Secara umum definisi atau pengertian Mutasi pada pekerjaan karyawan atau pegawai merupakan suatu perubahan posisi/jabatan/pekerjaan/ tempat kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini menjadi salah satu tindak lanjut yang dilakukan dari hasil kinerja atau prestasi seorang karyawan. Pada dasarnya mutasi ini termasuk dari bagian pengembangan karyawan, dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan efiseinsi dan efektivitas kerja dalam perusahaan.
A. Pengertian Mutasi Kerja Menurut Para Ahli
1. Gouzali
Mutasi
merupakan pemindahan karyawan dalam bentuk pengalihan tempat atau pengalihan
tugas.
2. Kadarman
Mutasi merupakan kegiatan pemindahan karyawan dari satu jabatan ke jabatan yang lainnya secara horizontal tanpa diikuti dengan peningkatan gaji, tanggung jawab serta kekuasaan.
3. Nitisetimo
Mutasi
merupakan pemindahan karyawan dari lokasi ke lokasi lain yang sederajat.
4. Wahyudi
Mutasi
merupakan perpindahan pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi atau perusahaan
yang memiliki tingkatan level yang sama dengan posisi sebelumnya.
B. Macam Jenis Mutasi Kerja
1. Mutasi produksi
Mutasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan produksi dan produktivitas
2. Mutasi penggantian
Mutasi
yang bertujuan untuk mengganti karyawan yang sudah terlalu lama di departemen tertentu.
3. Mutasi remedial
Mutasi
yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan akibat mutasi yang sebelumnya tidak
memberikan atau menunjukkan hasil yang diharapkan.
4. Mutasi multifungsi
Mutasi yang
bertujuan untuk menghasilkan karyawan yang multitalent dan multitasking. Dengan
mutasi ini karyawan diharapkan dapat memiliki pengalaman dan pengetahuan luas
dan bervariasi
C. Tujuan Mutasi Kerja
- Meningkatkan produktviitas karyawan dalam bekerja
- Menciptakan keseimbangan antara tenaga kerja dengan komposisi jabatan atau pekerjaan
- Menambah dan memerluas pengetahuan karyawan
- Menghilangkan rasa bosan terhadap pekerjaan
- Sebagai pemicu agar karyawan mau dan terus berupaya dalam meningkatkan karir yang lebih tinggi.
- Sebagai pelaksanaan hukuman atau sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan
- Memberikan pengakuan dan imbalan terhadap prestasi yang telah dicapai oleh karyawan
- Sebagai alat pendorong agar semangat kerja terus meningkat melalui persaingan terbuka
- Sebagai tindakan pengamanan yang lebih baik
- Penyesuaian pekerjaan karyawan dengan kondisi fiksik karyawan
- Mengatasi perselisihan yang terjadi antar karyawan.
D. Landasan Dalam Pelaksanaan Mutasi
1. Merit system
Mutasi
karyawan yang didasarkan atas landasan yang bersifat ilmiah dan obyektif dan
prestasi kerja
2. Seniority system
Mutasi
karyawan yang didasarkan atas landasan lama kerja, usia, penglaman kerja dari
karyawan yang bersangkutan.
3. Spoil sysitem
Mutasi
yang didasarkan atas landasan kekeluargaan
E. Prinsip Mutasi Kerja
Prinsip
mutasi yaitu memutasikan karyawan pada posisi yang tepat dan pekerjaan yang
sesuai, agar semangat dan produktivitas karyawan terus meningkat.
F. Cara Mutasi Kerja
1. Mutasi secara ilmiah
- Mutasi yang dilakukan berdasarkan norma atau standar kriteria tertentu
- Berorientasi pada formasi riil kepegawaian
- Berorientasi pada kebutuhan riil karyawan
- Berorientasi pada tujuan yang beraneka ragam
- Berdasarkan obyektivitas yang dapat dipertanggungjawabkan
2. Cara mutasi tidak ilmiah
- Mutasi yang dilakukan tidak berdasarkan norma atau standar kriteria tertentu.
- Berorientasi semata-mata pada masa kerja dan ijazah tanpa melihat prestasi dari karyawan atau faktor-faktor yang riil.
- Berorientasi pada banyaknya anggran yang tersedia, bukan atas kebutuhan riil karyawan.
- Berdasarkan spoil system
G. Penyebab dan Alasan Mutasi Kerja
1. Permintaan sendiri
Mutasi
yang dilakukan atas keinginan karyawan dan mendapat persetujuan dari pimpinan
perusahaan
2. Alih tugas produktif (ATP)
Mutasi
yang terjadi atas kehendak pimpinan perusahaan dengan menempatkan karyawan
kejabatan atau pekerjaan yang sesuai dengan kecakapannya.
