Home Artikel Pilihan Pengertian Interaksi : Arti, Ciri, Jenis, Syarat, Tujuan dan Contoh

Pengertian Interaksi : Arti, Ciri, Jenis, Syarat, Tujuan dan Contoh

Pengertian Interaksi Adalah - Arti, Ciri, Jenis, Syarat, Tujuan dan Contoh

Secara umum definisi atau pengertian Interaksi adalah suatu tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek yang saling memengaruhi satu sama lain. Kata interaksi sangat sering disebutkan atau dikaitkan dengan proses sosial atau interaksi sosial dimana yang dimaksudkan adalah hubungan antar individu, antar indvidu dan kelompok atau hubungan antar kelompok. hal yang paling penting dan mendasar dalam konsep interaksi ini yaitu ide efek dua arah secara berlawanan.

A. Defenisi Interaksi Menurut Para Ahli

1. Shaw

Interaksi sosial merupakan pertukaran perilaku antar pribadi yang saling mempengaruhi satu dan yang lain.

2. Tribut dan Kelley

Interkasi sosial merupakan suatu kejadian yang melibatkan dua orang atau lebih dan terjalin hubungan saling mempengaruhi satu sama lain.

3. Selo Soemardjan

Interkasi sosial merupakan hubungan timbal balik antar manusia atau individu dengan berbagai segi kehidupan bersama.

4. Astrid S. Susanti

Interkasi sosial merupakan hubungan antar manusia yang menciptakan hubungan tetap sehingga pada akhirnya memungkinkan perbuatan struktur sosial dan hasil interaksi sangat tergantung oleh nilai dan arti juga interprestasi yang diberikan oleh pihak yang ikut terlibat dalam interaksi tersebut.

5. Kimbal Young dan Raymond W. Mack

Interkasi sosial meruakan hubungan sosial yang bersifat dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, individu dan kelompok, maupun satu kelompok dengan kelompok yang lainnya.

6. John Lewis Gillin

Interkasi sosial merupakan suatu hubungan sosial yang dinamis serta menyangkut hubungan antar individu, individu dan kelompok maupun antar kelompok.

7. Phillip Selznick dan Leonard Broom

Interkasi sosial merupakan suatu tindakan yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan memberikan respon terhadap tindakan orang lain tersebut.

B. Ciri Ciri Interaksi

  1. Terdapat pelaku yang lebih dari satu orang.
  2. Terdapat suatu proses komunikasi yang dilakukan dengan cara mengucapkan secara lisan maupun isyarat.
  3. Terdapat dimensi waktu (Masa lapau, sekarang dan masa mendatang) yang menetukan tindakan yang sedang berlangsung.
  4. Memiliki maksud dan tujuan-tujuan tertentu.

C. Macam Jenis Intraksi

1. Intraksi antar individu

Interkasi yang terjadi ketika dua individu bertemu secara langsung dan melakukan komunikasi satu sama lain walaupun dalam bentuk yang sederhana misalnya saling menyapa ketika berpapasan dijalan.

2. Interaksi individu dan kelompok

Interaksi yang dilakukan seseorang yang berkomunikasi dengan sekelompok orang seperti seseorang yang memberi materi seminar, dan juga orang yang berorasi di hadapan massa.

3. Interaksi antar kelompok

Interaksi yang dilakukan oleh dua kelompok yang berbeda dan saling bertemu, Komunikasi yang dilakukan bukan mengenai hal pribadi melainkan untuk kepentingan kelompok misalnya pertemuan antar ormas dan sebagainya.

D. Syarat-Syarat Interaksi

1. Kontak sosial

a). Berdasarkan cara

Kontak sosial dapat dibedakan menjadi dua cara yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung terjadi misalnya ada sentuhan fisik seperti saat bersalaman, bertegur sapa, saling tersenyum maupun menggunakan bahasa isyarat, sedangkan tak langsungΒ  adalah kontak yang dilakukan melalui media seperti surat, telepon, telegram, radio, televisi dan lain sebagainya.

b). Berdasarkan sifat

Terdapat tiga macam kontak berdasarkan sifatnya yaitu kontak antar individu seperti seorang anak yang sedang belajar kebiasaan keluarganya, Kontak individu dan kelompok seperti seorang guru yang sedang melatih murid-muridnya dan kontak antar kelompok misalnya pertandingan antar tim pemain sepak bola.

c). Berdasarkan tingkat hubungan

Kontak berdasarkan hubungan terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder dimana kontak primer terjadi saat orang bertemu langsung sedangkan kontak sekunder adalah orang yang berkomunikasi melalui perantara baik itu melalui alat seperti telepon maupun melalui orang lain.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah satu intraksi atau pembacaan perasaan serta gerak-gerik secara fisik lalu kemudian muncul ungkapan perasaan dan sikap dalam bentuk, penolakan, takut, ragu, senang dan lain sebagainya. Komunikasi memiliki empat unsur utama yaitu :

  • Pengirim atau  yang disebut dengan communicator merupakan orang yang mengirim pesan kepada orang lain.
  • Penerima atau yang disebut dengan communicant merupakan orang yang menerima pesan dari pengirim pesan
  • Pesan adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima
  • Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan
  • Respon atau feed back merupakan reaksi yang dilakukan oleh penerima terhadap pesan yang diterima.

E. Tujuan Interaksi

  1. Menjalin hubungan persahabatan.
  2. Melakukan kerja sama.Β 
  3. Menjalin hubungan bisnis/usaha.Β 
  4. Mendiskusikan sebuah persoalan.

F. Contoh Interaksi

  1. Masyarakat
  2. Antar kelompok
  3. Kegiatan-kegiatan sosial
  4. Dalam dunia politik
  5. Kebudayaan
  6. Dalam dunia bisnis atau kerja
  7. Transaksi jual beli
  8. Keluarga
  9. Berdebat atau beradu argument
  10. Melalui media sosial atau perantara
  11. Saling memeluk
  12. Berjabat tangan



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.