Pengertian Peribahasa : Jenis dan Contoh Ungkapan

Bahasa dan sastra telah menjadi beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahasa akan menjadi alat kita berkomunikasi satu sama lain selama kita melakukan kegiatan dan hidup bermasyarakat. Sastra adalah salah satu hal yang erat berkaitan dengan diri kita. Bahkan sastra telah menjadi salah satu pelajaran yang dipelajari bahkan oleh siswi kelas satu sekolah dasar sekalipun.

Salah satu jenis karya sastra atau hasil dari sastra sendiri yang telah banyak kita pelajari dan diketahui masyarakat sejak zaman dahulu, baik tua ataupun muda adalah paribasa. Paribasa adalah kata yang sangat familiar di telinga kita. Tua hingga muda semua mengetahui kata ini. Namun apakah anda tahu pengertian peribahasa yang sesungguhnya?

Pengertian Peribahasa

Di sini kita akan membahas tentang apa sebenarnya pengertian dari peribahasa. Peribahasa adalah sekelompok kata atau penggabungan kalimat yang mempunyai suatu maksud. Kelompok kata ini mempunyai maksud untuk menjelaskan keadaan seseorang, mengungkapkan suatu kelakuan, mengungkap perbuatan ataupun hal-hal yang menyangkut dengan identitas.

Peribahasa juga tidak hanya sekumpulan kata saja. Namun terdapat beberapa cakupan peribahasa yaitu pepatah, ungkapan, perumpamaan, tamsil, dan ibarat. Tentu saja untuk dapat membedakan suatu kelompok kata tertentu dengan peribahasa, paribasa mempunyai beberapa ciri khas. Berikut adalah ciri khas peribahasa.

  1. Peribahasa mempunyai unsur dan struktur kalimat yang tetap
  2. Peribahasa adalah sekelompok kata yang bertujuan untuk mengkiaskan sesuatu (kiaan terhadap suatu hal tertentu atau maksud tertentu
  3. Penggunaan kalimat atau kata-kata dalam peribahasa mempunyai kecenderungan mengandung kesan dalam serta penuh dengan makna.
  4. Arti yang ditimbulkan dari peribahasa sendiri memiliki cakupan yang cukup luas.

Peribahasa ini umumnya tidak digunakan dalam komunikasi dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Peribahasa umumnya digunakan pada keadaan-keadaan tertentu seperti pada ranah pendidikan, untuk menyadarkan seseorang dari perbuatan mereka, memberikan nasihat dan lain-lain. Namun salah satu bangsa di Indonesia menggunakan peribahasa ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Salah satu suku daerah yang menggunakan peribahasa dalam kehidupan sehari-hari mereka adalah dengan menggunakan peribahasa. Peribahasa banyak digunakan untuk melakukan ekspresi diri dalam kehidupan sehari-hari,

Jenis Peribahasa

Peribahasa tidak hanya serta merta peribahasa saja. Peribahasa memiliki beberapa jenis yang perlu untuk diketahui oleh masyarakat.

1. Bidal adalah sebuah peribahasa yang dibedakan melalui isi. Bidal merupakan peribahasa yang isinya banyak mengandung sindiran, peringatan, bahkan ejekan.

2. Perumpamaan adalah salah satu peribahasa yang melakukan perbandingan. Perbandingan ini dilakukan dengan membandingkan manusia dengan alam-alam yang ada disekitar.

3. Pepatah adalah salah satu jenis pepatah yang banyak dilontarkan orang-orang tua kepada orang yang lebih muda. Paribasa ini mengandung nasihat,

4. Ungkapan adalah peribahasa yang banyak menggambarkan tindak tanduk perilaku seseorang. Dalam kasus lain, ungkapan dapat berupa pengungkapan pada keadaan alam. Dalam ungkapan setiap kata harus dikaitkan dengan satu sama lain untuk dapat membuat makna utuh.

5. Pameo adalah salah satu jenis peribahasa. Pameo adalah peribahasa yang berisi semboyan. Isi dari pameo ini biasanya digunakan untuk mengobarkan semangat bagi siapapun yang mendengarnya.

Contoh Peribahasa

Berikut adalah beberapa contoh peribahasa untuk dapat memberikan gambaran jelas bagi anda.

  • โ€œSedia payung sebelum hujan.โ€
    Berjaga-jaga sebelum terjadi suatu hal yang buruk
    .
  • โ€œBerakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepianโ€
    Lebih baik bersusah-susah terlebih dahulu, baru bersenang-senang kemudia.
    .
  • โ€œMakan hati berulam rasaโ€
    Mendapatkan derita atau rasa sakit hati akan perbuatan orang yang kita sayang.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.