Game HDR: Nikmati Kualitas Game Terbaikmu!

Jagad.id – Siapa pun yang ingin merasakan game mereka dengan kualitas visual terbaik harus melihat game HDR, HDR (High Dynamic Range) menjadi lebih umum setiap tahun, ditampilkan di lebih banyak TV dan monitor game daripada sebelumnya. Ini populer di dunia film, memungkinkan bioskop untuk menikmati film favorit mereka dalam kualitas yang hebat, tetapi juga sangat bermanfaat bagi para gamer.

Namun, mungkin sulit untuk mencapai game HDR di konsol atau bahkan PC desktop. Ini dapat dipengaruhi oleh tampilan yang Anda gunakan, perangkat keras game Anda, dan bahkan game individual.

Untuk membantu Anda mengetahui cara terbaik untuk bermain game HDR, teruslah membaca, karena kami akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui.

Apa itu HDR?

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range dan mengacu pada kontras antara bagian paling terang dan paling gelap dari suatu gambar. SDR (Standard Dynamic Range) adalah standar untuk banyak tampilan. Ini lebih terbatas daripada HDR dan tidak akan mewakili banyak kontras atau warna, menjadikannya pilihan yang kurang unggul.

HDR membantu mempertahankan detail yang berada di area gambar yang paling gelap dan paling terang, dengan HDR10 menjadi format industri untuk sebagian besar TV. Ada bentuk lain dari HDR, termasuk HDR10+ dan Dolby Vision, yang merupakan bentuk dinamis, artinya mereka menggunakan metadata untuk mengoptimalkan gambar adegan demi adegan.

Anda dapat membaca lebih banyak lagi tentang HDR di penjelasan khusus kami, tetapi pada dasarnya membantu memperluas rentang warna dan kontras dalam gambar atau game, memberikan gambar lebih dalam dan detail secara keseluruhan. Ini membuatnya ideal untuk permainan, karena membuat pengalaman lebih mendalam dan berpotensi menyenangkan bagi pemain.

Bagaimana Bisa Bermain Game HDR?

Jika Anda seorang gamer konsol yang ingin merasakan permainan mereka dalam HDR, Anda harus memastikan bahwa konsol Anda mendukungnya. Konsol pertama yang menghadirkan game dukungan HDR adalah Xbox One S. Jika Anda mencari konsol yang lebih baru, baik Xbox Series X dan Series S mendukung Auto HDR, yang memungkinkan game yang berjalan di SDR disajikan dengan HDR gambar.

PS4 juga mendukung output video HDR untuk gameplay, serta streaming video. Plus, PS5 generasi berikutnya mendukung HDR hingga 4K pada 120Hz sejak diluncurkan.

Namun, Anda harus menemukan TV yang mendukung HDR untuk mengaktifkannya. Sayangnya, Anda akan menemukan bahwa TV yang berbeda memiliki kinerja yang berbeda, dengan harga biasanya menjadi faktor kunci. Ini berarti bahwa Anda mungkin mengalami kualitas gambar HDR yang lebih baik di beberapa perangkat, meskipun karena tidak ada standar industri yang ditetapkan, mungkin sulit untuk mengatakan apa yang sepadan dengan uang Anda.

Cara utama untuk memeriksa apakah TV memiliki HDR yang solid adalah dengan mencari stiker berlabel Ultra HD Premium. Ini telah dikembangkan oleh federasi longgar perusahaan teknologi dan studio film, seperti Netflix dan Samsung, dan menunjukkan bahwa perangkat memiliki tingkat HDR yang baik. Anda dapat memeriksa penjelasan kami di Ultra HD Premium untuk mengetahui lebih lanjut.

Jika Anda seorang gamer PC, itu sedikit kurang jelas. Meskipun Windows 10 dan Windows 11 sama-sama mendukung konten HDR, Anda harus memastikan bahwa monitor pilihan Anda juga mendukungnya. Hal ini dapat diketahui dengan memeriksa logo VESA DisplayHDR, yang mengonfirmasi bahwa spesifikasi monitor telah diuji oleh program VESA, yang merupakan satu-satunya standar terbuka global untuk perangkat lunak.

Anda juga perlu memeriksa apakah game PC yang Anda mainkan mendukung HDR, meskipun banyak di antaranya akan memiliki beberapa opsi HDR di menu pengaturan. Beberapa game dapat diatur ke HDR di Windows, sementara beberapa game dapat diatur ke HDR saat Anda dalam game.

Game Apa Yang HDR?

Meskipun beberapa TV dan konsol dapat mengubah konten SDR menjadi HDR, akan lebih ideal jika game itu sendiri mendukung perangkat lunak.

Sekali lagi, ini akan tergantung pada pengaturan apa yang ingin Anda mainkan, meskipun semakin banyak game yang memiliki dukungan HDR. Untuk Xbox, judul-judul seperti Forza Horizon 4, Sea of ​​Thieves, The Witcher 3: Wild Hunt, DOOM Eternal dan Resident Evi 7: Biohazard mendukung HDR, meskipun bukan di situ daftarnya berakhir.

Melihat PS4 dan PS5, Horizon Zero Dawn, Gran Turismo 7, Marvel’s Spider-Man, The Last of Us Part II dan God of War hadir dengan dukungan HDR.

Dan jumlah game yang didukung HDR bahkan lebih besar, dengan judul lama seperti Shadow Warrior 2 yang mampu memiliki jangkauan dinamis tinggi, serta game yang lebih baru seperti Deathloop dan Elden Ring.

Kami sarankan Anda melakukan sedikit riset pada game favorit Anda untuk memeriksa apakah itu juga mendukung HDR, dan meskipun kami tidak dapat menjanjikan apa pun, ini adalah perangkat lunak yang perlahan-lahan menjadi lebih populer, dengan banyak game modern yang menyombongkannya sebagai fitur.

Apakah HDR Layak?

Pertanyaan apakah perlu ditingkatkan ke HDR adalah pertanyaan yang sulit, karena ini bisa menjadi upaya yang tepat waktu dan mahal. Namun, jika Anda tertarik untuk memainkan judul seperti Elden Ring atau Horizon Forbidden West dengan visual terbaik, mungkin ada baiknya Anda mencari tahu dan meneliti produk mana yang mendukung HDR.

Jika Anda lebih tertarik pada game seperti Stardew Valley atau Two Point Campus, di mana grafiknya berada di belakang atau sengaja diperkecil untuk estetika, maka Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang HDR, karena akan berdampak lebih kecil pada Anda.

Namun, game yang didukung memang terlihat jauh lebih baik dengan HDR, dan ini adalah cara ideal untuk meningkatkan visual tanpa perlu upgrade generasi saat ini.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu game HDR yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengetahui game dengan kualitas gambar yang paling bagus. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA