Drama Pengertian, Tujuan dan Macam Macam

Drama berasal dari bahasa Yunani, yaitu dromai yang artinya adalah berbuat, beraksi, bertindak, dan sebagainya. Secara harfiah, drama adalah salah satu jenis karya sastra yang ditulis berbentuk dialog dan dipentaskan di atas panggung oleh beberapa lakon. Pementasan inilah disebut sebagai teater. Arti lain drama adalah suatu cerita yang diperankan di atas panggung dengan naskah sebagai pedomannya.

Pengertia Drama

Penggarapan yang bagus akan membuat jalan cerita suatu drama menjadi menarik. Ditamba lagi didukung dengan adanya para pemain dan propreti yang baik, akan menjadikan suatu pertunjukan akan terlihat lebih menarik dan akan ditunggu-tunggu para penonton.

Pengertian drama sendiri terdapat dua macam, yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Secara luas, drama yaitu tontonan atau pertunjukan yang mengandung cerita untuk dipertunjukan kepada para penonton dan umum. Sedangkan pngertian drama secara sempit adalah suatu kisah hidup seseorang atau suatu golongan di dalam masyarakat dan diproyeksikan di atas panggung hingga menjadi tontontan.

Tujuan Drama

Segala sesuatu di dunia ini tentu ada manfaat dan tujuannya. Seperti halnya, bahwa ada tujuan drama, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pelipur lara. Drama bisa dijadikan sebagai sarana hiburan alas pelipur lara. Karena di dalam unsur drama, salah satunya adalah berisi komedi atau hiburan yang isinya bisa mebuat para penonton tertawa.
  2. Pengetahuan dan wawasan. Bahwa drama selain sebagai sarana hiburan juga bisa dijadikan sebagai sarana pendidkan. Dalam artian, bahwa drama dapat meberikan informasi berupa pengetahuan, wawasan, pengalaman, dan lain sebagainya yang mana membuat para penonton memahami apa yang sedang terjadi dengan lingkungan sekitar kita.
  3. Drama selain memiliki nilai etika juga memiliki nilai estetika, di mana keindahan dapat dinikmati oleh para penonton. Karena drama dapat diproyeksikan ke atas panggung dengan bentuk keindahan melalui gerakan, dialog, dan lain sebagainya.
  4. Di dalam kemasyarakatan, bahwa drama memiliki tujuan sosial, yaitu membina kerjasama dan memupuk persaudaraan antar individu bagaimana kita bisa bermasyarakat.

Jenis-Jenis Drama

Adapun jenis-jenis drama yang menjadi golongan perbedaan antara jenis drama yang satu dengan jenis drama lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis drama yang perlu kita ketahui.

  • Tragedy merupakan salah satu jenis drama yang mana memproyeksikan kisah pengalaman hidup bertema kesedihan. Contohnya adalah seseorang yang terkena bencana gempa, bisa kia proyeksikan ke dalam suatu drama. Biasanya, tokoh utama protagonis dalam jenis drama tragedi ini berakhir dengan kisah yang tragis.
  • Berbeda halnya dengan jenis drama tragedy. Di mana jenis drama komedi lebih berunsur menghibur. Karena di dalamnya penuh dengan canda tawa. Dari berbagai kejadian lucu, bisa dirangkai menjadi suatu drama. Biasanya drama komedia ini ditayangkan dalam sebuah ludruk, ketoprak, dan lain sebagainya yang tujuannya sebagai hiburan semata. Namun, tak menutup kemungkinan di dalam drama komedi, terdapat pesan tersirat dan tersembunyi di dalamnya. Mengingat bahwa tujuan drama selain sebagai penghibur juga sebagai penyampai pesan.
  • Untuk tragekomedi ini merupakan jenis drama gabungan antara jenis tragedy dengan jenis komedi. Sehingga di dalamnya terdapat unsur sedih, namun dibumbui dengan unsur kelucuan.
  • Untuk opera, merupakan salah satu jenis drama yang mana dialog atau perannya lebih didominasi oleh musik alias diiringi musik.

Nah, itulah pengertian, tujuan, dan jenis-jenis drama yang perlu kita ketahui. Sebagai pelaku atau penikmat seni dan sastra tentu kita membutuhkan informasi seperti ini bukan?




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.