Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk SEO Terbaru

Jagad.idCara Mengoptimalkan Gambar Untuk SEO – Mengoptimalkan situs Anda untuk SEO adalah tugas rumit yang memerlukan pembaruan terus-menerus. Namun, dengan secara konsisten mengikuti beberapa praktik terbaik SEO, Anda akan melihat hasilnya. Sementara kebanyakan orang berpikir tentang kata kunci dalam teks biasa, gambar tidak boleh diabaikan dalam hal SEO. Gambar membuat konten lebih menarik dan merupakan peluang lain untuk SEO.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa gambar dan GIF penting untuk SEO dan cara mengoptimalkannya untuk memiliki kinerja yang maksimal.

Bagaimana Mesin Pencari Merayap (crawling), Mengindeks (indexing), dan Memberi Peringkat (ranking).

Sebelum masuk ke cara mengoptimalkan gambar untuk SEO, mari kita bahas secara singkat bagaimana fungsi mesin pencari (khususnya Google) dan bagaimana peringkat konten. Ada 3 langkah dalam cara Google memproses konten baru, termasuk gambar dan GIF: perayapan, pengindeksan, dan pemeringkatan.

  • Perayapan – “laba-laba” Google memindai halaman Anda untuk mengetahui isi konten Anda dan bagaimana strukturnya. Tautan sangat penting dalam tahap perayapan ini karena begitulah cara laba-laba menavigasi situs Anda. Mengirimkan peta situs Anda ke Google juga merupakan opsi untuk dirayapi.
  • Pengindeksan – Setelah situs Anda dirayapi, situs tersebut akan diindeks. Ini adalah metode Google untuk mengatur dan menyimpan informasi halaman web Anda berdasarkan teks, gambar, video, kata kunci, dan lainnya. Semua konten ini akan digunakan untuk menentukan peringkat situs web Anda di hasil pencarian Google.
  • Peringkat – Semua informasi yang dikumpulkan di langkah 1 dan 2 kemudian digunakan untuk menentukan peringkat situs Anda di hasil pencarian. Faktor-faktor seperti lokasi, perangkat, waktu muat, kepercayaan, dan lainnya juga menjadi pertimbangan. Namun, tidak ada faktor lain dalam peringkat yang lebih penting daripada maksud pencarian—apa yang sebenarnya dicari pengguna.

Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk SEO

Gambar membumbui konten Anda dan seringkali dapat menyampaikan pesan Anda lebih cepat dan lebih meyakinkan daripada teks saja. Ini termasuk GIF, bagan, dan diagram yang menurut banyak orang lebih mudah didekati daripada dinding kata-kata. Gambar Google juga telah menjadi alat pencarian penting dengan sendirinya, karena pencarian visual semakin populer. Jadi bagaimana kami dapat memberikan apa yang diinginkan pembaca sambil menyenangkan Google dan meningkatkan SEO kami?

Memilih Gambar Anda

Mungkin tidak perlu dikatakan lagi, tetapi gambar harus relevan dengan teks Anda untuk pengoptimalan gambar SEO. Ini berarti mencocokkan citra yang digunakan sebagai cara untuk mengilustrasikan konten teks Anda. Gambar yang Anda pilih juga harus relatif dekat dalam posisi halaman dengan teks yang terkait dengannya. Jika Anda mencoba memberi peringkat untuk gambar tertentu, cobalah untuk menambahkannya sedekat mungkin ke bagian atas halaman.

Sekali lagi, itu harus sesuai dengan topik keseluruhan postingan jika Anda menampilkannya. Gambar asli selalu lebih baik daripada foto stok jika memungkinkan. Hal yang sama berlaku untuk GIF, tetapi jangan terlalu mengandalkannya karena dapat sangat memperlambat situs web Anda, menguras SEO yang diperoleh dengan susah payah.

Nama File dan Format untuk SEO Gambar

Cara mengoptimalkan gambar untuk SEO selanjutnya adalah memberi nama gambar Anda untuk SEO adalah langkah penting dalam pengoptimalan. Dengan mengubah nama default gambar Anda agar mengandung kata kunci yang ingin Anda rangking, Anda mengizinkan Google merayapi gambar Anda tanpa benar-benar melihatnya. Pastikan kata kunci utama Anda untuk artikel dan gambar ada di awal nama file Anda.

