Home Kesehatan Fisik Macam Penyakit yang Dapat Terjadi Pada Sistem Reproduksi

Macam Penyakit yang Dapat Terjadi Pada Sistem Reproduksi

Macam Penyakit yang Dapat Terjadi Pada Sistem Reproduksi

Kesehatan sistem reproduksi merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga setiap manusia, karena akan berpengaruh terhadap keturunan. Jangan sekalipun menyepelekan kesehatan sistem reproduksi, agar tidak berakibat pada kemandulan. Setidaknya ada beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi pada sistem reproduksi manusia.

Penyakit yang Dapat Terjadi Pada Sistem Reproduksi

1. HIV atau AIDS

HIV merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan salah satu penyebabnya akibat adanya kontak langsung saat berhubungan seksual. Hiv juga bisa ditularkan dengan cara berbagai jarum dan penularan HIV sangatlah mengancam keselamatan, sehingga harus dihindari. Hindari melakukan peminjaman jarum dan melakukan hubungan seksual sembarangan, menjadi cara ampuh mencegah HIV.

Meskipun ada beberapa pengobatan yang bisa meringankan penderita HIV, namun HIV tetap berbahaya. Perempuan yang mengidap HIV biasanya akan sulit mendapatkan keturunan dan apabila memiliki keturunan, maka keturunannya akan mengidap HIV juga. HIV masuk dalam salah satu penyakit yang belum ada obat penyembuhnya, sehingga sangat sulit melepaskan penyakit ini dari alat reproduksi.

2. Endometriosis

Endometriosis merupakan salah satu penyakit yang biasanya diakibatkan adanya jaringan yang tumbuh pada dinding uterus. Orang yang mengalami Endometriosis biasanya akan merasakan sakit yang berlebihan saat menstruasi dan hal ini harus cepat diatasi dengan baik, agar tidak berperpengaruh atau mengancam kesuburan.

siapa saja yang mengalami kesulitan saat memiliki keturunan, akan sangat rentan terkena Endometriosis. Untuk mencegah terserang Endometriosis, anda bisa melakukan pola hidup yang lebih sehat, olahraga teratur, pilih makanan yag sehat dan hindari stres. Makanan yang bergizi akan sangat berperan penting terhadap kesehatan.

3. Kanker Serviks

KAnker serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, sehingga tidak boleh untuk disepelekan dan kanker serviks biasanya timbul akibat serangan HPV atau human papilloma virus. Perempuan yang mengidap kanker serviks akan sulit untuk mendapatkan keturunan dan penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan pola hidup yang lebih sehat.

4. PCOS

Banyak sekali perempuan yang baru merasakan permasalahan PCOS di reproduksi saat menjalani program kehamilan. Polycystic ovary syndrome atau PCOS biasanya terlihat saat adanya kantong yang berisikan cairan di bagian ovarium, sehingga PCOS sangat berkaitan dengan hormon. Untuk mencegah PCOS, maka anda harus melakukan pola hidup yang baik.

5. Fibroid Rahim

Uterine Fibroid atau fibroid rahim adalah suatu penyakit yang sangat banyak menyerang sistem reproduksi dan para penderitanya biasanya tidak mengalami gejala apapun, sehingga proses deteksinya lumayan sulit. Fibroid rahim biasanya akan bisa terdeteksi langsung oleh hasil USG yang dilakukan oleh pihak rumah sakit atau dokter.

6. Gonorrhea dan Chlamydia

Gonorrhea dan Chlamydia merupakan penyakit yang berhubungan dengan adanya infeksi seksual dan kedua penyakit ini sangat menganggu kesehatan sistem reproduksi. Apabila gonorrhea dan chlamydia dibiarkan, maka bisa menyebabkan terjadinya radang panggul. Untuk menghindari penyakit ini, maka anda jangan melakukan hubungan seksual dengan beda pasangan.

7. Disfungsi Seksual

Perempuan yang mengalami disfungsi sosial biasanya akan merasakan nyeri saat melakukan hubungan seksual dan tidak memiliki hasrat seksual yang tinggi. Disfungsi seksual yang dibiarkan, tentu akan berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Untuk mencegah penyakit ini, maka anda harus melakukan komunikasi baik dengan pasangan dan melakukan hubungan seksual dengan baik.

Sekian bahasan singkat mengenai penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.