Double Foot Switch - IP66 - With Cover - Metallic
Sumber Gambar : se.com



Dengan teknologi yang berkembang pesat, tentu banyak sekali mesin yang bermunculan dan jenis mesin semakin bervariasi, sehingga penggunaannya berbeda-beda. Untuk mempermudah penggunaan mesin, tentu ada berbagai cara yang bisa dilakukan dan cara utamanya dengan menggunakan Foot Switch atau saklar injak.

Dalam dunia industri, tentu penggunaan saklar bukanlah perkara yang asing dan ada berbagai jenis saklar yang sudah populer. Foot switch biasanya mempermudah kerja operator mesin, karena kerja alat ini sangatlah otomatis. Foot switch bisa diinjak dengan menggunakan kaki kiri atau kanan, sehingga bisa dipakai sesuai keinginan.

A. Pengertian Foot Switch

Foot Switch atau saklar injak yaitu sebuah alat yang dirancang khusus untuk mematikan stsu menghidupkan sebuah alat secara otomatis dan alat tersebut dipakai menggunakan kaki. Foot Switch biasanya terbuat dari besi, sehingga kuat untuk di injak dan pada bagian tengah bisanya memiliki poros, sehingga mudah untuk di injak ke kiri atau kanan.

Foot Switch juga biasanya dilengkapi dengan pijakan di bagian kiri dan kanan, hal ini membuat Foot Switch tidak akan licin saat di injak. Pada bagian dalamnya biasanya ada micro switch yang berguna sebagai pengontak atau terminal dalam upaya perkabelan. Pada bagian body Foot Switch, akan ditemukan 2 buah lubang untuk conector atau jalur masuknya kabel.

B. Cara Kerja Foot Switch

Foot Switch akan bekerja saat mendapatkan tekanan dari kaki, maka bagian poros akan bergerak ke dalam dan micro switch akan bekerja. Selama alatnya masih tertekan dengan kaki, maka alat tersebut akan berjalan. Micro switch kebanyakan punya kapasitas beban 5 ampere untuk bisa dihubungkan dengan perangkat listrik.

C. Penggunaan Foot Switch

Penerapan Foot Switch memang sangatlah beragam, karena sesuai dengan kebutuhan mesinnya. Contoh penerapannya yaitu untuk gerakan mesin conveyer secara maju atau mundur, untuk gerakan mesin pusher atau penekan dan gerakan mesin roll ke arah depan atau belakang. Dengan Foot Switch, kinerja suatu alat menjadi lebih efektif. 

D. Perawatan Foot Switch

Semua peralatan memang harus dirawat supaya bisa bekerja optimal dan tahan lama. Apalagi dengan perawatan rutin, tentu alat akan berguna jangka panjang. Perawatan yang paling penting adalah bersihkan alat dari debu atau kotoran, berikan pelumas di bagian poros untuk cegah kerja alat macet dan selalu periksa kondisi micro switchnya.

E. Desain Foot Switch

Foot Switch memiliki desain yang minimalis, sehingga sangat mudah untuk di injak dan dengan desain yang kecil, memudahkan untuk disimpan. Meskipun kecil, Foot Switch memiliki peranan yang sangat penting. Foot Switch biasanya dilengkapi juga dengan kabel untuk jalan aliran listrik. Foot Switch juga memiliki desain yang variatif, karena bahan pembuatannya berbeda-beda.

F. Keamanan Foot Switch

Foot Switch merupakan peralatan yang membutuhkan energi listrik untuk dapat bekerja dan alat ini telah dilengkapi sistem keamanan berkualitas, sehingga menghindarkan pengguna dari sengatan listrik. Ketika kaki melakukan pijakan, maka alat yang tertekan akan bekerja secara otomatis.

G. Bahan Pembuatan Foot Switch

Alat saklar injak biasanya terbuat dari bahan plastik, sehingga anti slip. Bahan plastik juga sangat enak untuk di injak, karena tidak membuat kaki menjadi sakit. Foot Switch yang sangat erat kaitannya dengan aliran listrik, sehingga bahannya harus bisa menghantarkan listrik dengan baik.

Foot Switch juga ada yang terbuat dari besi atau alumunium. Foot Switch yang berbahay alumunium biasanya memiliki harga yang lebih tinggi, sehingga sering dianggap lebih berkualitas dan aman. Meskipun memiliki desain berbeda, namun Foot Switch memiliki kegunaan yang sama dan untuk memperoleh Foot Switch sangatlah mudah, karena banyak tersedia di toko elektronik.

