Artikel Definisi, Ciri Ciri, Tujuan dan Macam Jenis

Sering kali kita membaca berbagai artikel di internet, media sosial, Koran, atau media lainnya. Tapi masih banyak juga yang belum memahami apa itu artikel. Sederhananya, artikel merupakan suatu karya tulis berdasarkan fakta atau sumber yang akurat dengan dikombinasi dengan hasil pemikiran atau opini penulis yang masuk logika.

Jadi, bisa dikatakan bahwa artikel adalah suatu karya tulis yang bersifat actual dan opini terhadap suatu masalah hingga menjadi topic utama. Tujuan umum dari artikel sendiri adalah untuk mendidik, mempengaruhi, meyakinkan, memberitahu, hingga menghibur dan dipublikasikan ke media baik cetak maupun online. Sehingga berita yang sering beredar di surat kabar pun juga salah satu bentuk artikel dengan manfaat untuk menyampaikan berita. Tulisan pada artikel itu sendiri disampaikan kepada masyarakat umum.

Ciri-Ciri Artikel

Ada ciri-ciri artikel yang perlu kita ketahui, karena hal tersebut dapat berguna, ketika kita mendapat tugas untuk mengerjakan artikel. Berikut adalah beberapa ciri-ciri artikel.

  • Isi artikel harus bersifat actual alias berdasarkan fakta. Jadi, artikel harus berdasarkan sumber yang terpercaya, sehingga bisa kita pertanggungjawabka kepada khalayak umum.
  • Metode penulisan yang digunakan pada artikel adalah bersifat tepat dan sistematis. Artinya, tulisan dengan metode tersebut dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah, sehingga informasi pun dapat tersampaikan kepada pembaca.
  • Bersifat informative tentu sifat yang perlu dimiliki oleh artkiel. Itu sebabnya kenapa artikel harus bersifat actual dan sumber yang terpercaya.
  • Bahasa formal merupakan salah satu ciri dari suatu artikel. Karena yang mengkonsumsi adalah masyarakat umum, sehingga menggunakan bahasa baku, kecuali artkel featured yang akan dijelaska nanti.
  • Mengundang opini mungkin akan terjadi pada sebuah artikel. Karena seperti yang dijelaskan di atas, bahwa artikel selain berdasarkan data dan sumber, juga dikolaborasi dengan hasil pemikiran penulis.
  • Kalimat lugas, logis, denotative, dan efektif merupakan unsure utama pada sebuah artikel.

Tujuan Artikel

Tujuan artikel sendiri bukan memiliki maksud utama sebagai pemenuhan tugas yang dberikan dari guru atau dosen semata, melainkan juga lebih mengarah pada hasil yang ingin dicapai dalam menulis sebuah artikel. Ada dua tujuan utama pada penulisan artikel di antaranya sebagai berikut.

  • Mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan suatu pokok pembahasan masalah yang sudah ditentukan.
  • Mendeskripsikan suatu batasan kajian. Hal ini merupakan tujuan utama dari artikel ilmiah

Jenis Artikel

Ada beberapa jenis artikel yang dikategorikan sebagai pembatas dan penentu di mana arah dan tujuan dari artikel tersebut. Di antaranya sebagai berikut.

Artikel Eksploratif

Artikel eksporatif merupakan artikel yang mengungkapkan berbagai fakta berdasarkan kajian tertentu. Jenis artikel ini sangat cocok untuk menguraikan suatu penemuan baru, seperti karya ilmiah, situs, dan lain sebaginya.

Artikel Eksplantif

Menurut KBBI sendiri bahwa eksplansif itu artinya menerangkan. Itu artinya, bahwa artikel eksplansif berisi penjelasan yang menerangkan sesuatu yang dapat dipahami pembaca. Contohnya, ketika seorang Lurah ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur. Tentu hal ini akan mengundang berbagai pertanyaan dan argument masyarat. Tentu seorang wartawan atau penulis artikel yang jeli akan mengorek tujuan lurah tersebut agar dapat menjadi data informasi yang akurat dan tajam dan menjadi tulisan artikel yang mampu menerangkan masyarakat.

Artikel Deskriptif

Deskriptif sendiri merupakan penggambaran dari suatu topic masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat luas akan mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.