Pengertian Budaya Adalah Hakikat, Manfaat dan Contoh

Kata Budaya pasti sudah sering terdengar di masyarakat, pasalnya budaya adalah hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari sejak manusia dilahirkan. Terlebih untuk bangsa Indonesia yang memang masyarakatnya sangat lekat dengan budaya. Pada masyarakat di tanah air, setiap daerah memiliki budayanya sendiri-sendiri dengan berbagai bentuk dan kebiasaan yang berbeda.

Budaya yang berbeda satu sama lain ini justru membuat masyarakat menjadi semakin kaya dan juga semakin banyak belajar. Sisi positif lain dari perbedaan budaya sendiri adalah dapat memupuk rasa toleransi, solidaritas dan juga kepekaan yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan masyarakat homogen yang tidak terbiasa dengan perbedaan.

A. Pengertian Budaya

Budaya sebetulnya memiliki arti yang sangat luas. Jika di telusuri lebih jauh, orang Indonesia memiliki pengertian tersendiri soal menjabarkan arti dan mengemukakan pengertian dari kata budaya. Kata budaya untuk orang Indonesia bukanlah dari bahasa Inggris culture melainkan dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhaya. Buddhaya adalah bentuk jamak dari kata buddhi yang diartikan sebagai segala hal yang berhubungan dengan akal manusia atau juga disebut dengan budi. Dalam hal satu ini, budaya sangat erat kaitannya dengan cara berkomunikasi antara sesama manusia atau juga berkaitan dengan perkembangan bahasa.

Secara umum definisi atau pengertian budaya adalah istilah umum yang mencakup perilaku dan norma sosial yang ditemukan dalam masyarakat serta pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, adat istiadat, kemampuan, dan kebiasaan individu dalam kelompok-kelompok pada suatu daerah. Budaya merupakan karakteristik dan pengetahuan kelompok tertentu, yang meliputi bahasa, agama, makanan, kebiasaan sosial dan seni. Budaya juga bisa diartikan sebagai suatu hal yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat di suatu daerah dan berkaitan dengan adat istiadat yang berkembang turun temurun yang diwariskan kepada anak cucu dan sangat dilestarikan keberadaannya. Sebab budaya bukanlah sesuatu yang terjadi secara instan dan sebentar.

Baca Juga : Pengertian Budaya Lokal Menurut Para Ahli dan Contohnya

B. Manfaat Budaya

Budaya nyatanya memiliki beberapa manfaat yang sangat terasa untuk para pelaku maupun untuk orang di luar lingkup budaya tersebut. Setidaknya budaya memiliki lima manfaat yang bisa anda rasakan benar adanya dalam kehidupan sehari-hari, apa sajakah itu?

1. Menumbuhkan sikap nasionalisme

Budaya di setiap tempat pastinya berbeda dan hal ini dapat menciptakan rasa cinta tanah air atau nasionalisme. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pasalnya perbedaan budaya adalah salah satu bentuk kekayaan yang dimiliki oleh bangsa.

2. Menjadi identitas di mata dunia

Sebuah budaya dapat menjadi identitas yang mudah dikenal di mata dunia. Keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia dapat menjadi daya tarik dan juga bisa menjadi salah satu hal yang dikenal oleh dunia dengan mudah. Seperti contohnya artefak-artefak yang ada di Indonesia dapat menjadi salah satu identitas negeri.

3. Alat pemersatu bangsa

Keberagaman budaya yang ada di negeri ini dapat saling melengkapi dan menjadi pemersatu bangsa. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia justru membuat bangsa semakin kuat dan juga saling membutuhkan.

4. Menumbuhkan sikap toleransi

Keberagaman yang ada di masyarakat membuat bangsa ini hidup berbeda dengan terbiasa sehingga menumbuhkan sikap toleransi sedari dini. Sikap toleransi yang kuat juga akan menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi.

5. Pengetahuan yang majemuk

Budaya yang beragam tentunya dapat menjadi suatu sumber ilmu pengetahuan yang majemuk, bahkan bukan hanya untuk bangsa tapi juga untuk dunia.

Baca Juga : Pengertian Seni – Cabang Jenis, Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari

C. Contoh Budaya

Budaya yang ada di tanah air sangat beragam bentuk dan jenisnya, ada yang berupa tarian, lagu, cerita rakyat, prasasti, kitab, kain, ukiran dan sebagainya. Beberapa contoh budaya yang ada di Indonesia seperti batik, tari-tarian daerah seperti tari Suanggi dari Papua Barat dan juga lagu daerah seperti Rasa Sayange.

Beberapa pengertian, manfaat dan juga contoh dari budaya seperti yang telah dijelaskan di atas hanyalah sebagian, pasalnya untuk menjelaskan budaya nyatanya tidak bisa hanya dalam teks pendek karena pengertiannya yang sangat luas.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.