H. Keuntungan Menggunakan Foot Switch

Dengan menggunakan Foot Switch, maka kerja tangan menjadi lebih ringan dan tangan bisa fokus dengan pekerjaan lain, sedangkan kaki dipakai untuk menekan pedal injak. Contohnya ketika anda melakukan kegiatan menjahit, maka anda akan banyak menggunakan tangan dan kaki biasanya dipakai untuk menginjak pedal saklar.

I. Contoh Penggunaan Foot Switch Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Mesin Jahit

Mesin jahit merupakan salah satu peralatan yang sangat familiar, karena sering dipakai untuk membuat pakaian atau celana. Semua yang terbuat dari kain, pasti akan memakai mesin jahit untuk membentuknya. Kini dengan perkembangan jaman, muncul berbagai mesin jahit modern dan sudah mengandalkan aliran listrik untuk bisa dipakai.

Penggunaan Foot Switch memang sangatlah beragam dan salah satunya yaitu untuk mesin jahit. Menjahit memang kegiatan yang sangat familiar sejak jaman dulu dan kegiatan menjahit dilakukan untuk menghasilkan berbagai jenis barang. Dulu kegiatan menjahit hanya menggunakan mesin jahit konvensional, karena tidak menggunakan aliran listrik dan kekuatan kaki menjadi penopang terbaik saat menjahit.

Untuk menjahit dengan intensitas tinggi, tentu pedal harus di injak dengan cepat. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini bermunculan mesin jahit listrik yang sudah menggunakan saklar injak untuk mematikan tau menghidupkan mesin. Dengan pengontrol yang memiliki aliran listrik, maka kerja menjadi lebih ringan. Mesin jahit bisa dihidupkan atau dimatikan dengan menggunakan pedal injak atau saklar injak.

2. Lift Stasiun LRT

Lintas Real Terpadu atau LRT merupakan angkutan cepat dengan teknologi kereta api ringan dan di Indonesia, LRT sudah mulai beroperasi di Jakarta. Dengan LRT, maka anda tidak perlu terkena macet dan bepergian menjadi lebih cepat. LRT juga menghubungkan kota Jakarta dengan berbagai kota di sekitarnya seperti bogor, depok dan bekasi.

Teknologi Foot Switch juga diterapkan untuk LRT dan penerapannya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Dengan menggunakan kaki, maka penumpang tidak langsung menyentuh dengan tangan. Teknologi ini diterapkan di stasiun pegangsaan dengan memanfaatkan tombol lift, sehingga tidak perlu lagi menggunakan tangan untuk pindah lantai.

Tombol lift menjadi salah satu alat yang banyak menyebarkan virus, karena tombol di pegang siapa saja. Penerapan saklar injak dianggap sangat efektif untuk menguranggi dan memperkecil peluang virus menyebar. Penerapan teknologi baru ini sangat mudah, karena fungsi dasarnya sama dengan tombol lift dan perbedaan hanya terlihat dari bentuknya saja.

3. Motor

Motor merupakan alat transportasi yang sudah populer sejak dulu dan dengan motor, bepergian menjadi lebih simpel. Motor juga sangat efektif dipakai di berbagai jenis jalan, sehingga motor menjadi kendaraan yang sangat bermanfaat. Warga jakarta yang selalu terkena macet sangat efektif untuk menggunakan motor.

Untuk membeli motor menjadi lebih mudah, karena sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan kredit. Banyak juga promo yang disediakan dengan dp ringan, bunga murah dan berbagai promo lainnya. Motor juga terus dikembangkan, sehingga kualitasnya semakin bertambah dari waktu ke waktu. Pilihan motor juga lebih banyak, sehingga sangat menguntungkan para pengguna.

Keselamatan dalam berkendara merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan, sehingga banyak fitur penunjang yang diterapkan untuk menambah kualitas keamanan kendaraan. Motor menjadi salah satu kendaraan yang menerapkan sistem Foot Switch. Dengan fitur modern yang diterapkan, maka motor sangat disukai masyarakat Indonesia.

Standar motor menjadi penerapan Foot Switch yang sangat efektif. Motor tidak akan hidup, apabila standarnya masih terbuka dan saat standar sudah di naikkan, maka motor sudah bisa dihidupkan. Dengan sistem otomatis, maka berkendara menjadi lebih aman. Ketika lupa menaikkan standar motor, maka motor tidak akan bisa nyala dan tidak akan membahayakan keselamatan.

4. Gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sering dipakai untuk bernyanyi. Hanya dengan gitar musik bisa berjalan, sehingga peranan gitar sangatlah penting. Cara penggunaan gitar yang paling utama adalah dipetik. Meskipun terlihat mudah, namun memakai gitar sangat sulit untuk sebagian orang. Jenis gitar juga sangatlah bervariasi, sehingga tidak mudah untuk pelajari gitar.

