Pengetian Asisten : Jenis, Syarat, Tugas, Tanggung Jawab dan Tips

Secara umum definisi atau pengertian Asisten adalah karyawan yang bertugas untuk membantu seorang manajer atau karyawan lain yang memiliki jabatan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Singkatnya istilah asisten yang dikenal oleh masyarakat adah orang yang bekerja pada orang lain dalam menjalankan tugas secara profesional seperti pekerjaan harian, profesi dan kedinasan. Asisten juga dapat diartikan sebagai orang yang melakukan berbagai tugas serta memberikan dukungan kepada manajer dan karyawan lainnya serta membantu kebutuhan kantor sehari-hari dan mengelola kegiatan administrasi umum perusahaan.

A. Macam Jenis Asisten

1. Asisten Administrasi

Asisten administrasi adalah seorang pekerja yang mengerjakan tugas administratif dan bersifat teknis ketatausahaan dalam sebuah instansi atau perusahaan.

2. Asisten Virtual

Asisten virtual meruakan kontraktor independen yang menyediakan dan memberikan layanan administrasi pada klien saat beroperasi diluar kantor berdasarkan perintah verbal. Istilah asisten virtual biasanya digunakan untuk menggambarkan seorang pekerja kontrak yang bekerja dari rumah dalam melakukan tugas-tugas administrasi yang biasanya dilakukan oleh asisten eksekutif atau sekretaris.

B. Syarat Menjadi Seorang Asisten

  1. Memiliki pengalaman sebagai asisten administrasi dan asisten virtual
  2. Memiliki pengetahuan tentang sistem dan prosedur manajemen kantor
  3. Memiliki pengetahuan tentang peralatan kantor seperti printer dan mesin faks
  4. Menguasai microsoft office khususnya Microsoft Word, Excel dan PowerPoint
  5. Mampu memprioritaskan pekerjaan dan memiliki keterampilan memanajemen waktu
  6. Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dan suka terhadap hal-hal yang detail
  7. Kemampuan organisasi yang kuat dengan kemampuan multi tasking
  8. Mengenai pendidikan minimal SMA, D3 atau S1

C. Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Asisten

  1. Menangani permintaan administrasi dan pertanyaan dari manajer senior
  2. Mengatur dan merencanakan jadwal rapat serta point-point penting yang akan dibahas dalam rapat
  3. Menghubungi dan menjawab pertanyaan klien secara langsung
  4. Mengatur dan menjadwalkan pertemuan dengan klien atau pihak yang terkait dengan perusahaan
  5. Menulis dan mendistribusikan email, memo korespondensi, surat, faks dan formulir.
  6. Membantu dalam penyusunan laporan terjadwal secara teratur seperti laporan bulanan
  7. Mengembangkan dan memelihara sistem pengarsipan
  8. Menyimpan dengan baik daftar kontak perusahaan
  9. Memesan pengaturan perjalanan dan siap melakukan perjalanan kapanpun dan dimanapun
  10. Memberikan dukungan yang bersifat umum kepada klien
  11. Membuat bahan presentasi
  12. Mampu mengoprasikan aneka jenis gadget
  13. Menghandle akun pribadi sang atasan
  14. Mampu mengolah kata dengan baik
  15. Pandai mengorganisasikan barang
  16. Mampu menjaga rahasia
  17. Memiliki selera fashion yang baik
  18. Memiliki ketahanan fisik yang bagus
  19. Memiliki kemampuan fotografi
  20. Mampu berkomunikasi dengan baik
  21. Mengetahui riwayat kesehatan bosnya
  22. Mampu memanajemen waktu
  23. Membekali diri dengan kemamuan berkendara
  24. Handphone aktif 24 jam
  25. Sikap pengertian pada atasan
  26. Mengetahui makanan dan minuman favorit atasan
  27. Menyiapkan obat-obatan untuk penyakit ringan (P3K)
  28. Mampu menghandle keuangan pengeluaran bos
  29. Kuat begadang
  30. Mampu membaca suasana hati bosnya
  31. Humoris

D. Tips Menjadi Asisten yang Profesional

1. Berjiwa Pemimpin

Asisten manajer adalah pemimpin yang terkadangng harus mewakili atasannya atas nama perusahaan dan bagi dirinya sendiri dengan baik karena asisten menejer juga merupakan pimpinan bagi orang-orang yang bekerja dibawahnya.

2. Manajemen Organisasi yang Baik

Dalam sebuah perusahaan akan banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh seorang asisten dan semua orang akan berasumsi bahwa asisten mampu membereskan semuanya untuk mereka. Asisten harus mampu menjaga fokusnya pada masa-masa sibuk dan mendelegasikan tugas-tugas kepada para karyawan untuk menjaga perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

3. Ramah

Sorang asisten harus memiliki keterampilan seperti customer service dalam hal kecakapan, bukan hanya berinteraksi dengan para karyawan kantor setiap harinya, tapi seorang asisten juga perlu melayani pelanggan yang memiliki banyak pertanyaan, pertimbangan dan keluhan.

4. Penuh Perhatian

Asisten haruslah sering menyapa sebagai bentuk perhatiannya kepada para karyawan untuk memotivasi mereka agar bisa sukses dan berkembang.

5. Pintar dan Intuitif

Memprediksikan apa yang dibutukan atasan keesokan harinya dan terus memperbarui berita lokal/nasioal, seolah bisa membaca apa yang akan terjadi.

6. Siap Siaga

Selalu bersama atasan kemanapun dia pergi & mencari tahu lingkungan dan orang-orang yang akan ditemui sehingga bila dalam suatu pertemuan atasan terlihat asing pada orang yang baru ditemuinya, maka asisten dapat membisikan beberapa informasi tentang profil orang tersebut sehngga atasan tidak terlihat begitu canggung.

7. Citrakan Atasan dengan Baik

Atasan mungkin tidak punya banyak waktu untuk menjenguk karyawan yang sakit maka asistenlah yang seharusnya memesan bunga dan buah-buahan untuk dikirimkan ke karyawan tersebut dan cari tau siapa saja orang-orang yang dianggap penting oleh atasan.