Home Pengetahuan Alam Efek Samping Dan Manfaat Jamur Merang Bagi Manusia

Efek Samping Dan Manfaat Jamur Merang Bagi Manusia

Efek Samping Dan Manfaat Jamur Merang Bagi Manusia

Jamur adalah salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan. Akan tetapi, tidak semua jamur bisa dimakan. Ada banyak jamur yang terlihat menarik tetapi justru sangat beracun. Sedangkan yang ditemukan di pasar adalah jamur yang bisa dimakan atau dikonsumsi. Salah satu jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur merang.

Jamur merang, yang memiliki nama latin Volvariella volvacea dan nama ilmiahnya yaitu Agaricus, merupakan salah satu spesies jamur pangan. Jamur ini biasa dibudidayakan di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis dan subtropis. Nama merang sendiri diambil dari bahasa Tionghoa.

Jamur merang mengandung banyak sekali gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Dalam setiap 100 gramnya, jamur merang mengandung vitamin B1 sebanyak 0,15 mg, vitamin B2 sebanyak 0,75 mg, vitamin C sebanyak 12,40 mg. Selain vitamin, jamur merang juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, abu, dan juga serat. Mineral yang dikandung dalam 100 gram jamur merang antara lain besi sebanyak 1,9 mg dan fosfor sebanyak 17 mg. Selain mengandung besi dan fosfor, jamur merang juga mengandung mineral lain seperti asam folat, kalium, dan juga tembaga.

Jamur merang memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh jamur merang adalah sebagai berikut.

Manfaat Jamur Merang Bagi Manusia :

  1. Mengandung Kolesterol YangΒ  Rendah

Jamur merang mengandung lebih banyak protein. Dalam 100 gram jamur merang, hanya terkandung 0,17 % lemak. Lemak inipun tidak mengandung lemak jahat. Protein tadi juga berguna untuk membakar kolesterol di dalam sistem pencernaan.

  1. Aman Untuk Penderita Diabetes

Jamur merang mengandung insulin alami yang baik bagi penderita diabetes. Jamur ini juga rendah karbohidrat dan lemak. Jamur merang dapat memperbaiki fungsi hari, pankreas, serta kelenjar endokrinal lain sehingga mampu meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Kandungan antibiotik pada jamur merang juga mampu menghindari infeksi akibat luka pada penderita diabetes.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Jamur merang mengandung beta-glukan dan asam linoleat. Beta-glukan ini akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat karena mengandung selenium yang efektif menghambat sel kanker. Sedangkan asam linoleat dapat menurunkan efek hormon estrogen. Hormon estrogen yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker payudara. Sehingga asam linoleat dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker payudara.

  1. Baik Untuk Diet

Jamur merang mengandung kadar protein yang cukup tinggi yaitu 5,94 % setiap 100 gramnya. Selain itu, jamur merang juga tidak mengandung lemak jahat. Kadar protein ini bermanfaat untuk membakar lemak. Serat yang dikandung dalam jamur merang juga baik untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, kadar karbohidrat jamur merang juga tergolong rendah. Sehingga jamur merang cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet.

  1. Mampu Memperkuat Tulang

Kadar kalsium yang tinggi pada jamur merang sangat baik untuk memperkuat susunan tulang. Vitamin D yang dimiliki oleh jamur merang juga semakin membuat jamur ini bermanfaat untuk memperkuat tulang. Selain itu, jamur merang juga baik untuk masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan jamur merang mengandung protein yang tinggi. Kadar protein inilah yang digunakan untuk pertumbuhan.

  1. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah merah. Salah satu penyebab penyakit anemia adalah tubuh kekurangan zat besi. Jamur merang mengandung cukup banyak zat besi yaitu 1,9 mg tiap 100 gramnya. Mengonsumsi secara rutin jamur merang dapat menurunkan risiko terserang penyakit anemia.

  1. Baik Untuk Jantung

Kandungan kalium yang tinggi pada jamur merang mampu menjaga fungsi pembuluh darah agar tetap normal. Akibatnya jantung juga akan tetap berfungsi secara normal. Ditambah lagi tembaga yang dikandung dalam jamu merang yang bersifat antibakteri yang mampu melindungi organ tubuh dari serangan bakteri penyakit.

  1. Mampu Menangkal Radikal Bebas

Selenium yang terkandung dalam jamur merang dapat membantu untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi sebesar 12,40 mg juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

  1. Cocok Untuk Vegetarian

Kandungan protein yang dimiliki oleh jamur merang dapat menggantikan kebutuhan protein tubuh. Umumnya protein bisa didapatkan dari hewan, tetapi untuk vegetarian dapat diperoleh dengan mengonsumsi jamur merang. Kandungan protein jamur merang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Sekian banyak manfaat yang diperoleh dari jamur merang, apakah jamur merang memiliki efek samping ? Mengonsumsi jamur merang secara normal tidak akan menimbulkan efek samping. Akan tetapi, apabila mengonsumsi secara berlebihan akan mendatangkan penyakit. Kandungan fosfor yang sangat tinggi yaitu mencapai 17 mg dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan fosfor pada pembuluh darah sehingga pembuluh menjadi sempit dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Mengonsumsi jamur merang harus sesuai kebutuhan. Meskipun banyak sekali manfaatnya, tetapi jangan sampai diluar batas normal. Sesuatu yang berlebihan justru akan menyebabkan timbulnya penyakit yang tidak diinginkan.

No ratings yet.

Please rate this