Contoh Paragraf Persuasi : Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan dan Agama

Paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya mengajak setiap orang atau berusaha untuk menarik perhatian orang banyak yang isinya adalah sesuatu yang bertujuan dalam mengajak pembaca untuk melakukan suatu hal tertentu contohnya dalam bidang kesehatan bagaimana caranya mengajak setiap orang untuk hidup sehat.

Persuasif harus disajikan dengan isi dan cara yang menarik agar orang-orang yang membaca isi paragraf tersebut hatinya tergerak untuk melakukan apa yang telah diminta. Persuasif juga dimanfaatkan untuk kepentingan propaganda terhadap sesuatu. Isi dari paragraf persuasif ini juga biasanya berdasarkan pengalaman dari si penulis paragraf itu sendiri.

Macam Contoh Paragraf Persuasi Lengkap :

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Kesehatan

– Menerapkan Jalan Kaki Sebagai Gaya Hidup Sehat

Jalan kaki adalah bagian dari membiasakan hidup sehat tanpa melakukan olahraga yang berat, tetapi masih banyak orang yang meragukan manfaat dari jalan kaki di kehidupan sehari-hari. Padahal bagi sebagian orang jalan kaki menjadi kebiasaan atau rutinitas tertentu, misalnya jalan dari rumah ke depan komplek, atau jalan dari rumah ke sekolah, ke tempat kerja, ke kampus, ke warung, dan sebagainya. Olahraga yang ringan ini memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh kita, bahkan menurut salah satu penelitian berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 40%.

Hal ini disebabkan dengan berjalan kaki maka detak jantung kita akan lebih cepat berdetak lebih kencang dari biasanya sehingga jantung pun menjadi lebih kuat dan sirkulasi darah bisa meningkat dengan baik. Bukan hanya itu, ternyata berjalan kaki dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena berjalan kaki menuntut orang untuk bergerak secara konstan yang mengakibatkan jumlah lemak dan kolesterol pun berkurang. Maka, biasakanlah kegiatan berjalan kaki ini setiap hari minimal selama 30 menit agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit.

– Pentingnya Sarapan Di Pagi Hari

Banyak orang yang sering melewatkan sarapan di pagi hari karena merasa tidak sempat karena harus buru-buru berangkat kerja atau sekolah, atau karena merasa belum lapar dan tidak terbiasa makan di pagi hari. Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari, jika kita kekurangan asupan makanan di pagi hari maka tubuh akan kekurangan tenaga di siang hari ketika kita melakukan aktivitas.

Jika kebiasaan tidak sarapan pagi ini dibiarkan terus menerus maka tubuh akan mudah lelah di pagi hari dan tidak bertenaga saat melakukan aktivitas di siang hari. Pekerjaan yang kita lakukan pun tidak akan maksimal, hal ini tentu akan sangat mengganggu. Itulah sebabnya sarapan di pagi hari menjadi bagian penting di hidup kita, asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sayuran, buah-buahan, atau bubur gandum bisa menjadi pilihan sarapan anda di pagi hari.

Jika anda mulai melakukan sarapan di pagi hari usahakan porsi makanannya tidak banyak, karena jika terlalu banyak malah akan menimbulkan kantuk. Jadi sarapan pagi secukupnya yang penting perut anda tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Selain itu karena asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi dengan baik maka tubuh pun menjadi lebih sehat. Biasakanlah sarapan terlebih dahulu di pagi hari, anggaplah itu merupakan hal yang wajib anda lakukan di pagi hari agar lama kelamaan anda pun terbiasa mengisi perut sebelum memulai aktivitas.

Karena banyak juga contoh orang-orang yang tidak sarapan pagi sehingga terserang sakit karena kelelahan. Jika kita tidak sarapan pagi, asupan darah yang mengalir ke otak juga akan berkurang sehingga membuat kita sulit berkonsentrasi. Inilah dampak buruk dari tidak sarapan pagi, anda akan mudah sakit karena daya tahan tubuh pun berkurang. Jika anda beralasan sedang terburu-buru sehingga tidak sempat sarapan maka bawalah sarapan anda dan dapat anda makan di jalan menuju kantor, sekolah atau kampus. Yang terpenting adalah anda tidak melupakan sarapan dan tidak kekurangan energi saat melakukan kegiatan apapun.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Iklan

Sabun mandi adalah benda yang kita gunakan saat mandi yang tujuannya untuk membersihkan tubuh dari segala jenis kotoran yang menempel selama melakukan kegiatan setiap harinya. Tetapi apakah anda tahu bahwa sabun mandi memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Karena bahan-bahan yang terkandung di dalam sabun mandi biasanya terdiri dari beberapa zat kimia yang berbahaya yang dapat mencemari lingkungan kita. Zat kimia yang terkandung di dalam sabun mandi yang kita pakai akan mengenai air atau tanah maka tanah dan air tersebut bisa terkena pencemaran lingkungan. Tapi anda tak perlu khawatir lagi dengan hal itu karena kini anda sudah bisa menggunakan sabun yang tidak akan mencemari lingkungan.

Sear Soap adalah salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya. Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan sear soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga aman digunakan baik untuk tubuh anda maupun untuk lingkungan anda. Sear soap ini adalah salah satu produk asli Indonesia yang memiliki harga cukup terjangkau. Jadi mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvesional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih. Sear soap kini bisa didapatkan di supermaket atau di beberapa pasar tradisional sehingga anda tak perlu sulit mencari. Sear soap, sabun yang ramah lingkungan dan menyehatkan.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Lingkungan

– Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

Salah satu alasan mengapa lingkungan di sekitar kita bisa tercemar adanya masih banyaknya limbah rumah tangga yang sering kali dibuang begitu saja di sembarang tempat. Jumlah limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah serius yang seharusnya dipecahkan bersama cara penanggulangannya. Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan.

Limbah itu sendiri bisa berasal dari mana saja, aktivitas yang kita lakukan setiap hari pasti menghasilkan limbah rumah tangga yang ternyata dampaknya buruk untuk lingkungan karena bisa terjadi pencemaran. Macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu diantaranya yaitu sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa-sisa makanan, atau sisa sayuran yang telah diolah, dan lain sebagainya. Bukan itu saja barang-barang bekas seperti kardus atau alat-alat elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai juga bisa menjadi beberapa macam limbah rumah tangga. Maka jika barang-barang tersebut dibuang dengan sembarangan maka bertambah lagi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga ini.

Ada 2 cara untuk menanggulangi limbah rumah tangga ini yaitu dengan cara memakai barang-barang yang ramah lingkungan misalnya dengan mendaur ulang sebagian limbah rumah tangga yang kita hasilkan. Cara yang pertama ini dikhususkan untuk beberapa limbah rumah tangga seperti sabun mandi, sampo, deterjen, sabun cuci piring, dan lain-lain. Karena jenis limbah rumah tangga itulah yang memiliki zat kimia yang berbahaya yang dapat mencemari lingkungan maka agar pencemaran lingkungan bisa kita cegah maka kita bisa beralih ke sabun mandi yang lebih ramah lingkungan misalnya.

Cara berikutnya yang bisa kita lakukan dalam mencegah pencemaran lingkungan adalah dengan mendaur ulang beberapa jenis limbah rumah tangga seperti sisa-sisa sayuran atau alat elektronik yang sudah tidak terpakai. Sisa-sisa sayuran tersebut bisa kita olah kembali menjadi pupuk kompos yang berguna untuk pertumbuhan tanaman di pekarangan rumah kita. Kemudian alat elektronik yang sudah tak terpakai tadi bisa anda daur ulang kembali dengan mengolahnya kembali menjadi barang-barang yang lebih berguna.

