Apa yang Akan Hadir di Aplikasi Kesehatan Nantinya Prediksi Tren dan Penggunaan



Industri kesehatan kini mengalami revolusi. Pasar kesehatan digital diperkirakan akan mencapai lebih dari 200 miliar dolar di akhir tahun 2020. Perkembangan teknologi memungkinkan individu untuk menangani kebutuhan kesehatan secara mandiri. Layanan aplikasi kesehatan seluler berkembang pesat dan memiliki daya tarik tersendiri. Aplikasi kesehatan membuka jalan bagi tren industri yang jauh lebih besar. Ini karena banyak orang merasa nyaman dengan aplikasi yang melacak dan memandu beberapa aktivitas terkait kesehatan mereka.

Dengan kemudahan aksesibilitas dan kenyamanan, aplikasi seluler kesehatan membantu orang untuk menjalani hidup sehat. Memanfaatkan aplikasi perawatan kesehatan di perangkat iOS dan Android, pasien kini dapat tetap berhubungan dengan penyedia layanan perawatan mereka selama 24/7. Beberapa aplikasi bahkan mampu mengintegrasi sejumlah perangkat dan dioperasikan menggunakan seluler. Permintaan pelanggan akan kemampuan aplikasi untuk menganalisis kesehatan mereka terus meningkat.

Orang-orang pun terus mengikuti tren penggunaan aplikasi seluler perawatan kesehatan. Secara tidak langsung, kehadiran aplikasi tersebut dapat meringankan beban rumah sakit secara signifikan, meningkatkan pemantauan pasien dan tersedianya cara yang lebih praktis untuk terhubung dengan dokter. Di bawah ini adalah beberapa tren yang akan mendorong pasar aplikasi kesehatan seluler dalam beberapa tahun mendatang.

Gangguan kronis pada kesehatan menjadi penggerak

Umur rata-rata orang meningkat tetapi juga menyebabkan peningkatan gangguan kronis yang memerlukan pemantauan terus-menerus. Jadi, penyakit kronis secara tidak langsung menjadi pendorong utama permintaan aplikasi kesehatan seluler. Aplikasi seluler mengurangi beban tekanan pada tenaga kesehatan.

Data kesehatan yang dihasilkan pasien

Patient-Generated Health Data atau PGHD menganalisis informasi dari teknologi aplikasi kesehatan. Informasi tersebut mencakup kebiasaan, geolokasi, riwayat pengobatan, data biometrik, dan riwayat pencarian terkait kesehatan. Ini adalah tren aplikasi seluler perawatan kesehatan yang menawarkan gambaran komprehensif tentang kesehatan pasien sehingga mengisi kesenjangan informasi.

Para ahli dapat menggunakan informasi tersebut untuk menilai dan membantu pasien. PGHD juga berguna untuk banyak aplikasi kesehatan lainnya. Analisis yang cermat terhadap data ini dapat secara signifikan mengurangi jumlah kunjungan pasien ke klinik kesehatan. Kemudian, mengurangi beban kerja rumah sakit.

Kebutuhan keamanan data yang meningkat

Mengumpulkan data dalam jumlah besar menggunakan teknologi dapat membantu para profesional lebih cepat menganalisa. Tapi disisi lain, juga membahayakan karena data tersebut tidak hanya berharga bagi industri kesehatan. Peningkatan penggunaan aplikasi juga meningkatkan kebutuhan akan keamanan. Penting untuk memastikan data tetap aman dari eksploitasi.

Tak hanya berharga bagi peretas dan penjahat lainnya, perusahaan asuransi juga memiliki andil besar dalam mengumpulkan detail kebiasaan dan kesehatan klien mereka. Inilah mengapa para ahli memperkirakan bahwa akan ada peningkatan permintaan untuk teknologi penganoniman seperti VPN. VPN dapat mengenkripsi koneksi dan menyembunyikan alamat IP sehingga mampu mencegah adanya profil digital.

Meningkatkan akurasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis AI

Kecerdasan buatan menembus banyak sektor termasuk industri aplikasi kesehatan. Dengan adanya aplikasi kesehatan pada teknologi berbasis AI, dapat memberikan layanan yang lebih mendalam kepada pengguna. Beberapa tahun mendatang, AI akan mulai mengambil peran sentral dalam mengantisipasi perilaku negatif masyarakat dan membantu mengadopsi kebiasaan yang lebih aman dan sehat.

Selain itu, Machine Learning juga memungkinkan penambahan kemampuan interaksi yang luar biasa dan mengotomatiskannya. Di tahun-tahun mendatang, Machine Learning akan membantu aplikasi kesehatan untuk bernalar dan memecahkan masalah kesehatan.

Peningkatan aplikasi untuk relaksasi dan pemantauan suasana hati

Masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi menjadi pusat perhatian karena disaat stigma menurun, jumlah kasus akan meningkat. Praktisi kesehatan membutuhkan aplikasi yang lebih untuk kesehatan mental sehingga permintaannya akan terus bertambah. Aplikasi kesehatan sangat berguna bagi individu yang belum siap untuk membuka permasalahan kesehatan mental mereka ke orang lain. Saat ini, telah ada banyak aplikasi yang berorientasi pada kesehatan mental.

Komunikasi yang lebih baik dan cepat

Terdapat semakin banyak metode komunikasi baru melalui ponsel pintar, termasuk dalam aplikasi kesehatan. Aplikasi kesehatan menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka kepada praktisi. Bukan berarti hal tersebut menghapus tatap muka, tetapi dapat mengurangi banyak kendala yang biasa terjadi pada proses pengkajian data klien.

Layanan pembayaran

Mengatur uang tunai dan melakukan pembayaran selama keadaan darurat medis tidak lagi menjadi suatu masalah. Dengan meluasnya penggunaan pembayaran seluler, pemrosesan transaksi telah memungkinkan akses yang lebih mudah ke pelayanan perawatan kesehatan, terutama dalam situasi darurat.

Beberapa merek aplikasi kesehatan menawarkan solusi pembayaran seluler yang aman dan tidak merepotkan pasien dengan bermitra bersama penyedia layanan kesehatan. Ada beberapa metode pembayaran seperti dompet seluler, komunikasi Nirkabel Jarak Dekat (NFC), portal pembayaran, dan lainnya yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi seluler perawatan kesehatan.

Kesimpulan

Di tengah situasi yang cukup memprihatinkan seperti saat ini, kebutuhan akan aplikasi seluler kesehatan meningkat secara eksponensial. Ini meringankan beban petugas kesehatan dengan menghubungkan pasien secara online dan bahkan menawarkan pelacakan kontak untuk mencegah penyebaran virus. Dengan begitu, pasar aplikasi kesehatan diprediksi akan terus meningkat di akan datang.

Teknologi baru memfasilitasi gelombang aplikasi yang cerdas dan bermanfaat. Aplikasi kesehatan menambah kapasitas bagi industri perawatan kesehatan yang selama ini terbebani. Selain itu, ini juga memberikan semua orang cara baru untuk mengelola kesehatan mereka dari mana pun. Tentunya, juga membuka peluang besar bagi tenaga kesehatan untuk berinteraksi minim resiko dengan pasien.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.