menabung di celengan

Cara Berhemat dengan Menabung Uang di Celengan dan bank beserta kekurangan dan kelebihannya – Menabung merupakan kebiasaan yang harus dilakukan, disamping memiliki sisi positif untuk melatih berhemat menabung juga bisa menjadi jaminan masa tua kita nanti. Meabung bisa di bank atau disimpan sendiri. Saya akan sebutkan kelebihan dan kekurang kedua cara menabung tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan Menabung di Bank

1. Menabung di bank tentu kita akan dikenakan biaya admin perbulannya antara 5 ribu hingga 12 ribu rupiah. Jika kita memiliki usaha yang sudah lumayan besar atau memiliki pekerjaan tetap dengan hasil yang lumayan bank bisa menjadi pilihan alternatif.

Toh hanya kepotong biaya admin perbulan 5 ribu misalnya, tapi jika kita menabung untuk jangka panjang misal nya 30 tahun silakan dikalikan berapa uang yang habis untuk biaya admin, sekitar 1,8 juta. Tapi jika biaya adminya lebih dari 5 ribu pasti totalnya akan semakin besar kan ?

2. Untuk bisa menabung di bank kamu hanya perlu membuka rekening dengan menyerahkan identitas diri seperti KTP dan KK. Kelebihannya kamu bisa dengan aman menyimpan uang kamu ke dalam rekening dan bisa mendapatkan layanan dalam kemudahan transaksi. Tapi pernah terfikir layanan surgawi dari bank membawa kamu kedalam gaya hidup boros ?

Niatnya sih nabung, tapi dalam memilih jenis rekeningnya kamu salah maka bisa saja tabungan kamu mudah habis karena tanpa sadar kamu belanjakan. Untuk menabung silakan pilih rekening tabunganku, ini merupakan program pemerintah untuk menggalakkan budaya berhemat.

3. Dalam keadaan genting atau ada keperluan mendadak, dalam mencairkan uang dari rekening harus ke ATM. Untuk orang yang berada di pedalaman mungkin susah menemui mesin ATM ini. Jadi hal tersebut menjadi nilai kurang jika kamu mencoba untuk menabung di bank. Bahkan untuk program tabunganku kamu tidak bisa mendapatkan akrtu ATM dan jika ingin mengambil uang harus mendatangi cabang bank.

Kekurangan dan kelebihan Menabung di Celengan

1. Uang yang terkumpul akan membuat keimanan kamu goyah. Jika tidak bisa mengendalikan keinginan untuk membongkar celengan, bisa bisa tabunganmu akan segera ludes.

2. Keamanan menabung celengan tidak ada yang menjamin, karena bisa saja hilang karena bencana alam, dimaling orang atau yang lainnya.

3. Kelebihannya adalah kamu bisa mengambil sewaktu waktu jika memang lagi membutuhkan uang. Hal ini sangat membantu ketika kamu tinggal di daerah pedalaman dan ingin mengambil uang, tidak perlu ke ATM atau ke bank untuk mengambilnya.

Cara Hidup Hemat dengan Menabung

1. Tanamkan dalam hati dan niat untuk selalu hidup hemat demi jaminan masa tua nanti. Ini merupakan langkah awal untuk hidup hemat dengan menabung. Pada awal awalnya, kamu akan terasa terpaksa untuk menabung, tapi jika sudah menjadi kebiasaan semuanya akan terasa ringan dan mudah. Jadi, niatkan dalam hati untuk selalu menabung ya.

2. Menabung dibank bisa kamu lakukan dengan langkah langkah berikut ini supaya niat menabung tidak salah arah. Tapi sisi negatif dan positif menabung dibank sudah tahu kan ? Silakan baca lagi di atas.

  • Membuat rekening bank yang banyak cabangnya (BRI atau BNI)
  • Pilih program Tabunganku
  • Biasanya dalam membuka rekening dibutuhkan identitas seperti KTP dan KK
  • Program Tabunganku tidak memberikan kartu ATM atau layanan sejenisnya, karena memang ditujukan untuk menabung buka untuk transaksi. Jika ingin mengambil uang biasanya dibatasi 2 kali dalam sebulan dan hanya bisa diambil di bank.
  • Silakan setor uang ke bank sebagai tabungan rutin kamu. Jumlah nominalnya tidak perlu besar, 10 ribu rupiah pun bank bisa menerima dan memasukkan ke rekening kamu.
  • Lakukan rutinitas menabung setiap minggu atau minimal sebulan 2 kali.
  • Tak perlu khawatir dengan keamanan uang.

3. Menabung di celengan hanya membutuhkan celengan berukuran sedang untuk menampung uang kertas atau receh.

  • Siapkan celengan ayam jago atau bentuk lain sesuka hati.
  • Masukkan uang koin atau uang kertas setiap hari jika ada sisa dari rejeki.
  • Simpan celengan yang tidak mudah di temukan orang lain (misal nya di bawah tanah)
  • Karena tidak ada yang menjamin uang kamu, silakan menyimpan celengan yang tidak bisa ditebak seorang pencuri bahkan orang lain dirumah.

Kesimpulan

1. Menabung di bank lebih aman tapi susah jika hidup dipedalaman dan sedang membutuhkan uang alias harus ke ATM atau Bank.

2. Menabung di celengan lebih mudah dalam menabung maupun mengambil uang kapan saja semau kita, tapi keamanan uang tidak ada yang menjamin.

3. Cara berhemat dengan menabung bisa kamu pilih antara menabung di bank atau di celengan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.