Pengertian Deskriptif Struktur Penulisan, Bentuk Metode dan Contoh



Dalam suatu berita, baik itu di media cetak seperti koran dan majalan pasti ada berbagai peristiwa yang baik sudah terjadi ataupun sedang terjadi. Nah, untuk metodenya sendiri yang digunakan untuk menulis berbagai berita peristiwa pada koran atau majalah adalah metode deskriptif. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan metode deskriptif? Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu metode deskriptif, mari simak penjelasan yang ada di bawah ini ya.

A. Pengertian Deskriptif

Deskriptif adalah salah satu metode penelitian yang fungsinya untuk memberikan gambaran lengkap tentang eksplorasi atau setting sosial dan juga klarifikasi. Hal tersebut terbentuk dari cara mendeskripsikan suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di kehidupan manusia.

Jika menggunakan metode ini, maka para peneliti haruslah mempunyai definisi yang jelas mengenai objek dan subjek di dalam penelitiannya. Untuk menggali informasi yang dibutuhkan, maka menggunakan pertanyaan “who”.

Pengertian deskriptif menurut para ahli

1. Whitney

Metode untuk mencari fakta dengan interpretasi yang jelas dan tepat.

2. Hidayat Syah

Metode yang digunakan untuk memahami dan menemukan pengetahuan seluas mungkin terhadap objek penelitian pada masa-masa tertentu.

3. Sugiyono

Deskriptif adalah metode yang dipakai untuk menggambarkan atau menganalisis hasil dari suatu objek penelitian, namun tidak dapat memberikan kesimpulan yang lebih banyak.

4. Sukmadinata

Merupakan penelitian yang fungsinya untuk mendeskripsikan berbagai fenomena, baik itu fenomena buatan manusia atau fenomena alamiah yang berupa aktivitas karakteristik, persamaan, perbedaan, perubahan, antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya.

B. Struktur Penulisan

Pada saat pembentukan deskriptif yang baik dan benar, ada beberapa struktur penulisan yang harus diperhatikan. Antara lain yaitu:

  1. Pada saat akan melakukan penelitian maka harus memusatkan perhatian pada permasalahan yang terjadi dan juga sifatnya aktual.
  2. Menggambarkan adanya fakta mengenai suatu permasalahan yang diteliti sesuai dengan apa yang sedang terjadi. Juga harus di ikuti dengan interpretasi rasional yang balance (seimbang).
  3. Penelitian yang dilakukan, bukan hanya bisa memberikan gambaran mengenai berbagai fenomena yang terjadi, karena penelitian juga bisa memberikan keterangan tentang pengujian hipotesis, suatu hubungan, pengujian dan juga memberikan makna atas fenomena yang terjadi.

C. Bentuk Metode

Metode deskriptif terbagi beberapa bentuk, berikut ini penjelasannya.

1. Metode Survey

Metode yang digunakan untuk mendapatkan fakta dari terjadinya suatu fenomena. Caranya dengan mencari keterangan secara faktual seperti berupa komunikasi, pendidikan, institusi sosial politik dan ekonomi yang ada di suatu tempat tertentu. Pada dasarnya, metode ini memang tidak jauh berbeda dengan metode penelitian.

2. Metode Deskriptif Berkelanjutan

Merupakan penelitian yang dilakukan secara berkelanjutan (terus menerus) pada suatu objek penelitian. Sehingga bisa mendapatkan jawaban menyeluruh tentang suatu masalah, fenomena dan juga kekuatan sosial dengan memakan waktu penelitian yang lama.

3. Metode Penelitian Studi Kasus

Dalam bentuk ini, penelitian dilakukan dengan cara memusatkan diri dengan suatu objek tertentu secara intensif, juga mempelajarinya dalam bentuk studi kasus. Metode ini juga berfungsi untuk memberikan gambaran secara detail mengenai latar belakang, sifat-sifat karakter ataupun status sosial yang sifatnya umum.

Ada 3 macam metode studi kasus, yaitu:

  • Metode penelitian secara mendalam
  • Metode penelitian secara instrumental
  • Metode penelitian secara menjamak

Langkah-langkah untuk melakukan metode studi kasus, antara lain:

a). Perancangan studi kasus

Perancangan studi kasus dilakukan sebelum melakukan penelitian terhadap suatu objek.

b) Melakukan penelitian

Langkah kedua yaitu melakukan penelitian pada suatu objek.

c). Melakukan pengembangan, implikasi dan saran

Dan yang terakhir adalah menyusun laporan, melaporkan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada publik secara implikasi.

4. Metode Penelitian Analisa Aktivitas

Merupakan suatu metode yang dilakukan untuk menganalisa aktivitas ataupun pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Berbagai rekomendasi mengenai keperluan apa saja yang ada di masa depan juga akan diberikan ketika hasil dari penelitian sudah ada. Tujuan dari metode ini adalah untuk memahami sifat karakteristik dari para petani, guru, dokter, buruh dan para pekerja lainnya.

5. Metode Penelitian Tindakan

Metode ini dilakukan dengan cara menindak langsung. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan mutu pemecahan masalah dan mengamati seberapa besar tingkat keberhasilannya. Ada dua tujuan utama dari metode penelitian tindakan ini yaitu meningkatkan keterlibatan dan yang kedua meningkatkan perbaikan.

6. Metode Penelitian Perpustakaan

Metode yang selanjutnya yaitu penelitian perpustakaan. Metode ini menerapkan pengamatan dari berbagai literatur yang memiliki hubungan erat dengan objek tertentu yang diteliti dan nantinya akan berbentuk sebuah makalah, buku, tulisan, majalah ataupun bentuk-bentuk lainnya yang berguna untuk membantu melakukan penelitian.

7. Metode Penelitian Komparatif

Dan metode penelitian yang terakhir atau yang ke 7 adalah metode penelitian komparatif yaitu melakukan perbandingan pada objek tertentu.

Demikian penjelasan mengenai deskriptif, semoga informasi ini dapat berguna untuk kita semua ya!






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.