Cara-cara yang telah disebutkan tadi akan membantu kita dalam mencegah pencemaran lingkungan serta meminimalisir jumlah limbah rumah tangga di lingkungan kita. Maka kita pun akan lebih bijak dalam menggunakan segala jenis barang di rumah tangga agar hasil limbah tersebut nantinya tidak merusak lingkungan.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Pendidikan

– Mari Kita Lebih Giat Belajar

Pro dan kontra tentang pengadaan UN (Ujian Nasional) di setiap sekolah yang menjadi penanda kelulusan setiap siswa masih saja berkembang hingga saat ini. bagi mereka yang kontra menganggap bahwa rasanya tidak adil jika hasil belajar selama 3 tahun di sekolah atau 6 tahun di sekolah dasar hanya ditentukan dari UN saja yang berlangsung hanya selama 3 hari. Dampak negatif dari UN ini adalah banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh belajar di sekolah karena mereka hanya fokus pada UN saja.

Fenomena ini malah memunculkan suatu paradigma SKS atau sistem kebut semalam bagi para siswa yang hanya belajar dengan benar pada saja musim ujiannya saja. Di tahun 2008 akhirnya pemerintah mengeluarkan peraturan yang isinya sekolah tetap harus mencantumkan nilai rapor setiap siswa di ujian akhir. Dengan kata lain nilai rapor siswa juga menjadi bagian dari syarat atau kriteria kelulusan para siswa di sekolah.

Hal ini jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan UN saja, karena akhirnya siswa dan siswi di sekolah mau merubah cara belajar mereka dengan tetap fokus pada pembelajaran di sekolah setiap harinya. Agar nilai rapot mereka mendapat nilai yang bagus ditunjang dengan nilai UN, sehingga syarat kelulusan siswa siswi ini bisa tercapai dengan mudah. Maka dari itu, kita harus mulai untuk belajar sedini mungkin untuk mempersiapkan UN agar kita dapat mengerjakan soal ujian dengan baik dan menambah pemahaman kita akan setiap materi yang sudah diberikan oleh guru di sekolah.

Belajar dengan teratur dan mengurangi sedikit jam main bisa membantu kita untuk memperbaiki nilai-nilai yang kurang baik di sekolah. Bagi para siswa menengah ke atas belajar dengan tekun dan giat menjadi hal yang sangat penting karena nilai ujian nanti bukan hanya sebagai penentu kelulusan tetapi sebagai kriteria lain untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada beberapa kriteria yang menentukan lulus atau tidaknya kita di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) nanti yaitu nilai rapor yang baik, nilai mata pelajaran yang berhubungan dengan jurusan yang kita ambil, serta konsistensi peringkat di dalam kelas.

Mengingat tujuan belajar itu maka dibutuhkan usaha yang keras dan tekun selama kita sekolah bukan lagi sistem kebut semalam yang tidak baik dilakukan pada saat ujian akhir. Marilah kita mulai giat belajar sedini mungkin karena tidak ada kata terlambat, yang ada hanyalah penyesalan di kemudian hari.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Agama Islam

– Shalat Adalah Tiangnya Agama Islam

Shalat merupakan salah satu ritual yang harus dilakukan oleh seseorang yang beragama islam, shalat juga dianggap sebagai tiangnya agama yang sifatnya wajib. Maksud dari hadist yang menyebutkan bahwa shalat adalah tiang agama adalah dengan melakukan shalat maka pondasi agama kita akan semakin kokoh, serta keimanan kita sebagai seorang manusia akan semakin bertambah. Maka dari itu kita harus selalu melaksanakan shalat tanpa terkecuali.

Shalat juga menjadi rukun islam yang ke-2 setelah syahadat, itu artinya shalat adalah bagian penting dari agama islam. Karena ketika nanti kita dihisab, shalat menjadi amalan pertama di akhirat nanti itu sebabnya orang yang sering meninggalkan shalat akan mendapat dosa besar dari Allah Subhanallahu Wataala. Karena jika kita meninggalkan shalat maka kita akan mendapat shalat dan kehilangan pahala.

Setelah kita mengetahui pentingnya shalat dan bagaimana ganjarannya jika kita meninggalkan shalat maka kita harus segera mendirikan shalat. Meluangkan waktu dari segala kegiatan yang sedang kita lakukan untuk melaksanakan shalat sebentar saja tidak akan merugikan kita. Justru kita harus mendahulukan ibadah kita pada Allah, dibanding kepentingan lainnya di dunia. Jadikan shalat yang kita lakukan ini sebagai salah satu cara untuk mempertebal iman kita.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.