Definisi Fenomena Sosial Adalah Arti Pengertian, Penyebab, Macam Jenis dan Contoh

Anda tentu sering mendengar kata ‘fenomena’ bukan? Tapi apakah Anda mengetahui arti dari kata fenomena itu sendiri? “fenomena kepadatan penduduk di salah satu kota di Indonesia” itulah kalimat yang menggambarkan sebuah fenomena. Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu fenomena, maka kali ini akan akan dibahas lebih lengkap dan jelas mulai dari pengertian, macam-macam dan contoh fenomena sosial.

A. Pengertian Fenomena Sosial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI fenomena merupakan segala yang bisa disaksikan dengan pancaindera kita dan bisa diterangkan atau dinilai secara ilmiah. Sedangkan menurut seorang ahli yang bernama Freddy Rangkuti (2011) pengertian fenomena ialah suatu fakta yang dapat ditemui di lapangan. Memang fenomena ini bisa kita temukan dimana pun dan kapan pun. Dan fenomena berasal dari Bahasa Yunani yaitu “phainomenom” yang memiliki arti “apa yang terlihat”.

Bisa disimpulkan bahwa fenomena sosial merupakan gejala-gejala ataupun sebuah peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Gejala sosial juga sering disebut dengan fenomena sosial yang dapat dipengaruhi oleh bentuk-bentuk perubahan sosial dan bentuk-bentuk tersebut tentunya tidak bisa dihilangkan tetapi bisa diantisipasi.

B. Penyebab Fenomena Sosial

Ada dua hal yang bisa menyebabkan terjadinya fenomena sosial, antara lain sebagai berikut:

1. Faktor Kultural

Faktor kultural adalah nilai yang tumbuh dan juga berkembang dalam sebuah komunitas masyarakat atau lingkungan.

2. Faktor Struktural

Sedangkan faktor struktural adalah keadaan yang dapat mempengaruhi struktur. Nah, struktur inilah yang disusun oleh adanya suatu pola tertentu.

C. Macam-Macam Fenomena Sosial

Ada berbagai macam fenomena sosial diantaranya:

1. Ekonomi

Fenomena sosial ini berkaitan dengan ekonomi seperti penghasilan, masalah kemiskinan, tingginya tingkat pengangguran dan lain sebagainya.

2. Budaya

Dalam fenomena sosial ini adanya pertentangan antara kebudayaan yang berbeda baik lokal ataupun internasional.

3. Lingkungan Alam

Dapat berupa bencana alam atau bisa juga penyakit.

4. Psikologis

Dan dari jenis fenomena sosial yang satu ini berupa gangguan kejiwaan yang dialami seseorang.

D. Bentuk Fenomena Sosial

Ternyata masalah sosial juga merupakan bentuk dari fenomena sosial. Masalah dapat dikatakan sebagai masalah sosial jika nilai-nilai yang ada tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Masalah sosial terdapat dua bentuk, yaitu:

1. Disorganisasi Sosial

Kegagalan ataupun kekurangan suatu sistem sosial yang membuat suatu kelompok atau individu tidak bisa mencapai tujuannya. Hal tersebut terjadi karena disebabkan tiga hal yaitu: proses sosialisasi yang lemah, kurang atau hancurnya komunikasi dan konflik yang terjadi.

2. Menyimpangnya Tindakan dan Tingkah Laku

Masalah sosial ini bisa disebabkan oleh masyarakat yang memiliki atau melakukan perilaku yang menyimpang.

E. Contoh Fenomena Sosial

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari fenomena sosial yang terjadi di masyarakat yang perlu Anda ketahui.

1. Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk biasanya ada di wilayah perkotaan yang menjadi pusat bisnis. Sesuai dengan namanya, kepadatan penduduk terjadi akibat jumlah penduduk yang terlalu banyak. Berbagai penyebab kepadatan kepadatan penduduk:

  • Tersedianya lapangan kerja
  • Angka kelahiran yang tinggi
  • Kondisi alam
  • Tidak meratanya pembangunan
  • Penduduk desa yang memutuskan untuk urbanisasi (berpindahnya warga desa ke wilayah perkotaan)

Ini terjadi karena masyarakat desa masih menganggap bahwa jika tinggal di kota, ekonomi mereka akan lebih baik. Cara untuk mencegah terjadi urbanisasi:

  • Akses transportasi dan komunikasi yang mudah
  • Meratanya pembangunan
  • Pendidikan di desa dan perkotaan disamaratakan
  • Fasilitas kesehatan yang memadai
  • Wilayah pemerintahan yang merata
  • Menciptakan lapangan kerja yang cukup banyak di desa
  • Fasilitas yang terbengkalai segera diperbaiki
  • Memberikan edukasi ke masyarakat desa mengenai kehidupan yang sesungguhnya di kota
  • Lebih memprioritaskan pembangunan pada daerah yang membutuhkan
  • Mengembalikan tenaga kerja dari kota ke desa asalnya melalui program yang tersedia

2. Kriminalitas

Fenomena sosial yang bersifat negatif ini memang melanggar hukum dan juga norma yang ada sehingga dapat menimbulkan kerugian dan juga pertentangan yang berasal dari masyarakat. Untuk seseorang yang melakukan kriminalitas akan ada hukum yang menjeratnya. Tapi kriminalitas terjadi juga di ikuti dengan berbagai faktor endogen seperti rasa sakit hati, motivasi dan niat. Sedangkan faktor eksogennya seperti faktor lingkungan, kesenjangan sosial hingga ekonomi.

3. Pencemaran Air

Salah satu permasalahan yang ada di Indonesia adalah pencemaran air, sehingga sebagian masyarakat kekurangan air bersih untuk dikonsumsi karena tingginya tingkat pencemaran. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara di dunia juga memiliki masalah dengan pencemaran air ini. Karena pencemaran air bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada suatu negara seperti tingkat kematian yang tinggi, munculnya berbagai penyakit, erosi, merusak ekosistem air, longsor dan nelayan juga mendapat kerugiannya. Untuk cara mengatasi pencemaran air maka perlu diadakan pengolahan limbah yang baik dan benar.

Dari berbagai contoh fenomena sosial diatas, tentunya masih ada banyak lagi fenomena sosial di luar sana yang terjadi. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.