Manfaat Dan Efek Samping Buah Nanas
No ratings yet.

Manfaat Dan Efek Samping Buah Nanas – Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Buah-buahan tropis yang berasal dari jajaran negara Amerika Latin ini hampir ditemui disetiap negara dengan beriklim tropis. Budidaya nanas banyak ditemukan didaerah Afrika dan beberapa negara dengan iklim hangat lainnya. Salah satu negara bagian Amerika serikat yaitu Hawaii menjadikan nanas sebagai ikon buah lokal yang sampai saat ini populer.

Buah berwarna kuning dengan ciri khas menyerupai mahkota dengan kulit kasar dan daun berduri ini memiliki rasa yang segar dengan daging buah yang tebal dan mengandung 90% air. Nanas sering diolah sebagai minuman karena kandungan airnya yang banyak dan segar. Banyak juga yang mengolah nanas sebagai produk cemilan, manisan, selai, atau ice cream.

Membudidayakan nanas juga dirasa tidak terlalu rumit sehingga sebagian besar hasil panen nanas selalu berhasil. Nanas juga digemari hampir setiap orang dan menyebar di seluruh dunia. Pasar nanas yang besar inilah yang menjadikan para petani nanas terus membudidayakan buah ini meskipun harganya yang relatif murah untuk buah yang memiliki banyak manfaat.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi Buah Nanas

Komponen gizi pada nanas meliputi Vitamin yang terdiri dari Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Mineralnya terdiri dari kalsium, kalium, magnesium, natrium, iodium, sulfur dan khlor. Zat besi, antoksidan, protein, energi, mangan, sukrosa, dan juga karbohidrat tidak luput melengkapi nutrisi komplit yang disajikan pada setiap potongan buah tropis segar ini.

Dibalik Kekayaan Manfaat Nanas Si Buah Mahkota

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung, tentunya menjadikan nanas tidak hanya sekedar buah-buahan dengan rasa manis dan sedikit masam sebagai makanan atau minuman pemenuh selera saja. Mengkonsumsi nanas dengan anjuran dan dosis yang telah ditentukan memberikan efek positif bagi kesehatan karena akan memenuhi jenis nutrisi harian dan memelihara organ tubuh manusia. Berikut manfaat nanas untuk kesehatan.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :

  1. Kalium yang berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah asam urat, hal ini juga terkadung dalam Buah Nanas Madu.
  2. Vitamin C berfungsi menghancurkan lemak sehingga sangat cocok sebagai makanan penurun berat badan dan buah Diet alami. Sehingga akan sangat efektif jika dikonsumsi oleh wanita yang ingin melakukan Program Diet untuk kecantikan tubuh, tetapi ingat Nanas bisa berbahaya bagi Ibu Hamil seperti penjelasan yang akan dituliskan dibawah.
  3. Serat pada nanas juga melancarkan dan mengatasi masalah pada sistem pencernaan.
  4. Mangan dan kalsium pada berperan dalam menguatkan tulang.
  5. Antioksidan sebagai penguat sistem imun sehingga dapat mencegah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti flu, ganguan sistem pernafasan dan sel kanker.
  6. Bromelain pada buah nanas yang memiliki sifat anti inflamasi enzim tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam Tubuh.
  7. Vitamin C dan B1 pada Buah Nanas memiliki manfaat untuk meningkatkan energi dan imunitas tubuh pada Pria.

Disisi lain, nanas juga menyimpan efek samping yang bruk bagi kesehatan manusia. Tentu efek samping tersebut terjadi apabila dosis dalam mengkonsumsi nanas berlebihan atau tidak sesuai dengan anjuran dan kadar nutrisi serta gizi yang dibutuhkan setiap hari. Nanas juga akan berdampak merugikan bagi segelintir orang dengan gangguan kesehatan tertentu. Berikut adalah efek samping buah nanas.

Efek Samping Buah Nanas Bagi Tubuh Manusia :

1. Keguguran bagi wanita hamil

Nanas memang sangat menggiurkan bagi wanita hamil karena rasa masam campur manisnya yang menggoda. Namun nanas sangat berbahaya bagi wanita hamil. Kandungan obortivum terutama pada nanas muda yang dapat menghancurkan dan melembutkan daging. Apabila dikonsumsi oleh wanita hamil, maka akan berakibat fatal seperti keguguran dan kerusakan pada janin yang sedang dikandung. Bahaya nanas untuk ibu hamil harus diketahui oleh semua wanita agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Memicu penyakit rematik

Nanas yang sudah dikonsumsi dan dicerna tubuh akan berubah menjadi zat fermentasi yang mirip dengan zat alkohol sehingga dapat menyebabkan peradangan pada persendian. Apalagi bagi orang yang sudah memiliki riwayat rematik sebelumnya. Mengkonsumsi nanas sebaiknya dibatasi atau dihindari apabila Anda tidak ingin memiliki penyakit rematik atau tidak ingin penyakit rematik semakin parah.

3. Alergi

Kelebihan mengkonsumsi vitamin C yang terdapat pada nanas dapat menyebabkan alergi seperti diare, mual, pusing, dan muntah-muntah. Selain itu, nanas juga meninggalkan rasa gatal pada mulut dan lidah yang disebabkan oleh enzim bromelain. Enzim tersebut memecah protein kolagen yang ada pada jaringan mulut dan lidah yang kemudian meninggalkan iritasi seperti bengkak dan sensasi gatal-gatal.

4. Pengaruh terhadap tingkat gula darah

Zat gula alami buah berupa sukrosa dan fruktosa pada nanas tergolong tinggi. Mengkonsumsi nanas secara berlebihan pada penderita diabetes dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah secara drastis. Bagi para penderita diabetes, asupan gula perlu dibatasi sehingga mengkonsumsi buah ini juga harus dibatasi.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.