Mengenai format gambar, sebenarnya tidak ada solusi ‘satu ukuran cocok untuk semua’. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda ingin menggunakan gambar. JPEG sangat bagus untuk gambar yang lebih besar di mana detail dipertahankan sementara ukuran file tetap relatif kecil. PNG adalah opsi terbaik untuk transparansi latar belakang. WebP adalah opsi lain yang menyeimbangkan kualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil.

Mengukur Gambar Anda

Waktu muat sangat penting tidak hanya untuk SEO Anda tetapi juga pengalaman pengguna. Pastikan dimensi gambar Anda sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan untuk ditampilkan—gambar yang diperkecil masih perlu dimuat pada ukuran aslinya.

Menggunakan gambar responsif juga penting agar citra Anda disajikan dengan benar kepada pembaca Anda di perangkat yang berbeda. Untungnya, menjaga kualitas gambar dan mengurangi ukuran file tidak harus sulit, alat seperti Squoosh atau ImageOptim akan melakukan sebagian besar pekerjaan berat untuk Anda.

Dalam cara mengoptimalkan gambar untuk SEO, sangat disarankan agar Anda mengompresnya sebelum digunakan agar dimuat dengan cepat. Ada banyak alat di luar sana untuk membantu mengoptimalkan GIF Anda.

Ada dua jenis kompresi GIF:

  • Kompresi lossy – mengurangi kualitas GIF untuk mempercepat waktu muat tetapi tidak terlihat oleh pembaca.
  • Optimalisasi lossless – Tidak menghapus piksel atau warna apa pun tetapi tidak secepat kompresi lossy.

Mengonversi GIF Anda ke HTML5 adalah opsi lain yang patut dipertimbangkan.

Memasukkan Gambar atau GIF Anda ke Halaman Anda

Sekarang setelah gambar Anda siap digunakan, saatnya membuatnya lebih ‘dapat dirayapi’. Seperti disebutkan di atas, masuk akal bagi pembaca dan Google bahwa gambar Anda ditempatkan dalam konteks alami yang dekat dengan teks terkait.

Selanjutnya, dan sangat penting, Anda harus menggunakan teks untuk gambar Anda. Mengapa? Karena sebagian orang hanya memindai artikel dan seringkali hanya menyerap judul dan keterangan gambar. Ketika saya membaca artikel, saya biasanya langsung tertarik pada gambar dan selalu membaca keterangannya untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang saya lihat. Teks bagus untuk SEO tetapi jangan berlebihan — seperti biasa, utamakan pengalaman pembaca.

Menambahkan teks alternatif adalah teknik lain untuk meningkatkan SEO Anda. Gambar dan GIF, seperti halnya konten teks, harus dapat dibaca oleh laba-laba Google. Teks alternatif (atau tag alt) adalah deskripsi gambar Anda yang ditampilkan, jika karena alasan apa pun, gambar Anda tidak dapat ditampilkan. Tambahkan teks alt ke setiap gambar yang Anda gunakan dan sertakan kata kunci utama Anda dan beberapa jenis deskripsi sehingga pembaca dan Google tahu apa yang Anda sajikan.

Menemukan keseimbangan gambar dan/atau GIF yang tepat dalam konten Anda adalah kuncinya: Terlalu banyak dan Anda memperlambat waktu muat; SEO akan buruk. Terlalu sedikit dan konten Anda membosankan, tidak dapat didekati, dan tidak disertakan dalam pencarian gambar.

Selain itu, gambar dan GIF juga sangat meningkatkan tingkat konversi. Jangan menghindari citra karena Anda takut merusak SEO Anda, alih-alih gunakan untuk keuntungan Anda dengan mengoptimalkan gambar dengan teks alternatif, keterangan, nama file khusus, dan alat kompresi.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara mengoptimalkan gambar untuk SEO yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu performa website anda dengan maksimal yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA