Secara umum definisi atau pengertian Asisten adalah karyawan yang bertugas untuk membantu seorang manajer atau karyawan lain yang memiliki jabatan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Singkatnya istilah asisten yang dikenal oleh masyarakat adah orang yang bekerja pada orang lain dalam menjalankan tugas secara profesional seperti pekerjaan harian, profesi dan kedinasan. Asisten juga dapat diartikan sebagai orang yang melakukan berbagai tugas serta memberikan dukungan kepada manajer dan karyawan lainnya serta membantu kebutuhan kantor sehari-hari dan mengelola kegiatan administrasi umum perusahaan.
A. Macam Jenis Asisten
1. Asisten Administrasi
Asisten
administrasi adalah seorang pekerja yang mengerjakan tugas administratif dan
bersifat teknis ketatausahaan dalam sebuah instansi atau perusahaan.
2. Asisten Virtual
Asisten virtual meruakan kontraktor independen yang menyediakan dan memberikan layanan administrasi pada klien saat beroperasi diluar kantor berdasarkan perintah verbal. Istilah asisten virtual biasanya digunakan untuk menggambarkan seorang pekerja kontrak yang bekerja dari rumah dalam melakukan tugas-tugas administrasi yang biasanya dilakukan oleh asisten eksekutif atau sekretaris.
B. Syarat Menjadi Seorang Asisten
- Memiliki
pengalaman sebagai asisten administrasi dan asisten virtual
- Memiliki
pengetahuan tentang sistem dan prosedur manajemen kantor
- Memiliki
pengetahuan tentang peralatan kantor seperti printer dan mesin faks
- Menguasai
microsoft office khususnya Microsoft Word, Excel dan PowerPoint
- Mampu
memprioritaskan pekerjaan dan memiliki keterampilan memanajemen waktu
- Memiliki
kemampuan dalam memecahkan masalah dan suka terhadap hal-hal yang detail
- Kemampuan
organisasi yang kuat dengan kemampuan multi tasking
- Mengenai
pendidikan minimal SMA, D3 atau S1
C. Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Asisten
- Menangani
permintaan administrasi dan pertanyaan dari manajer senior
- Mengatur dan
merencanakan jadwal rapat serta point-point penting yang akan dibahas dalam
rapat
- Menghubungi dan
menjawab pertanyaan klien secara langsung
- Mengatur dan
menjadwalkan pertemuan dengan klien atau pihak yang terkait dengan perusahaan
- Menulis dan
mendistribusikan email, memo korespondensi, surat, faks dan formulir.
- Membantu dalam
penyusunan laporan terjadwal secara teratur seperti laporan bulanan
- Mengembangkan
dan memelihara sistem pengarsipan
- Menyimpan dengan
baik daftar kontak perusahaan
- Memesan
pengaturan perjalanan dan siap melakukan perjalanan kapanpun dan dimanapun
- Memberikan dukungan yang bersifat umum kepada klien
- Membuat bahan presentasi
- Mampu mengoprasikan aneka jenis gadget
- Menghandle akun pribadi sang atasan
- Mampu mengolah kata dengan baik
- Pandai mengorganisasikan barang
- Mampu menjaga rahasia
- Memiliki selera fashion yang baik
- Memiliki ketahanan fisik yang bagus
- Memiliki kemampuan fotografi
- Mampu berkomunikasi dengan baik
- Mengetahui riwayat kesehatan bosnya
- Mampu memanajemen waktu
- Membekali diri dengan kemamuan berkendara
- Handphone aktif 24 jam
- Sikap pengertian pada atasan
- Mengetahui makanan dan minuman favorit atasan
- Menyiapkan obat-obatan untuk penyakit ringan (P3K)
- Mampu menghandle keuangan pengeluaran bos
- Kuat begadang
- Mampu membaca suasana hati bosnya
- Humoris
D. Tips Menjadi Asisten yang Profesional
1. Berjiwa Pemimpin
Asisten manajer adalah pemimpin yang terkadangng harus mewakili atasannya atas nama perusahaan dan bagi dirinya sendiri dengan baik karena asisten menejer juga merupakan pimpinan bagi orang-orang yang bekerja dibawahnya.
2. Manajemen Organisasi yang Baik
Dalam sebuah perusahaan akan banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh seorang asisten dan semua orang akan berasumsi bahwa asisten mampu membereskan semuanya untuk mereka. Asisten harus mampu menjaga fokusnya pada masa-masa sibuk dan mendelegasikan tugas-tugas kepada para karyawan untuk menjaga perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
3. Ramah
Sorang asisten harus memiliki keterampilan seperti customer service dalam hal kecakapan, bukan hanya berinteraksi dengan para karyawan kantor setiap harinya, tapi seorang asisten juga perlu melayani pelanggan yang memiliki banyak pertanyaan, pertimbangan dan keluhan.
4. Penuh Perhatian
Asisten haruslah sering menyapa sebagai
bentuk perhatiannya kepada para karyawan untuk memotivasi mereka agar bisa
sukses dan berkembang.
5. Pintar dan Intuitif
Memprediksikan
apa yang dibutukan atasan keesokan harinya dan terus memperbarui berita
lokal/nasioal, seolah bisa membaca apa yang akan terjadi.
6. Siap Siaga
Selalu
bersama atasan kemanapun dia pergi & mencari tahu lingkungan dan orang-orang
yang akan ditemui sehingga bila dalam suatu pertemuan atasan terlihat asing
pada orang yang baru ditemuinya, maka asisten dapat membisikan beberapa
informasi tentang profil orang tersebut sehngga atasan tidak terlihat begitu
canggung.
7. Citrakan Atasan dengan Baik
Atasan mungkin tidak punya banyak waktu untuk menjenguk karyawan yang sakit maka asistenlah yang seharusnya memesan bunga dan buah-buahan untuk dikirimkan ke karyawan tersebut dan cari tau siapa saja orang-orang yang dianggap penting oleh atasan.
Rekomendasi:
- Perlu Diketahui Tentang K3 Listrik jagad.id-Lingkungan kerja yang aman tidak cukup untuk mengendalikan semua bahaya listrik. Anda juga harus bekerja dengan aman tentang k3 listrik. Praktik kerja yang aman membantu Anda mengendalikan risiko cedera atau…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Norma Kesopanan : Sumber, Ciri-Ciri, Tujuan, Dan Contoh Jagad.id - Pengertian Norma kesopanan adalah serangkaian aturan yang diberlakukan dalam kehidupan masyarakat, tentang tingkah laku seseorang. Norma Kesopanan ini berasal dari adat istiadat, budaya, dan tradisi di suatu wilayah…
- Definisi Kompensasi : Tujuan, SDM, dan Contoh 10 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Contoh dan SDM - Pengertian kompensasi adalah seluruh imbalan yang di terima oleh pekerja atas jasa ataupu hasil kerjanya kepada sebuah organisasi ataupun…
- Pengertian Advokat : Peran dalam Bisnis dan Struktur Karir Pengacara merupakan seseorang yang bertugas mewakili klien di dalam sebuah proses pidana serta proses hukum lain. Selain itu, pengacara juga memiliki tugas untuk mengelola serta memberikan saran untuk klien di…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Pengertian HRD : Fungsi, Tugas, Tanggungjawab dan Gaji Ketika kita melamar pekerjaan, biasanya kita selalu diarahkan ke HRD untuk menjalani wawancara. Nah, sekarang apa kita tahu pengertian, kepanjangan, tugas, dan gaji HRD? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel…
- Pengertian PHK : Arti, Penyebab, Hak Dan Larangan Secara umum definisi atau pengertian Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan pekerjaan seorang karyawan berakhir atau diakhiri. Seorang karyawan tentu tidak ingin…
- Pengertian Organisasi : Tujuan dan Fungsinya Pengertian Organisasi Secara Umum dan Para ahli – Secara umum, pengertian organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah yang digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam ilmu sosial organisasi dipelajari…
- Tugas Staff Admin Dalam dunia administrasi ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi. Misalnya, admin sosial media, produksi, penjualan, gudang, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai tugas yang relatif…
- Internet, Ekstranet, Intranet : Pengertian dan Perbedaan Jagad.id - Internet Ekstranet Intranet. Di era serba modern sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang umum digunakan hampir semua orang. Sedangkan jaringan intranet adalah jaringan privasi atau privat network…
- Pengertian Karyawan : Defenisi, Jenis, Tipe, Peran dan… Secara umum pengertian karyawan adalah mereka yang berkerja di suatu perusahaan atau lembaga untuk mengerjakan tugas operasional dan mengharapkan balas jasa berupa komisi (uang). Sederhananya definisi karyawan memiliki arti yaitu…
- Pengertian Administrasi Adalah : Unsur, Tujuan, Jenis, Ciri… Tentu saja kita sudah sangat sering mendengar kata administrasi dalam kehidupan ini. Sebagaimana yang kita ketahui hal ini seringkali berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat, catat-mencatat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu,…
- Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain - Kesahalan, semua orang pasti pernah melakukannya, bahkan dari kecil kita sering melakukan kesalahan entah itu yang kita sengaja atau tidak sengaja. Maka dari itu…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Pengertian Prosedur : Arti, Tipe, Ciri, Sifat, Prinsip,… Secara umum definisi atau pengertian prosedur adalah cara menyelesaikan suatu pekerjaan yang telah dirumuskan. Prosedur juga dapat diartikan sebagai faktor yang sangat berperan penting dalam pelaksaan suatu tugas dan tanggung…
- Pengertian Polisi : Tugas dan Kewenangan Polisi merupakan sebuah pranata umum sipil yang bertugas untuk menjaga keamanan, ketertiban serta menegakan hukum di semua wilayah negara. Sedangkan kepolisian merupakan salah satu lembaga penting yang memiliki tugas utama…
- Pengertian Bea Cukai : Tugas, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Dalam proses jual beli antar negara, bagi mereka yang sering melaksanakan kegiatan jual beli ekspor dan impor tentunya akan terbiasa dengan istilah bea cukai. Namun tentu saja tidak semua masyarakat…
- Pengertian Lembaga : Arti, Jenis, Fungsi Dan Unsur Membahas tentang lembaga sesungguhnya lebih merujuk pada sesuatu bentuk, sekaligus mengandung makna yang abstrak. Karena dalam pengertian lembaga juga mengandung tentang seperangkat norma, peraturan-peraturan yang menjadi ciri lembaga tersebut. Secara…
- Pengertian Hakim : Fungsi, Persyaratan, Tugas, Hak dan… Hakim dalam bahasa Inggris disebut dengan judge merupakan pejabat pemimpin persidangan. Sedangkan istilah hakim sendiri diambil dari kata Arab yakni hakima yang memiliki arti peraturan, aturan, pemerintah dan kekuasaan yang…
- Pengertian Birokrasi Adalah : Ciri Ciri, Tujuan, Konsep dan… Berbicara mengenai sebuah organisasi, pernahkah terbayang oleh Anda apa yang membuat sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik? Jawabannya adalah sistem birokrasi yang baik serta bersifat akuntabel. Sesuai dengan judul…
- Pengertian Ergonomi : Tujuan, Prinsip, Manfaat Dan Contoh Jagad.id - Apa sih yang terbesit di benak anda saat mendengar kata Ergonomi? Ergonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu ergon dan nomos. Ergon sendiri memiliki arti kerja, sedangkan nomos memiliki…
- Pengertian Arsip Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Sifat dan… Secara umum definisi atau pengertian Arsip adalah sebuah catatan rekaman kegiatan ataupun sumber informasi dengan berbagai macam jenis bentuk yang dibuat oleh perseorangan, kelompok maupun lembaga. Arsip juga diartikan sebagai…
- Pengertian Kontribusi : Arti, Strategi Dan Jenis Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran…
- 6 Jenis Profesi Menulis Berdasarkan Spesialisasinya Profesi Menulis - Hal yang harus di pahami oleh mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis adalah mempunyai kemampuan menulis yang baik. Kemampuan tersebut bisa di dapatkan dari banyaknya bahan dari…
- Pengertian Sekretaris : Arti, Jenis, Tugas, Tipe dan Kode… Secara umum definisi atau pengertian sekretaris adalah seseorang yang bekerja untuk seorang pemimpin atau badan pimpinan pada suatu perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin…
- Kepribadian ISFJ : Kekuatan, Kelemahan, Profesi, dan Tokoh… Jagad.id - Dalam tes kepriadian MBTI, ISFJ (introversion, sensing, feeling, dan judging) lebih sering dianggap sebagai pembela. Disamping itu, memiliki keunikan karena memiliki berbagai kualitas diri bertentangan dengan sifat individu…
- Tugas Administrasi Keuangan Administrasi keuangan merupakan cabang dari ilmu administrasi dan erat kaitannya dengan sistem keuangan. Tak heran jika tugas administrasi keuangan hampir sama dengan staff keuangan yaitu mengurus segala hal yang berkaitan…
- Pengertian Instansi Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contohnya Kata ini tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Instansi merujuk pada badan atau lembaga pemerintahan. Penggunaan kata ini sering diikuti dengan kata pemerintah sebagai penjelas kepemilikan dan menekankan bahwa…
- Pengertian Pedoman : Arti, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian Pedoman merupakan suatu kumpulan dari ketentuan dasar yang dapat memberikan arah bagaimana sesuatu harus dilakukan dan bisa juga diartikan sebagai hal pokok atau yang bersifat dasar yang…