11 Tips Menulis Deskripsi YouTube

Jagad.idTips menulis deskripsi YouTube – Sampul dan judul video YouTube mungkin yang menarik perhatian Anda, tetapi deskripsi adalah tempat mesin pencari bergerak. SEO YouTube sangat mirip dengan anda dalam postingan blog atau halaman situs web, judul itu penting tetapi begitu juga detailnya.

Semakin Anda memahami SEO video, semakin besar kemungkinan video Anda muncul di hasil pencarian. Meskipun demikian, menulis deskripsi YouTube yang bagus tidak meniadakan konten video yang buruk. Deskripsi akan mengarahkan pemirsa ke video Anda, tetapi video Anda masih harus mempertahankan tawaran kualitasnya.

Tingkatkan Pencarian video YouTube

YouTube menawarkan banyak fitur untuk mengatur, memberi tag, dan meningkatkan seberapa mudah pemirsa menemukan video Anda. Lihat tips menulis deskripsi YouTube ini untuk meningkatkan strategi Anda di samping deskripsi yang dioptimalkan:

Dua deskripsi YouTube yang berbeda

Terdapat dua jenis deskripsi YouTube: satu untuk saluran dan satu lagi untuk video itu sendiri. Sebagian besar kiat yang tercantum di sini berlaku untuk deskripsi video, tetapi beberapa, seperti menggunakan kata kunci yang tepat, juga berlaku untuk deskripsi saluran.

Deskripsi saluran meringkas apa yang diharapkan dari saluran. Sama seperti cara penulisan boilerplate perusahaan, nama saluran diulangi beberapa kali, bersama dengan beberapa kata kunci yang harus dikaitkan dengan saluran tersebut.

Tips menulis deskripsi YouTube ini memberi tahu Anda lebih banyak detail tentang apa yang diharapkan dari video, dapat menyertakan tautan terkait dan juga akan menggunakan kata kunci berulang. Anda memiliki lebih banyak ruang untuk mendeskripsikan video dan beberapa baris pertama itu penting bagi pemirsa.

Mengapa deskripsi YouTube penting?

Saat Anda menggunakan mesin telusur atau penelusuran asli YouTube, banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana video Anda muncul di hasil. Deskripsi YouTube adalah salah satu faktor tersebut. Jika deskripsi video Anda berisi istilah pencarian populer atau kata kunci yang terkait, kemungkinan besar deskripsi tersebut akan muncul di hasil dan di sidebar untuk video terkait. Jika Anda terbiasa dengan cara kerja SEO situs web, anggap ini sebagai deskripsi meta.

Namun, itu tidak berarti Anda harus mengisi kata kunci dengan deskripsi Anda. Orang-orang masih membaca deskripsi YouTube dan mengklik tautan penting.

Tips Menulis Deskripsi YouTube

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis beberapa deskripsi YouTube yang bagus.

Sesuaikan deskripsi video dengan judul video Anda

Judul video memiliki sekitar 75 karakter di mana Anda dapat langsung menarik perhatian pemirsa. Apa pun yang Anda gunakan untuk kata kunci harus ada di judul Anda dan digunakan beberapa kali lagi di seluruh deskripsi itu sendiri.

Hitung 200 karakter pertama

Ya, deskripsi lengkap itu penting tetapi yang lebih penting adalah 200 karakter pertama itu. Anda mendapatkan 5.000 karakter untuk bertele-tele, tetapi 200 karakter pertama itulah yang muncul di hasil penelusuran. Dalam kasus YouTube, ini kira-kira baris pertama atau apa yang ditampilkan di atas perluasan “tampilkan lebih banyak”.

Baris pertama harus menyertakan kata kunci terpenting yang ingin Anda kaitkan dengan video dan ditulis dengan cara yang menarik perhatian pemirsa. Sama seperti cara seseorang menulis Tweet, tip headline dan copywriting juga berlaku di tips menulis deskripsi YouTube ini.

Ulangi kata kunci video

Seperti yang diisyaratkan sebelumnya, kata kunci penting dalam SEO dan deskripsi video YouTube. Apakah Anda sedang menulis untuk video yang sudah ada atau meneliti mana yang terbaik untuk saluran Anda, alat perencana Kata Kunci Google sangat berguna untuk penelitian kata kunci.

Hanya beberapa kata kunci yang Anda butuhkan dan setelah diidentifikasi untuk video Anda, pastikan kata kunci tersebut tersebar di seluruh deskripsi Anda.

Tambahkan kata kunci pelengkap

Pikirkan Anda sudah selesai dengan kata kunci? Pikirkan lagi. Anda tetap perlu mempertimbangkan yang pelengkap, yaitu kata kunci tambahan yang mirip dengan kumpulan target pertama. Misalnya, Anda mungkin menelusuri “produk ramah lingkungan”, tetapi kata kunci tambahan dapat menyertakan “hijau”, “bumi”, dan “tanpa limbah”. Ini identik dan menambahkan ini akan membantu YouTube memahami bagaimana video Anda dapat dikaitkan dengan “produk ramah lingkungan”.