Kini banyak juga giataris handal yang membuka kursus gitar untuk para pemula. Dengan perkembangan jaman, penggunaan gitar juga lebih berkembang. Gitar menjadi alat musik yang menggunakan Foot Switch. Gitar listrik menjadi jenis gitar yang memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan dengan gitar biasa atau gitar tanpa listrik. 

Gitar listrik merupakan jenis gitar yang mengubah bunyi menjadi arus listrik dan akan lebih kuat dengan penggunaan amplifier dengan loud speaker. Dulunya gitar listrik hanya dipakai oleh gitasris musik jazz, namun kini dipakai untuk semua jenis musik. Dengan gitar listrik, maka musik bisa diciptakan lebih bagus dan profesional.

Semua penampil panggung seperti band atau penyanyi solo, pasti menggunakan gitar sebagai alat musik yang utama. Bahkan banyak sekali penyanyi solo yang hanya menggunakan gitar saat bernyanyi seperti Iksan Skuter, Budi Doremi dan masih banyak penyanyi lainnya.

J. Contoh Foot Switch yang Populer

1. Foot Switch XPER110

XPER110 merupakan salah satu jenis saklar kaki yang dipakai dengan satu kaki dan Foot Switch ini terbuat dari bahan logam. XPER110 biasanya memiliki warna orange, sehingga memiliki warna yang terlihat mencolok dan saklar kaki ini memiliki tingkat perlindungan IP66.

2. Foot Switch XPEB310

XPEB310 adalah saklar kaki berbahan plastik yang diproduksi oleh Schneider Electric dan penggunaan saklar kaki ini sangat penting untuk mesin yang memiliki tegangan tinggi. Dengan kualitas yang bagus, maka saklar ini sangat laku di Indonesia.

3. Foot Switch XPEM111

XPEM111 menjadi saklar kaki tunggal yang diluncurkan oleh Schneider Electric dan saklar ini memiliki warna biru. Saklar kaki ini terbuat dari bahan logam dan desain saklar kaki ini tanpa menggunakan penutup.

4. Foot Switch XPEM410

XPEM410 yaitu saklar kaki untuk penggunaan satu kaki dan saklar ini berbeda dengan jenis saklar XPEM111, karena saklar ini dilengkapi dengan penutup. Warna saklar kaki ini biru dan terbuat dari bahan metalik.

5. Foot Switch XPEB110

XPEB110 menjadi saklar kaki yang terbuat dari bahan plastik dan saklar kaki ini memiliki warna biru. XPEB110 juga menjadi saklar satu kaki yang bentuknya tanpa penutup.

6. Foot Switch XPEM3110D

XPEM3110D merupakan salah satu jenis saklar kaki ganda yang memiliki desain menarik dan saklar ini berwarna biru. Saklar kaki ini terbuat dari bahan metalik yang menggunakan penutup, sehingga lebih aman untuk dipakai.

7. Foot Switch XPER3100D

XPER3100D adalah saklar kaki ganda yang berwarna orange dan saklar kaki ini terbuat dari bahan metalik. XPER3100D memiliki desain yang menggunakan penutup.

8. Foot Switch XPEM3110D

XPEM3110D menjadi saklar kaki ganda yang terbuat dari bahan metalik dan saklar ini berwarna biru. XPEM3110D juga memiliki desain yang unik dan dilengkapi dengan penutup.

9. Foot Switch XPER510

XPER510 merupakan saklar satu kaki yang terbuat dari bahan metalik dan saklar ini sudah dilengkapi dengan penutup. XPER510 berwarna orange, sehingga memiliki tampilan yang sangat menarik.

10. Foot Switch XPEB111

XPEB111 merupakan saklar kaki berwarna biru dan terbuat dari bahan plastik. XPEB111 sudah dilengkapi dengan penutup, sehingga menjadi saklar satu kaki yang memiliki kualitas baik.

11. Foot Switch XPEM110

XPEM110 menjadi saklar kaki yang sudah dilengkapi dengan cover penutup dan saklar satu kaki ini terbuat dari bahan metalik, sehingga memiliki tampilan yang keren. XPEM110 berwarna biru muda.

12. Foot Switch XPEM211

XPEM211 merupakan saklar satu kaki berwarna biru yang telah dilengkapi dengan penutup dan XPEM211 terbuat dari bahan metalik.

Demikian ulasan singkat mengenai Foot Switch dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.