Google Search Console : Ada 5 Fitur Utamanya lho!

Jagad.idGoogle Search Console dapat menawarkan wawasan dan memfasilitasi tindakan yang akan membantu menghasilkan lebih banyak traffic organik dari penelusuran web. Apakah Anda seorang pakar SEO yang berpengalaman atau relatif pemula di bidang ini. Berikut adalah lima fitur Google Search Console teratas dalam postingan ini beserta rekomendasi cara menggunakannya.

5 Fitur Google Search Console teratas

1. HTML Enhancement Tool

Alat Peningkatan HTML. Selalu ada beberapa aspek situs web yang dapat ditingkatkan dari perspektif mesin pencari Google, terlepas dari seberapa hati-hati pengembangnya. Alat peningkatan HTML, konsol pencarian Google mengidentifikasi masalah dengan situs dan memandu cara memecahkan masalah.

Tidak peduli seberapa teliti webmaster, akan selalu ada beberapa hal tentang situs web yang dari sudut pandang mesin pencari dapat diperbaiki. Poin alat peningkatan HTML dengan mudah menunjukkan masalah dengan situs Anda dan memberikan saran tentang cara memperbaikinya.
Buka ‘Tampilan Penelusuran’, lalu ‘Peningkatan HTML’ untuk menemukan daftar masalah HTML di situs Anda. Mencakup masalah judul, deskripsi meta, dan masalah konten yang tidak dapat diindeks (dan sangat normal jika situs Anda memiliki ketiganya).

Semua faktor yang ditampilkan di sini dapat berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda dengan satu atau lain cara. Tag judul duplikat atau deskripsi meta dapat menghasilkan peringkat yang lebih rendah. Dan konten yang tidak dapat diindeks secara teoritis tidak memenuhi syarat untuk diberi peringkat apa pun.

Baca Juga : 10 Tren Cloud Computing Teratas di tahun 2023

Sejauh menyangkut judul konten dan panjang deskripsi meta terlalu panjang dan Anda dapat mempengaruhi rasio klik-tayang. Jangan terlalu pendek karena Anda akan kehilangan kesempatan untuk memberi Google dan pencari kesan pertama yang mendetail tentang situs Anda. Bergantung pada kemampuan Anda, mungkin perlu mendapatkan bantuan dalam memperbaiki beberapa masalah yang disorot oleh alat ini. Tetapi bagaimanapun Anda memperbaiki sesuatu, ada baiknya mengetahui masalah yang ada sehingga Anda dapat memperbaikinya.

2. Data Underlining/Data Highlighter

Fitur Google Search Console selanjutnya adalah penggarisbawahan Data. Penyorot data merupakan alat yang sangat berguna dan mudah diakses yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kode prosedural. Selanjutnya akan memberi tahu Google apa informasi itu dan bagaimana informasi itu seharusnya dianggap di halaman web. Jika situs web sudah memiliki materi yang tepat yang telah diatur oleh pembuat kode yang terampil. Kemungkin alat ini tidak akan begitu bermanfaat lagi.

Data Highlighter adalah alat yang sangat berguna dan intuitif yang memungkinkan Anda untuk menambahkan data terstruktur (data yang memberi tahu Google tentang konten Anda dan bagaimana seharusnya diperlakukan) ke situs Anda. Anda mungkin sudah memiliki data terstruktur di dalam situs Anda yang akan diurutkan oleh pengembang web Anda yang brilian, sehingga alat ini tidak akan banyak berguna. Anda dapat memeriksa dengan mengunjungi item menu Data Terstruktur untuk laporan lengkap tentang seberapa banyak data tersebut ada di situs Anda.

Baca Juga : 10 Situs teratas untuk Coding Challenge di 2023: Tutorial Pemula

Data terstruktur adalah tambahan yang relatif baru untuk pengkodean halaman web, jadi kecuali situs Anda baru saja dikembangkan dan dibuat, situs tersebut mungkin tidak berisi markup data terstruktur. Jika demikian, alat ini dapat membantu Anda. Ini jelas bukan pengganti untuk data terstruktur yang diterapkan dengan baik dalam kode mentah situs web Anda, tetapi ini akan membantu Anda memulai jika Anda ingin mulai bermain dengan data terstruktur di situs Anda.

3. Sitemaps – Google Search Console

Situs akan diindeks lebih cepat jika pengguna mengunggah peta situs, yang juga dapat membantu membangun daya tarik lalu lintas web yang penting saat pengguna meluncurkan situs baru. Situs web harus berisi peta situs yang dikelola secara real-time, atau jika diperlukan pemeliharaan manual, minimal seminggu sekali.

Tidak percaya apakah itu peta situs? Secara singkat, peta situs XML ialah file yang memberi info mengenai content website Anda (halaman, video, file) dan menolong penjelajah mesin pencari untuk membaca website Anda secara benar. Pada intinya, tanpa file ini mencapai content Anda akan lebih sulit. Peta situs tidak harus tapi Anda betul-betul bisa mendapat beberapa hal dengan file ini.

Bagaimanakah cara mengirim peta situs XML?

  1. Dari dashboard Search Console Anda, tentukan pilihan Peta Situs (Anda akan mendapatinya pada bagian Indeks):
  2. Tambah nama peta situs Anda, lalu click tombol Kirim.
  3. Bila peta situs Anda sudah dibikin secara benar, Anda akan terima pesan yang menjelaskan “Peta situs sukses dikirim”

Peta situs akan ada di panel (bila Anda ingin mengecek apa website Anda telah mempunyai peta situs, ini sebagai lokasi yang baik untuk melakukannya):
Mengirim peta situs di Google Search benar-benar gampang, tetapi mempersiapkan file sedikit melawan. Bila Anda ingin pelajari selanjutnya mengenai keutamaan peta situs dalam SEO, saya sudah mempersiapkan tutorial untuk Anda yang hendak menerangkan semuanya yang perlu Anda kenali!

Baca Juga : 14 Aplikasi Belajar Online Terbaik Tahun 2022

4. Remove URLs

Pengguna dapat menghapus sementara Tautan tertentu dari hasil penelusuran Google menggunakan alat Hapus URL (Remove urls). Ini dapat sangat berguna untuk menghilangkan konten viral yang masih ditampilkan dengan jelas untuk kriteria yang berbeda namun tidak lagi berlaku atau untuk menghilangkan konten populer yang mendistorsi tampilan situs Google di history.

5. Report on Search Analytics (Laporan Analitis Penelusuran)

Laporan Analisis Pencarian di Google Search menawarkan spektrum menyeluruh dari wawasan penting mengenai kinerja mesin pencari situs web. Untuk mempelajari bagaimana Google memandang situs web, harus memeriksa Data Pencarian yang dikumpulkan di Google Search Console.

Dengan demikian pembahasan tentang fitur utama Google Search Console semoga dapat membantu pengguna dalam mengawasi dan mempertahankan visibilitas situs pada halaman hasil pencarian tersebut, terlepas dari apakah pengguna ingin mengetahui kata kunci mana yang digunakan pengguna untuk mengakses halaman di situs web atau halaman web mana yang paling menarik traffic kunjungan.

error: This content is protected by DMCA