Tambahkan kata-kata & tautan ajakan bertindak

Sebaiknya — dan praktik terbaik — untuk menautkan media sosial Anda di deskripsi YouTube Anda. Dan terpisah dari membagikan tautan tersebut adalah tautan yang terkait dengan video. Tautan ini dapat berupa ajakan bertindak untuk membaca entri blog, membeli produk, atau informasi tambahan umum.

Jika Anda menyebutkan beberapa produk di video Anda dan pemirsa Anda sering bertanya tentangnya, sebaiknya cantumkan tautan tersebut di deskripsi.

Tambahkan pengaturan upload video default

Apakah Anda lelah menyalin dan menempelkan 10 baris yang sama yang Anda sertakan di setiap video? Tambahkan setelan default ke deskripsi Anda yang dapat muncul tanpa penambahan manual Anda. Paling sering, ini termasuk deskripsi perusahaan Anda, ajakan untuk berlangganan dan mengikuti tautan media sosial.

Menulis seperti manusia bukan robot

Siapa yang ingin membaca deskripsi yang penuh dengan kata kunci berulang? Itu membuat frustrasi membaca dan menulis. Gunakan 200 karakter pertama untuk memikat pemirsa dan sisa ruang agar lebih informatif. Kiat copywriting web seperti membuat kalimat pendek, manis, dan mudah dipahami berguna di sini.

Tambahkan beberapa tagar

Seperti kata kunci, tagar ada untuk membantu pemirsa lain menemukan video Anda. Tagar ini muncul di atas judul video dan dapat ditambahkan di mana saja dalam deskripsi video. Disarankan untuk menyimpan tagar hanya pada beberapa tagar penting sehingga seseorang yang membaca deskripsi tidak dimatikan oleh banyak tagar.

Cocokkan suara sosial Anda

Ingat ketika kita berbicara tentang menulis seperti manusia? Suara media sosial merek Anda juga harus diperhitungkan. Deskripsi hambar tidak melakukan apa pun untuk merek Anda. Anda ingin menambahkan kepribadian, kosa kata, dan gaya penulisan merek Anda ke dalam deskripsi.

Untuk jenis video serupa, mungkin lebih masuk akal bagi Anda untuk menulis beberapa template deskripsi YouTube. Misalnya, deskripsi video petunjuk akan ditulis dengan cara yang serupa: dua kalimat untuk ringkasan, beberapa tautan ajakan bertindak, tautan ke produk, lalu tautan media sosial Anda. Membuat template deskripsi memudahkan Anda dan mempertahankan merek Anda.

Buat deskripsi video mudah dibaca

Ini bukan tentang konten tertulis yang sebenarnya tetapi bagaimana Anda memformatnya. Tidak ada yang suka membaca blok teks raksasa tetapi orang juga tidak suka membaca 10 kalimat satu baris berturut-turut. Pisahkan deskripsi Anda menjadi beberapa bagian dengan judul tajuk yang menonjol, baik dengan emoji, simbol, huruf besar, atau jeda baris.

Saat memeriksa formatnya, baca sekilas deskripsi Anda dan lihat apa yang menarik perhatian Anda dan apa yang benar-benar Anda lewati.

Pratinjau deskripsi video Anda

Statistik YouTube saat ini mengatakan bahwa 70% dari total waktu menonton dengan pemirsa ada di perangkat seluler. Anda dapat menulis deskripsi di desktop, tetapi pastikan juga masuk akal di ponsel dan tablet. Selain pratinjau seluler, periksa bagaimana deskripsi muncul di hasil penelusuran dan halaman tonton.

Periksa analitik Anda

Seperti jaringan media sosial lainnya, analitik YouTube sangat membantu dalam melihat video mana yang berkinerja baik.

Dengan analitik, Anda akan dapat melihat apakah kata kunci tertentu berhasil dibandingkan kata kunci lainnya, video mana yang mungkin meningkat popularitasnya dengan perubahan kata kunci, dan jenis umum video yang sesuai dengan pemirsa Anda.

Kesimpulan

Deskripsi YouTube tidak boleh diletakkan di bagian belakang strategi pemasaran YouTube Anda. Deskripsi video penting tidak hanya dalam peringkat biasa dalam hasil pencarian kata kunci SEO tetapi juga berfungsi sebagai tempat di mana Anda dapat membuat pemirsa tetap menonton video lebih lama.

Dengan salinan awal yang tepat yang mendorong pemirsa untuk membaca lebih lanjut, gunakan batas 5.000 karakter untuk menyertakan suara merek dan tautan penting Anda. Dan sekarang setelah Anda memiliki deskripsinya, saatnya untuk memikirkan tentang cara mempromosikan saluran YouTube Anda.

Nah, demikian merupakan ulasan tentang tips menulis deskripsi YouTube yang bisa anda ketahui. Dengan menggunakan deskripsi yang tepat, video anda akan muedah mendapatkan penonton. Semoga bermanfaat!