Daur Ulang: Cara dan Contoh Mengolah Sampah Limbah Plastik

Plastik adalah salah satu bahan kemasan yang sangat populer dan sering digunakan. Namun, kepopuleran plastik ini justru menjadi bahaya tersendiri bagi para manusia karena jika sudah dibuang, bahan ini sangat sulit untuk diurai. Karena itulah kita sebagai pengguna plastik harus menaruh perhatian lebih pada masalah ini, salah satunya adalah dengan melakukan daur ulang plastik yang sudah pernah kita gunakan.

Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang limbah atau sampah plastik ini mengacu pada menyimpan serta memproses ulang plastik tersebut sehingga menjadi produk lain yang memiliki kegunaan. Adapun cara mendaur ulang sampah plastik adalah sebagai berikut:

1. Kenali jenis plastiknya terlebih dahulu. Ini akan mempermudah Anda untuk melakukan penyortiran nantinya.

2. Jika sudah, mulailah menyortir sampah plastik yang Anda punya, bisa berdasarkan warna ataupun kandungan resinnya.

3. Setelah itu, mulailah membersihkan sampah-sampah plastik tersebut supaya Anda tidak lagi jijik untuk memegangnya dengan tangan secara langsung.

4. Jika diantara plastik-plastik tersebut masih ada yang bisa Anda gunakan, gunakan saja yang biasa disebut dengan teknik Reuse. Misalnya botol plastik bekas sabun, Anda bisa memakainya untuk menyimpan cairan sabun lagi ataupun cairan lainnya yang sebaiknya tidak ditujukan untuk konsumsi.

5. Tetapi jika Anda lebih tertarik untuk mengubah sampah-sampah tersebut menjadi bijih plastik, Anda bisa mengikuti tahapan-tahapan yang ada di bawah ini:

  • Pastikan plastik bersih dari berbagai kontaminer, entah itu kertas, plastik tipe yang lainnya ataupun sisa isi yang masih ada di dalamnya.
  • Untuk plastik yang berongga, seperti botol perlu dipipihkan terlebih dahulu, bisa dengan cara menginjaknya atau jika Anda punya Anda bisa menggunakan mesin pres saja.
  • Jika sudah, mulai masukkan plastik ke dalam mesin pencacah plastik supaya plastik-plastik tersebut berubah menjadi serpihan-serpihan yang lebih kecil.
  • Selanjutnya, lakukan pemisahan antara serpihan plastik yang ringan dengan serpihan plastik yang berat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan air ataupun mesin khusus. Tujuan pemisahan ini adalah untuk memastikan agar sampah plastik jenis yang satu dengan jenis yang lainnya tidak tercampur, karena masing-masing jenis plastik tersebut menghasilkan produk akhir yang juga tidak sama.
  • Setelah itu, cuci serpihan-serpihan plastik dengan menggunakan deterjen supaya tidak ada lagi kontaminan yang tersisa. Kemudian, gunakan mesin khusus untuk membedakan jenis resin plastik, lalu keringkan.
  • Setelah kering, lelehkan plastik tersebut untuk mempermudah membentuknya kembali. Bisa dibentuk menjadi bentuk yang baru ataupun dibentuk menjadi butiran-butiran plastik.

Baca Juga : Macam Macam Polusi, Penyebab Dan Dampak

Contoh Daur Ulang Sampah / Limbah Plastik

Cara daur ulang sampah plastik di atas mengharuskan Anda untuk membeli mesin-mesin yang diperlukan, dan jika dilihat, caranya memang sedikit ribet ya. Nah, kalau Anda tidak ingin melakukan hal yang seperti itu dalam pendaur ulangan ini, Anda bisa merubah sampah plastik tersebut langsung menjadi benda-benda lain yang sangat berguna, contohnya:

  1. Tempat pensil dari botol plastik
  2. Book organizer dari jerigen plastik bekas
  3. Celengan dari botol plastik bekas
  4. Pot untuk menanam tanaman dari botol plastik yang berukuran besar
  5. Dompet kecil biasanya dibuat dari 2 buah bagian bawah botol plastik yang disatukan dengan resleting
  6. Tempat lilin dari botol plastik
  7. Wadah aksesoris dari botol plastik
  8. Tirai dari botol plastik atau bekas gelas minuman plastik
  9. Peredam suara
  10. Tempat makan hewan peliharaan
  11. Kanopi tempat parkir kendaraan
  12. Lampion
  13. Tas dari plastik kemasan



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.