Pengertian Apresiasi Adalah - Arti, Bentuk Cara Da Manfaat

Secara etimologi kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris yaitu appreciation yang artinya menghargai dan apresiasi ini juga appreciate yaitu menyadari, mengahayati, menjiwai, menilai dan menghargai. Apresiasi juga dapat di artikan sebagai sebuah penghargaan atas capaian memuaskan atas kegiatan yang telah dilakukan oleh seseorang.

Banyak yang beranggapan bahwasanya gaji atau kenaikan gaji merupakan bentuk apresiasi yang sangat dibutuhkan karyawan untuk dapat bekerja maksimal. Akan tetapi berbicara tentang apresiasi tidak selamanya tentang uang. Saat ini uang saja tidak cukup untuk memuaskan para karyawan tetapi apresiasi lain dalam bentuk penghargaan, pengakuan, perhatian dan lain sebagainya juga dapat mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan dan juga kinerja karyawan.

A. Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

1. Alfred North Whitehead

Apresiasi merupakan suatu proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang pada sebuah kegiatan guna untuk memperoleh suatu hal dan berpartisipasi dalam penilaian secara keseluruhan.

2. Hornby

Apresiasi menurut Hornby mengacu pada pengenalan, pemahaman yang tepat pertimbangan, penilaian, serta pernyataan yang memberikan penialaian.

3. Jhon Dewey

Apresiasi adalah menikamat sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap suatu hal.

4. Jarret

Apresiasi merupakan sebuah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan dan pemanfaatan terhadap sautu hal tersebut.

5. Tirtawiraya

Apresiasi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya mutu atau kualitas dari sebuah karyawa sastra.

6. G.H. Hardy

Apresiasi merupakan seseorang yang appreciate terhadap suatu hal.

7. Syoyan Zakaria

Apresiasi merupakan sebuah respon yang diberikan oleh seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman kritis akan nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

B. Bentuk Apresiasi perusahaan kepada Karyawan

  1. Memberikan ijin keada karyawan untuk melakukan pekerjaan dari rumah.
  2. Menambah cuti karyawan
  3. Memberikan tiket liburan gratis pada karyawan
  4. Memberikan tiket acara bergengsi
  5. Berlibur bersama rekan-rekan kantor akan memperkuat tali persaudaraan diantara karyawan
  6. Sesekali memberikan voucer belanja pada karyawan sebagai kejutan
  7. Makan bersama disebuah restoran, memberikan piala dan sertifikat
  8. Memberikan barang favorit karyawan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian seorang pimpinan.
  9. Mengucapkan kata dua kata ajaib seperti mengucapkan terima kasih apabila telah melakukan pekerjaan baik itu pekerjaan besar atau kecil dan kata β€œtolong” apabila ingin menugaskan sesuatu.

C. Cara Mengapresiasi Karyawan

1. Beri apresiasi pada karyawan saat melakukan sesuatu yang baik

Sebagai seorang pemimpin yang baik, fokuslah untuk memperhatikan hal-hal baik yang telah karyawan lakukan dan hentikan untuk mencari-cari kesalahan karyawan. Rangkai kalimat yang positif untuk membantu membangun kepercayaan karyawan.

2. Beri pujian yang sifatnya spesifik

Dalam memberikan pujian pada karyawan tidak cukup hanya dengan mengatakan kalimat atau kata yang simple seperti β€œGood job” atau β€œbagus” saja. Tetapi lebih bagaimana anda menceritakan secara detail dan spesifik kepada karyawan alasan anda memujinya. Misalnya β€œsaya sangat senang dengan pelayanan anda terhadap customer, anda sangat telaten dan sabar, seperti yang saya harapkan”.

3. Pastikan kalimat apreseasi berada diakhir kalimat

Kalimat pujian yang berada diakhir kalimat akan lebih membuat karyawan lebih mudah terkesan dan merasa di hargai. Contoh β€œMenurut saya desain ini akan lebih hidup jika menggunakan warna merah, bagaimana menurut anda? Namun secara keseluruhan desain ini sangat bagus”.

4. Kenali setiap karyawan

Setiap Atasan wajib mengenal anggota timnya dan sampaikan apresiasi secara personal. Selain membantu menjaga hubungan baik dengan karyawan hal ini juga dapat menambah kepercayaan diri dalam tim kerja anda.

5. Pikirkan setiap orang yang terdapat dalam tim anda

Harus ditanamkan dalam hati yaitu semua berada dalam satu tim. Jangan hanya memberikan pujian pada karyawan yang berprestasi saja, tetapi juga untuk karyawan yang kurang berprestasi karena hal ini juga akan membantunya untuk terus belajar dan berkembang.

6. Tunjukan pada karyawan bahwa anda merupakan orang yang sangat peduli

Terkadang impinan dalam suatu perusahaan beranggapan bahwa mengetahui apa yang terbaik untuk karyawannya. Dan hal itu tidak selamanya benar, cobalah untuk bertanya pada tiap karyawan β€œapa yang membuat karyawan tersebut bahagia dalam perusahaan ?”.

Berikan kebebasan kepada karyawan untuk berkarya dalam lingkungan kerja, hal ini dapat memberikan dampak positif bagi karyawan dan juga perusahaan. Karena apabila karyawan merasa percaya diri dalam bekerja maka akan menghasilkan lingkungan kerja yang baik dan tentunya kinerjanya pun lebih baik.

D. Manfaat Menapresiasi Karyawan

  1. Membuat pekerjaan menjadi lebih produktif
  2. Karyawan merasa lebih bahagia
  3. Membuat karyawan menjadi loyal pada perusahaan
  4. Mengurangi angka pengunduran diri
  5. Meningkatkan reputasi perusahaan




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.