H. Kelebihan dan Kekurangan Mutasi Kerja
1. Kelebihan mutasi
a). Bagi perusahaan
- Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan hingga akhirnya menaikkan output dan income.
- Terdapat banyak karyawan yang menguasai bidang yang berebda. Hal tersebut akan membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan substitusi jika ada kebutuhan dan tak perlu lagi membuka lowongan kerja baru yang akan memperlambat laju perusahaan.
- Pemerataan antar cabang semakin nyata. Yang sebelumnya mungkin kurang dapat menjadi surlplus dengan kehadiran karyawan baru yang membawa perubahan. Transfer ilmu antar cabang atau departemen juga memberikan hasil yang memuaskan.
b). Bagi karyawan
- Menumbuhkan semangat baru
- Menambah pengalaman serta memperluas pengetahuan
- Membuka kesempatan ke jenjang karir yang lebih tinggi
2. Kekurangan mutasi
a). Bagi perusahaan
- Turunnya income sebagai menurunnya semangat kerja karyawan
- Perusahaan menjadi kesulitan mencari tenaga kerja baru apabila ada karyawan yang berhalangan.
- Jika mutasi tidak berhasil, bisa saja departemen yang sebelumnya baik akan mengalami penurunan.
b). Bagi karyawan
- Semangat kerja yang menurun akibat tempat baru yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasinya
- Menurunya produktivitas akibat dari karyawan dituntut untuk mempelajajari hal baru
- Daat menghambat karir karena merasa semakin terbebani.
Rekomendasi:
- Pengertian Tunjangan : Arti, Tipe, Jenis Dan Tips Secara umum definisi atau pengertian tunjangan adalah sejumlah uang yang dialokasikan atau yang diberikan secara rutin kepada karyawan dengan tujuan tertentu. Tunjangan juga dapat diartikan sebagai unsur-unsur balas jasa yang…
- Pengertian Prosedur : Arti, Tipe, Ciri, Sifat, Prinsip,… Secara umum definisi atau pengertian prosedur adalah cara menyelesaikan suatu pekerjaan yang telah dirumuskan. Prosedur juga dapat diartikan sebagai faktor yang sangat berperan penting dalam pelaksaan suatu tugas dan tanggung…
- 12 Manfaat Kemitraan dalam Bisnis, Sudah Tahu? Jagad.id - Manfaat Kemitraan dalam Bisnis - Kemitraan dalam bisnis mengacu pada bentuk hukum perjanjian antara dua atau lebih pihak di mana kedua belah pihak setuju untuk mengelola dan menjalankan…
- Pengertian Otomotif Kendaraan merupakan alat transportasi yang banyak digunakan di era modern ini, dimana dalam dunia teknologi kendaraan biasa disebut dengan otomotif. Dalam kendaraan ini terdapat serangkaian mesin yang berguna untuk menggerakkan…
- Tugas Administrasi Gudang Administrasi gudang merupakan cabang administrasi yang banyak dibutuhkan di perusahaan dagang dan produksi. Tugas administrasi gudang secara umum tidak jauh berbeda dengan administrasi biasa di perkantoran. Hanya saja, ada beberapa…
- Pengertian Modal : Sumber Modal dan Jenis Modal Pengertian Modal Menurut Para Ahli, Sumber Modal dan Jenis Modal – Modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya modal, perusahaan bisa melaksanakan aktivitas…
- Profesional : Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya Jagad.id - Profesional merupakan kata yang cukup sering diucapkan dan didengar. Tidak hanya di sebuah perusahaan, kalangan akademisi juga tak jarang mengucapkan kata ini. Apa sesungguhnya profesional itu? Bagaimana ciri-ciri…
- Pengertian Inventarisasi Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Jagad.id - Pengertian Inventarisasi - Administrasi yang baik merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam suatu instansi atau perusahaan. Dengan adanya hal tersebut data yang diinginkan oleh pimpinan akan…
- Pengertian Improvement : Arti, Prinsip, Manfaat, Tahap Dan… Jagad.id - Pengertian Improvement - Improvement atau continuous improvement merupakan usaha-usaha sistematis dan berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengeliminasi suatu masalah dan upaya mengembangkan atau memperbaiki produk, pelayanan maupun…
- Arti Produsen (Ekonomi) Adalah : Peran dan Bentuk Produsen adalah pihak yang melakukan produksi suatu barang maupun jasa yang bertujuan untuk dijual kepada konsumen atau kepada distributor. A. Peran Produsen Sebagai pihak yang memproduksi suatu barang maupun jasa…
- Internet, Ekstranet, Intranet : Pengertian dan Perbedaan Jagad.id - Internet Ekstranet Intranet. Di era serba modern sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang umum digunakan hampir semua orang. Sedangkan jaringan intranet adalah jaringan privasi atau privat network…
