perlu adanya kerja sama agar dapat diselesaikan secara maksimal.

4. Jujur

Dengan menjadi orang dan pekerja yang jujur, kita dapat dipercayai oleh banyak orang dan sikap jujur ini sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi atau perusahaan supaya lebih dihormati dalam bekerja.

5. Sikap yang baik

Menerapkan sikap yang baik dan sopan santun sangat dibutuhkan dalam mencapai keberhasilan kerja, karena sikap tersebut membuat orang selalu dihargai dalam bekerja dan begitupun orang lain merasa dihargai sehingga memberi kelancaran dalam bekerja.

6. Pantang menyerah dan berdaya juang

Pantang menyerah dan memiliki daya juang yang tinggi adalah sikap yang harus dimiliki setiap pekerja dalam bekerja, karena sikap tersebut sangat penting dalam mencapai keberhasilan kerja. Setiap permasalahan yang muncul tidak hanya dapat diselesaikan dengan skill dan pengetahuan, tapi dalam juga harus didukung dengan sikap pantang menyerah dan berdaya juang yang tinggi.

C. Manfaat Pekerjaan untuk kesehatan

1. Terhindar dari kemiskinan

Kemiskinan terkadang menyebabkan kekurangan gizi, penyakit kronik, stress dan lain sebagainya. Dengan memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap maka dapat memenuhi segala kebutuhan.

2. Punya akses jaminan kesehatan

Salah satu indikator kesehatan yang terjamin yaitu adanya jaminan yang dimililiki dari tempat kerja yang memastikan kita akan memperoleh penggantian biaya pengobatan.

3. Memiliki banyak teman

Pada dasarnya memiliki banyak teman, kita akan memperoleh rasa aman secara sosial, dan hal tersebut dapat menyehatkan mental dan cenderung berumur panjang.

4. Cepat sembuh dari sakit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki rutinitas dan aktifitas dalam bekerja akan lebih cepat pulih dibandingkan dengan orang yang pengangguran. Karena dengan fokus beraktivitas, bercengkrama dengan rekan-rekan kerja serta sering menghirup udara segar diluar rumah, akan membuat badan menjadi lebih berenergi dan juga fikiran menjadi lebih tenang.

5. Mengurangi kecanduan rokok dan alkohol

Mengapa orang yang memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasan tersebut dengan bekerja ? Alasanya sangatlah sederhana, karena rata-rata tempat kerja biasanya tidak mengizinkan karyawannya merokok dan mengkonsumsi alkohol. Hal lain yang juga menjadi faktor yaitu dengan berfokus pada pekerjaan yang mungkin dekat deadline maka seorang akan cenderung menggunakan waktu luangnya untuk mengerjakan atau sekedar memikirkan tentang project yang sedang ditangani sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan hal-hal negatif seperti yang disebutkan.

6. Mengejar deadline

Salah satu cara alami untuk menyehatkan tubuh dengan cara bekerja yaitu dengan mengejar deadline atau tenggat waktu. Hal tersebut dipengaruhi oleh aktivitas kimiawi dalam tubuh. selama proses menghadapi tantangan, sistem tubuh akan melepaskan adrenalin, meningkatkan detak jantung, paru-paru mendapat pasokan oksigen yang banyak sehingga seluruh tubuh menjadi lebih energik. Setelah tahap tersebut atau setelah pekerjaan selesai maka hormon endorphin dan serotonin akan dilepaskan sehingga tubuh akan merasa lebih baik bahkan lebih relaks setelah melaluinya.

7. Mengasa kemampuan otak

Penelitian membuktikan orang yang bekerja setiap hari cenderung akan pandai dan kaya akan pengalaman karena melakukan pekerjaan secara terus menerus membutuhkan konsentrasi yang lebih baik dan hal tersebut selain dapat melatih konsentrasi juga meningkatkan kognitif.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.