Sejarah

Dalam berbagai pembelajaran selalu ada materi sejarah dari hal yang dipelajari tersebut. Lalu sebenarnya apa itu sejarah? Mengapa sangat penting sehingga selalu ada dalam pembahasan pembelajaran. Jika di definisikan maka inti pengertian sejarah adalah suatu kejadian atau peristiwa di masa lampau atau masa lalu. Namun, pengertian sejarah pun sangat luas dengan berbagai unsur dan ciri-cirinya.

Begitu juga dengan ruang lingkup, bahwa sejarah terdapat ruang lingkup yang dibagi menjadi empat hal yaitu sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai seni, dan sejarah sebagai kisah dan cerita. Tentunya dari keempat ruang lingkup tersebut memiliki pengertian dan pembahasan yang berbeda-beda, meskipun tetap sama mengenai sejarah alias kejadian masa lalu.

Kita sebagai manusia tentunya sangat perlu untuk belajar sejarah. Karena terdapat berbagai macam peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Nah, kenapa kita harus belajar sejarah? Agar kita bisa mengetahui dan memahami masa lalu. Dengan kita memahami masa lalu, maka kita bisa mempersiapkan diri kita di masa depan nanti. Dengan begitu, kita tidak akan melakukan kesalahan yang sama di masa lalu. Inilah pentingnya memahami masa lalu sehingga dengan mempelajarinya kita bisa menggunakannya untuk kebaikan masa depan, melakukan kebaikan yang pernah terjadi di masa lalu dan menghindari keburukan yang pernah terjadi di masa lalu.

Telah banyak para ahli dan sejarahwan di berbagai penjuru negara yang melakukan penelitian mengenai sejarah. Begitu juga dengan sejarahwan di Indonesia. Karena hal ini termasuk dalam studi sejarah yang mana untuk mengetahui masa lalu dan menjadi manfaat sejarah sebagai tolak ukur utamanya.

Memang, setiap ahli memiliki pendapat dan definisi yang berbeda-berbeda mengenai pengertian sejarah. Karena mereka memiliki pandangan masing-masing dari sudut pandang mereka.

Pengertian Sejarah

Nah, kali ini mari kita simak mengenai pengertian sejarah menurut para ahli juga secara umum sebagai kesimpulannya.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Meskipun inti definisi sejarah sama namun terdapt banyak pengertian lain menurut masing masing pendapat. Pengertian sejarah secara umum dapat dilihat melalui definisi yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini yaitu menurut KBBI, Wikipedia, Ensikopledia, Etimologi, dan menurut Bahasa.Perang Dunia 1

  • Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sejarah didefinisikan sebagai asal-usul atau keturunan silsilah, peristiwa dan kejadian secara fakta di masa lalu yang bisa dijadikan riwayat, dan pengetahuan mengenai kejadian di masa lalu.
  • Sedangkan menurut Ensiklopedi, sejarah didefinisikjan sebagai ilmu yang digunakan untuk mempelajari masa lampu, di mana yang dipelajari adalah pengetahuan dan pola pikir orang-orang di masa lampau.
  • Begitu juga dengan wikipedia yang mendefinisikan sejarah sebagai kajian tentang masa lampau,
  • sedangkan menurut etimologi, sejarah berasalah dari bahasa Arab yaitu β€˜syjaratun’ yang berarti β€˜pohon’ dan berasal dari bahasa Yunani yaitu β€˜historia’ yang berarti ilmu, jika di bahasa inggriskan menjadi β€˜history’ yang berarti masa lalu.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Sebenarnya sama halnya dengan pengertian secara umum, namun di sini terdapat pandangan-pandangan yang berbeda-beda dari beberapa ahli.Borobudur

  • Seperti Muhammad Yamin mengatakan bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang dirangkai dari suatu penelitian dan dibuktikan dengan fakta.
  • Sedangkan menurut Moh. Hatta, bahwa sejarah adalah wujud dari masa lampau. Jadi, Moh. Hatta beranggapan bahwa sejarah bukan hanya sekadar kejadian masa lalu, melainkan tentang pemahaman di masa lampau yang berisi berbagai kejadian, masalah, solusi, dan sebagainya.
  • Begitu juga dengan Moh. Ali yang mengatakan bahwa sejarah adalah keseluruhan kejadian dan perubahan yang benar-benar terjadi secara nyata dan sudah dibuktikan dengan bukti-bukti nyata. Jadi, bisa dikatakan bahwa Moh. Ali mengatakan sejarah adalah ilmu mengenai perubahan dan kejadian yang terjadi di masa lampau.
  • Dari beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian sejarah, kita bisa menyimpulkan bahwa sejarah adalah ilmu atau kajian yang membahas tentang kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi dan terbukti kebenarannya. Itu sebabnya kenapa ada istilah sejarah mulai ditutupi.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.