Travelling Sendirian di Indonesia – Solo Backpacker

Travelling Sendirian di Indonesia – Solo Backpacker, Sebagai seorang traveler, pemilihan tempat pasti sangat penting. Apalagi jika kamu seorang solo backpacker pemilihan tempat untuk travelling di Indonesia pasti penting kan. Nah, berikut ini saya berikan tempat  tempat yang cocok untuk dijadikan tempat travelling sekaligus saya kasih tipsnya.

Beberapa Tempat Rekomendasi Untuk Travelling Sendirian

Cari Tempat Traveling yang dekat dengan wilayah anda saat ini untuk mengemat biaya perjalanan. Karena banyak tempat terdekat yang harus dikunjungi terlebih dulu sebelum traveling ke tempat-tempat jauh. Nah, tentunya sesuaikan dengan posisi anda saat ini. Kunjungi situs Travel untuk mencari tempat yang sedang memiliki Diskon tinggi, baik dari akomodasi Transportasi serta paket menginap yang sudah didiskon juga, biasanya hal ini terjadi pada even-even tertentu pada masa liburan. Berikut ini tempat yang cocok dikunjungi bagi Solo Backpacker :

1. Sawahlunto, Sumatera Barat

Sawahlunto, Sumatera BaratKota ini adalah salah satu kota bersejarah, buktinya ada banyak bangunan colonial belanda. Justru ini menjadi daya magnet tersendiri untuk kamu yang menyukai gaya dan seni bangunan colonial.

Dikota yang merupakan penghasil batubara ini kamu bisa mengelilingi kota tua dengan banyak bangunan colonial Belanda-Tionghoa. Di kota ini kamu bisa mengunjungi Museum Kereta Api Sawahlunto dan kamu bisa berfoto bersama dengan kereta Api Mak Itam yang bersejarah.

Tak perlu khwatir travelling sendiri ke Sawahlunto, karena disini kamu bisa menginap di berbagai penginapan yang tersebar di kota tua ini.

2. Ubud, Bali

Ubud, BaliLupakan sejenak mengenai Denpasar, Kuta atau Seminyak yang banyak sekali wisatawan. Untuk kamu solo backpacker kunjungan ke Bali bisa langsung menuju Ubud, kota yang penuh dengan ketenangan dan kedamaian.

Paling seru adalah menjelajahi kota dengan menaiki sepeda, kamu akan bisa merasakan sensasi tenang ketika menyusuri jalan – jalan di kota Ubud. Jangan lupa mampir ke Museum seni Antonio Blanco yang atau Pura Jagaraga yang berusia hampir 130 tahun.

3. Semarang, Jawa Tengah

Tempat Wisata Semarang, Jawa TengahSemarang yang memiliki julukan kota ATLAS cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin Solo Backpacker. Banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Semarang dan Sekitarnya, yaitu :

  • Masjid Agung Jawa Tengah
  • Lawang Sewu
  • Kota Lama
  • Sampokong
  • Candi Gedong Songo
  • Pantai Maron
  • Pantai Marina
  • Gunung Ungaran
  • Nglimut – Pemandian Air Panas
  • Goa Kreo – Waduk Jatibarang Gunungpati

4. JOGJA

JOGJAJogja sangat rekomendasi bagi kamu yang ingin melakukan solo Traveling, mengapa ? karena masyarakat jogja sangat ramah sehingga memudahkan solo backpacker untuk terbantu jika mengalami kesulitan. Selain itu angka kriminalitasnya lebih rendah dibanding kota-kota lainnya. Pada malam hari juga masih aman, karena masih banyak warung lesehan yang tentunya akan menambah suasana nyaman para wisatawan. DI Yogyakarta juga memiliki beragam banyak tempat wisata yang sangat wajib dikunjungi seorang Traveler. Jogja juga menjadi wisata andalan yang sering dikunjuungi oleh wisatawan dari Jawa Tengah.

Tips Traveling sendiri

Menjadi Solo Backpacker memang memiliki banyak hal yang harus diperhatikan.  Salah satunya adalah planning yang matang. Berikut simak Tipsnya :

1. Safety First

Keamanan adalah hal yang paling utama dimanapun anda berada. Pastikan jika anda ingin melakukan Solo Traveling badan anda dalam keadaan sehat dan selalu jaga kesehatan saat akan melakukan traveling, tentunya anda tidak ingin rencana Traveling berantakan jika pada saat akan Traveling kesehatan anda Drop. Pastikan tempat yang akan dituju aman untuk dikunjungi, cari informasi baca dari Internet mengenai lokasi tersebut sebelum memutuskan untuk mengunjungi apakah aman dari kejahatan juga.

2. Rencanakan Tempat Kunjungan

Dalam hal ini kamu bisa membaca kembali 2 tempat yang sudah saya share diatas. Misal buat kamu terlalu jauh, cari saja di google app banyak kok pilihan tempatnya. Selain itu banyak sekali Diskon yang diberikan bagi Trvaler pada even-even tertentu, hal ini tentunya harus dimanfaatkan karena sangat efektif menghemat biaya.

3. Atur jadwal sesuai tempat dan estimasi waktu

Agar tidak terlalu memakan waktu, atau alur perjalanan yang tidak menentu ada baiknya kamu mengatur jadwal travelling kamu. Misal kamu akan mengunjungi lebih dari 2 tempat, lebih baik atur jadwal dan estimasi waktu mulai sekarang. Estimasi waktu itu seperti lama perjalanan, lama kunjungan dan waktu lain yang dibutuhkan, agar nanti waktu kamu travelling semuanya teratur.

4. Persiapkan Perlengkapan

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan saja, jangan bawa barang yang tidak perlu. Perlengkapan akan sangat efektif dan praktis untuk dibawa kemana-mana jika berjumlah tidak terlalu banyak dan tidak terlalu berat. Walaupun beberapa perlengkapan bisa dibeli saat di tempat Traveling ada baiknya anda membawa sendiri dari rumah, karena terkadang barang di tempat traveling terlalu mahal untuk dibeli.

5. Persiapkan Rencana Alternatif

Traveling terkadang tidak selalu mulus sesuai dengan rencana, semisal anda ingin mengunjungi suatu tempat tertentu dan ternyata lokasi sedang tutup maka tentunya Alternative Plan selalu harus disiapkan agar Traveling tidak kacau dan bisa berjalan dengan sempurna.

Nah, dengan beberapa tips diatas tentunya Traveling kamu bakal tersusun dengan rapi dan efektif. Solo Backpacker menjadi sutau tantangan tersendiri karena Traveling hanya dilakukan seorang diri, mungkin karena tidak ada teman untuk diajak ataupun biasanya pelakunya adalah seorang yang memiliki kenyamanan lebih dikala sendiri. Tapi tetap selalu berhati-hati saat melakukan solo Traveling karena jika terjadi sesuatu tidak ada partner yang langsung siap untuk saling membantu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.