- CEO Adalah - Apa Itu CEO ? Saat mendengar kata CEO, apa yang tiba – tiba muncul dalam benak Anda? Sebagian besar orang berpendapat bahwa CEO merupakan pemimpin / pemilik perusahaan. Akan tetapi benarkah demikian? Kepanjangan katanya…
- Pengertian Sekretaris : Arti, Jenis, Tugas, Tipe dan Kode… Secara umum definisi atau pengertian sekretaris adalah seseorang yang bekerja untuk seorang pemimpin atau badan pimpinan pada suatu perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- 15 Pengertian Strategi : Strategi Pembelajaran dan… 15 Pengertian Strategi Menurut Para Ahlli, Strategi Pembelajaran dan Perusahaan – Dalam mencapai tujuan yang ingin Anda capai maka dibutuhkan sebuah cara dan rencana yang tepat dan sesuai dengan target…
- Tugas Staff Admin Dalam dunia administrasi ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi. Misalnya, admin sosial media, produksi, penjualan, gudang, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai tugas yang relatif…
- Pengertian Sugesti Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contoh Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa melakukan interaksi dengan sesamanya. Interaksi sosial menghasilkan berbagai macam hal dan salah satunya adalah sugesti. Hal tersebut dapat diartikan sebagai proses…
- Pengertian Kompensasi : Arti, Jenis, Kriteria, Faktor,… Secara umum definisi atau pengertian kompensasi adalah imbalan-imbalan finansial yang diterima oleh orang-orang yang bekerja atas jasa atau hasil kerjanya pada suatu organisasi atau perusahaan dimana imbalan tersebut dapat berupa…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli Berbicara tentang ilmu komunikasi, tentu anda harus mengetahui dulu beberapa hal dasar yang berkaitan dengan komunikasi. Secara umum, komunikasi adalah sebuah proses yang berkaitan dengan orang lain untuk menyampaikan sebuah…
- Pengertian Wirausaha : Tujuan, Ciri Ciri, Karakteristik dan… Wiraswasta atau wirausaha sudah menjadi pekerjaan yang banyak dipilih dan dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Bahkan banyak juga orang-orang yang memilih menjadi wiraswasta dibanding menjadi pekerja kantoran, sampai mereka sengaja…
- Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan… Finansial merupakan kata yang cukup familiar dikalangan para ekonomi atau siapapun yang bergerak dibidang ekonomi. Finansial sering diartikan dengan keuagan. Pengertian tersebut memang tidak salah, akan tetapi pada prakteknya pembahasan…
- Pengertian Instansi Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contohnya Kata ini tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Instansi merujuk pada badan atau lembaga pemerintahan. Penggunaan kata ini sering diikuti dengan kata pemerintah sebagai penjelas kepemilikan dan menekankan bahwa…
- Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Pengertian Sumber Daya Manusia - Suatu negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial,…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Pengertian Birokrasi Adalah : Ciri Ciri, Tujuan, Konsep dan… Berbicara mengenai sebuah organisasi, pernahkah terbayang oleh Anda apa yang membuat sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik? Jawabannya adalah sistem birokrasi yang baik serta bersifat akuntabel. Sesuai dengan judul…
- Pengertian Koperasi : Karakteristik, Fungsi, Prinsip, Macam… Di Indonesia, koperasi berawal dari lahirnya Bank Pertolongan dan Tabungan (Hulp en Spaarbank) yang didirikan oleh Raden Aria Wiria Atmaja pada tahun 1896 di Purwokerto. Koperasi merupakan salah satu bentuk…
- Pengertian Biaya Adalah : Definisi, Unsur-Unsur, dan… Belajar Akuntansi atau Ekonomi, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa itu biaya, definisi, unsur-unsur dan jenisnya secara lebih rinci dan mendalam. Karena bagaimanapun istilah tersebut sangat familiar dalam kehidupan…
- Pengertian Perusahaan : Arti, Unsur, Jenis, Fungsi dan… Secara umum definisi atau pengertian Perusahaan adalah suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat sehingga bisa memperoleh keuntungan. Perusahaan juga dapat…
- Pengertian Neraca : Macam Bentuk, Contoh Laba dan Rugi Jagad.id - Pengertian Neraca - Bagi masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi terutama yang berasal dari lulusan akuntansi, perbankan, manajemen hingga perdagangan pasti tidak asing lagi dengan istilah yang satu…