Pengertian Batik Sejarah Asal Usul Batik Dan Jenis Batik
5/5 (1)

Batik merupakan kain yang dilukis dengan menggunakan canting sebagai alatnya dan cairan lilin malam sebagai bahannya. Di mana lukisan tersebut membentuk lukisan-lukisan yang memiliki nilai estetika di atas kain mori. Secara bahasa, istilah ‘batik’ berasal dari bahasa Jawa ‘amba’ dan ‘tik’ yang berarti menulis titik. Jadi, bisa dikatakan kalau di jaman dulu, batik disebut dengan istilah ‘ambatik’.

Jadi, bisa dikatakan kalau batik merupakan seni tulis yang dilukis dengan menggunakan alat canting. Tapi seperti yang kita ketahui bahwa dalam pembuatan batik pun kini juga terdapat berbagai macam metode pembuatannya, tergantung dari jenis dan perkembangan jaman.

Secara umum, batik adalah kain bergambar yang proses membuatnya dibuat khusus dengan menulis atau menerapkan malam pada kain tersebut. Pengolahannya pun dilakukan dengan cara khusus yang mana mampu memberikan ciri khas pada batik tersebut. Uniknya, batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak Oktober 2009 di Indonesia. Ya, bisa dibilang kalau batik itu, Indonesia punya.

Sejarah Batik

Kalau ditanya bagaimana sejarah atau asal usul batik itu terjadi, maka hal ini tidak terlepas dari sejarah mengenai perkembangan kerajaan Majapahit juga penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Namun, diketahui dari catatan sejarah batik, bahwa batik dikembangkan di zaman Kesultanan Mataram dan dilanjutkan ke zaman Kasunanan Surakarta dan Yogyakarta. Jadi tak heran kalau batik kini tersebar luas khususnya di Pulau Jawa sebagai kebudayaan negeri kita, Indonesia.

Batik sendiri sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang sesuai dengan alur, gaya hidup dan aturan raja di jaman itu. Hingga kesenian batik pun secara umum telah menyebar ke seluruh Indonesia, khususnya di pulau Jawa setelah akhir abad  18 dan awal abad 19.

Sebenarnya kalau ditelisik lebih jauh, bahwa teknik batik sendiri sudah ada sejak lebih dari satu dekade lalu. Dan diduga bahwa teknik batik telah digunakan pertama kali oleh kebudayaan Mesir Kuno alias Sumeria. Teknik batik sendiri pun akhirnya meluas ke berbagai Negara di Afrika, Nigera, dan beberapa Negara lainnya, khususnya Nusantara.

Batik pun mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat. Terakhir, seperti yang dikatakan di atas, bahwa batik telah ditetapkan sebagai warisan Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Jadi, tak heran kalau setiap tanggal 2 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Biasanya para opelajar dan pekerja diminta untuk menggunakan batik di hari itu oleh insntansi atau sekolahnya.

Jenis-Jenis Batik

Di Indonesia sendiri batik mulai mengalami perkembangan mengikuti jaman, sehingga terjadilah ragam alias jenis-jenis batik di Indonesia.  Dari tradisi kuno hingga tradisi modern, batik tetap mengalami perkembangan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis batik yang ada di Indonesia.

Batik Jlamprang

Jenis batik jlamprang memiliki motif  geomteris yang berbentuk arah mata angin dan bintang. Jenis batik ini lebih banyak diproduksi di daerah Pekalongan. Alatnya pun menggunakan canting yang memiliki ujung berbentuk segi empat agar dapat membentuk pola sesuai motifnya.

Batik Aceh

Batik pun meluas ke seluruh daerah di Indonesia. Jadi, tak heran kalau ada beberapa motif batik yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Salah satunya adalah batik motif Aceh yang mana mengunakan unsur alam dan budaya masyarakat Aceh. Warnanya pun lebih dominan menggunakan warna cerah.

Pada saat ini masih banyak macam jenis batik yang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan sudah di ekspor hingga ke manca negara. Oleh karena itu karya khas di Indonesia yaitu batik seharusnya selalu kita jaga dan kita banggakan agar bisa menjadi produk yang tersebar di dunia dan menjadi ciri khas dari Indonesia.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.