Pengertian Fotografi Adalah Definisi Arti Sejarah Macam Jenis dan Contoh

Sekarang ini semakin banyak saja ya orang-orang yang menggemari fotografi. Tapi apakah orang-orang yang menggemari fotografi tersebut sudah mengetahui atau memahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan fotografi? Ternyata ada sebagian orang juga yang belum mengetahuinya, meskipun fotografi adalah hobi mereka. Fotografi dianggap hobi yang sangat menyenangkan dan juga menguntungkan karena selain bisa mengabadikan momen, fotografi juga menghasilkan uang yang cukup tinggi.

A. Pengertian Fotografi

Asal kata fotografi berasal dari serapan bahasa Inggris yaitu β€œphotography” yang memiliki arti dari bahasa Yunani kuno β€œphotos” atau cahaya dan β€œgrafo” menulis atau melukis. Maka dari itu fotografi merupakan proses melukis dengan menggunakan bantuan dari media cahaya.

Sedangkan untuk definisi dari fotografi yang lebih umum yaitu suatu proses atau metode yang digunakan untuk menghasilkan foto atau gambar dari suatu objek yang di inginkan dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek yang di inginkan tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

B. Sejarah Fotografi

Zaman dulu ada seseorang yang bernama Moti, ia mengamati suatu gejala yang bisa disebut dengan fenomena camera obscura. Fenomena camera obscura ini menunjukan suatu gejala jika di suatu ruangan gelap dan terdapat lubang kecil pada dindingnya, maka bagian dalam ruangan gelap tersebut akan terefleksikan jadi pemandangan luar ruangan dapat dilihat secara terbalik di dinding ruangan tersebut. Selang beberapa abad kemudian, fenomena yang diamati oleh Moti dikagumi oleh banyak orang dan bahkan tokoh terkenal seperti Aristoteles pun mengaguminya.

C. Jenis-Jenis Fotografi

Sekarang mari kita mengetahui apa saja jenis-jenis dari fotografi tersebut :

1. Macro Photography

Contoh Gambar Foto Macro Photography Galeri

Anda sering melihat foto-foto dengan objek yang kecil seperti bunga ataupun bintang? Jika iya, itulah yang dinamakan dengan macro photography. Tujuan dari macro photography adalah membuat objek yang sangat kecil bisa terlihat sangat dekat tentunya dengan detail yang tidak mengecewakan. Agar bisa melakukan macro photography, pastinya Anda perlu memiliki kamera dengan kualitas zoom yang baik.

2. Portrait Photography

Memang ada banyak sekali jenis fotografi di dunia ini tapi yang paling populer adalah portrait photography. Kenapa paling populer? Karena jenis ini memiliki karakteristik yang unik yaitu memiliki kekuatan utama dari keunikan dan kepribadian yang unik dari setiap orang.

Contoh Gambar Foto Portrait Photography Galeri

Bukan hanya foto indah saja yang harus dihasilkan tapi juga harus mampu menangkap mimik, ekspresi, suasana hati, kepribadian seseorang agar dapat menghasilkan foto yang lebih berkesan. Nah, untuk mendapat hasil yang baik maka fokus utamanya adalah wajah seseorang.

3. Wildlife Photography

Wildlife photography umumnya dilakukan oleh seseorang yang sudah profesional karena untuk memotret objeknya harus menemui hewan-hewan buas dan hewan-hewan tersebut bebas berkeliaran.

Contoh Gambar Foto Wildlife Photography Galeri

4. Landscape Photography

Ada banyak pemandangan alam yang pastinya indah di dunia ini. Bukan hanya mengunjunginya saja, tapi mengabadikannya juga suatu kewajiban agar menjadi kenangan untuk Anda. Landscape photography memang memfokuskan pada objek pemandangan alam seperti bukit, pantai, gunung, laut dan lain sebagainya.

Contoh Gambar Foto Landscape Photography Galeri

Ada trik tersendiri agar hasil jepretan landscape photography yang Anda hasilkan bagus, yaitu dengan menunggu momen yang pas. Misalnya saja memotret sunset atau sunrise yang gambarnya bisa Anda ambil saat cuaca sedang cerah saja.

5. Fashion Photography

Contoh Gambar Foto Fashion Photography Galeri

Fashion photography memang lebih menekankan ke pakaian atau fashion dari si model. Karena sekarang ini semakin banyak saja orang-orang yang menggemari fashion, jadi fashion photography juga semakin diminati.

6. Human Interest Photography

Contoh Gambar Foto Human Interest Photography Galeri

Human interest photography ini memang objeknya manusia sehingga bisa dikatakan hampir sama dengan portrait photography. Hanya saja ada perbedaan diantara kedua jenis tersebut, karena human interest photography lebih menonjolkan objek sisi kehidupan manusia ataupun kehidupan manusia sehari-harinya. Dan jenis ini memiliki tujuan agar dapat membangun empati atau simpati dari si penikmat foto.

7. Aerial Photography

Contoh Gambar Foto Aerial Photography Galeri

Anda sering memotret objek dari atas ketinggian? Inilah yang disebut dengan fotografi jenis aerial. Karena memiliki ciri yang unik, aerial photography seakan-akan membuat penikmatnya sedang terbang karena bisa melihat segalanya dari ketinggian.

8. Stage Photography

Contoh Gambar Foto Stage Photography Galeri

Sesuai dengan namanya jenis yang satu ini memang mengambil objek yang sedang berada di atas panggung. Ada tantangan tersendiri saat ingin mengambil objek diatas panggung karena lighting suka berubah-ubah dan gerakan juga tidak bisa diprediksi.

9. Food Photography

Contoh Gambar Foto Food Photography Galeri

Tidak mudah untuk seorang fotografer memotret makanan, karena harus membuat komposisi makanan tersebut terlihat menggoda. Selain itu juga perlu membuat jelas tekstur dan juga detail dari makanan yang ingin di foto.

10. Sport Photography

Contoh Gambar Foto Sport Photography Galeri

Sport photography muncul dengan tujuan mengabadikan momen yang ada ketika bertanding di lapangan. Sebaiknya fotografer menggunakan lensa tele agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

11. Architectural Photography

Contoh Gambar Foto Architectural Photography

Angle foto memang sangat penting jika ingin memotret objek gedung agar komposisi yang di dapatkan menjadi lebih indah dan juga menarik. Biasanya architectural photography digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti promosi apartmen, hotel ataupun gedung.

Jadi jika Anda ingin memotret sebuah objek, pastikan untuk menunggu momen yang di inginkan dan komposisi foto juga harus pas ya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.