Karya Ilmiah : Pengertian, Klasifikasi dan Ciri Ciri

Ciri ciri karya ilmiah beserta penjelasan lengkap – Karya ilmiah saat ini menjadi hal yang familiar di kalangan mahasiswa dan olimpiade olimpiade nasional. Hal tersebut disebabkan karena di Indonesia mulai banyak yang sadar bahwa karya ilmiah memiliki fugsi penting dalam mengetahui kerangka pemikiran dan alur pikiran seseorang pada bidang tertentu. Bidang yang dimaksud adalah sains, sosial, bahasa atau di bidang bidang lainnya yang umumnya karya ilmiah bersifat formal (menggunakan bahasa baku) dan menggunakan kaidah – kaidah penulisan yang baik dan benar.

Banyak yang belum tahu pengertian karya ilmiah secara baik menurut KBBI. Nah, pengertian karya ilmiah menurut KBBI adalah sebuah hasil pekerjaan atau rekayasa dari sebuah ciptaan atau pemikiran. Karya ilmiah dianggap merupakan sebuah perbuatan, atau rekayasa bersifat ilmu pengetahuan yang bisa bermanfaat untuk kepentingan keilmuan.

Manfaat Karya Ilmiah

Karya ilmiah memiliki banyak fungsi, tujuan dan manfaat. Selain itu karya ilmiah dapat dipakai untuk referensi dalam melakukan inovasi penelitian dan bisa digunakan sebagai acuan referensi dalam membuat sebuah penelitian yang Anda lakukan.

Berdasarkan sumber penulisan, karya ilmiah bisa kira klarifikasi menjadi dua yaitu karya ilmiah fiksi dan non fiksi. Karya ilmiah fiksi merupakan penulisan yang bersumber dari imajinasi atau fantasi. Sedangkan karya ilmiah fiksi merupakan karya ilmiah yang bersumber dari realita, hasil penelitian dan juga pemahaman penulisan dalm menyikapi suatu hal.

Pengklasifikasian Karya Ilmiah

Dalam karya ilmiah bisa kita bagi menjadi dua yaitu

1. Karya ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat khusus (profesional) yang memiliki sifat ilmiah tinggi. Pada selanjutnya kita sebut ini dengan karya ilmiah

2. Karya ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat umum (khalayak umum) dan ini biasa disebut dengan karangan ilmiah populer.

Seperti yang kita ketahui semua orang berhak dalam membuat sesuatu yang baik dan tidak melanggar hukum, begitupun dengan karya ilmiah dapat ditulis oleh semua orang baik yang berprofesi sebagai guru, dosen, pengawas dan lain lain. Sebuah karya bisa dikatakan ilmiah jika karya itu memiliki ciri ciri ilmiah. Lalu apa saja ciri ciri karya ilmiah ?

Ciri Ciri Karya Ilmiah

Dalam karya ilmiah memuat 4 ciri yang telah berhasil saya rangkum menjadi list dibawah ini. Berikut ini adalah ciri ciri karya ilmiah.

1. Objektif

Disebut karya ilmiah karena memiliki ciri pertama yakni objektif. Keobjektifan pada karya ilmiah bisa tampak pada setiap fakta dan data yang diungkapkan berdasarkan kenyataan yang sebenar benarnya. Dengan kata lain data objektif disini adalah tidak memanipulasi data yang ada, tidak menambahi atau mengurangi data.

Setiap simpulan atau pernyataan yang dimuat dalam karya ilmiah berdasarkan bukti bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Itu berarti setiap orang dapat mengecek keberadaan bukti tersebut di lapangan secara langsung.

2. Logis

Karya ilmiah memiliki ciri logis yang bisa Anda lihat dari pola nalar yang dibangun dalam karya ilmiah. Pola nalar yang dimaksud adalah pola nalar induktif atau pola nalar deduktif. Jika maksudnya ingin menyimpulkan suatu fakta atau data dapat menggunakan pola induktif. Jika sebaliknya, ingin membuktikan suatu teori atau hipotesis bisa menggunakan pola deduktif.

3. Sistematis

Ciri karya ilmiah yang ketiga adalah sistematis. Sebuah karya ilmiah dapat dikatakan sistematis apabila mengikuti pola pengembangan tertentu. Pola pengembangan yang dimaksud adalah seperti pola urutan, klasifikasi, kasualitas dan lain sebagainya. Dengan cara ini, pembaca akan dapat mengikuti dengan mudah alur uraian sebuah karya ilmiah.

4. Netral

Netral merupakan ciri karya ilmiah terakhir dan ini merupakan ciri paling penting. Sebuah karya ilmiah harus netral. Kenetralan suatu karya ilmiah dan dilihat pada setiap pernyataan atau penilaian bebas dan pada kepentingan kepentingan tertentu. Baik kepentingan pribadi atau kelompok semuanya ditulis secara netral. Oleh karena itu, karya ilmiah yang terdapat pernyataan membujuk da memengaruhi pembaca harus dihindari.

Karya ilmiah juga memiliki ciri ciri karya tulis berdasarkan kriteria penulisan. Nah, berikut adalah ciri karya ilmiah berdasar pada kriteria penulisan dikarenakan karya ilmiah bersifat formal.

  • Menggunakan rumusan teori sebagai dasar pemikiran
  • Memuat pembahasan yang jelas dan tidak mengandung miss interpretasi bagi pembaca
  • Memuat kerangka rumusan atau skema tulisan agar dapat dipahami dengan mudah.
  • Menggunakan bahasa yang efektis
  • Bersifat intitusi formal dengan objektifitas tinggi, memuat fakta bukan sekedar opini.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.