Apa Itu Riset Keyword? Pentingkah Untuk Strategi SEO?

Jagad.idRiset Keyword adalah langkah mendasar dari setiap strategi SEO atau kampanye PPC. Kami akan menjelaskan apa itu, bagaimana menerapkannya pada merek Anda, dan alat apa yang dapat Anda gunakan.

Apa itu Keyword/Kata Kunci?

Keyword/Kata kunci adalah istilah yang dimasukkan pengguna di bilah pencarian di situs web mesin pencari, seperti Google; anggap mereka sebagai “pertanyaan” yang harus dijawab oleh mesin pencari, meskipun tidak harus berupa pertanyaan.

Terkadang pencarian ini disusun menggunakan satu kata, tetapi lebih sering menggabungkan beberapa kata atau bahkan membentuk frasa lengkap. Oleh karena itu, terkadang perbedaan dibuat antara kata kunci dan frase kunci, meskipun dalam artikel ini kami akan menggunakan “kata kunci/keyword” untuk merujuk keduanya.

Secara umum, keyword cenderung lebih panjang dalam pencarian ekor panjang (misalnya, sepatu lari trail ukuran 9) dan dalam pencarian suara. Selain itu, pengguna biasanya menggunakan pertanyaan dan kalimat lengkap dalam penelusuran suara.

Memahami betapa pentingnya riset keyword untuk mesin pencari, jelas untuk melihat mengapa penelitian kata kunci sangat penting.

  • Keyword/ Kata kunci adalah cara utama bagi pengguna untuk menemukan blog atau halaman web, karena sangat sedikit orang yang menulis URL langsung di browser. Oleh karena itu, kata kunci adalah langkah pertama untuk menjamin visibilitas merek Anda secara online.
  • Pilihan keyword/kata kunci yang baik memungkinkan situs web Anda muncul lebih tinggi di hasil mesin pencari dan karenanya menarik lebih banyak lalu lintas. Perlu diingat bahwa tiga hasil Google pertama menyumbang sebagian besar kunjungan dan sangat sedikit pengguna yang melampaui halaman pertama.
  • Pemosisian web juga berkontribusi pada citra merek Anda. Kurang lebih secara sadar, pengguna cenderung berasumsi bahwa situs web yang muncul di hasil pertama lebih baik atau lebih penting daripada situs pesaing.
  • Memilih istilah pencarian Anda dengan baik akan membantu Anda menentukan struktur situs web dan strategi konten Anda. Anda dapat menganggapnya sebagai semacam “peta” yang memandu langkah-langkah yang harus diikuti untuk membangun merek Anda secara online.
  • Hindari membuang-buang waktu dan sumber daya. Jika Anda mencoba menggunakan kata dengan persaingan tinggi atau volume pencarian rendah, Anda akan membuang-buang waktu dan uang. Misalnya, istilah tersebut mungkin memiliki terlalu banyak persaingan, terlalu umum, atau menarik pengguna yang tidak tertarik dengan produk dan layanan Anda.

Apa Itu Riset Keyword?

Riset ini terdiri dari mengidentifikasi serangkaian kata kunci atau istilah pencarian yang menarik untuk merek Anda, agar situs web Anda muncul di Google saat pengguna mencarinya.

Istilah pencarian ini akan menjadi dasar di mana anda akan mengatur semua strategi SEO, jadi riset kata kunci akan selalu menjadi salah satu langkah pertama yang harus diambil.

Riset Keyword yang baik didasarkan pada keseimbangan persyaratan yang berbeda:

  • Relevansi kata kunci, yaitu benar-benar terkait dengan produk dan layanan kami.
  • Tujuan pemasaran Anda. Misalnya, jika Anda ingin melakukan konversi, Anda harus mencari istilah dengan niat beli yang tinggi.
  • Itu memiliki jumlah pencarian yang cukup.
  • Persaingan tidak terlalu banyak.

Cara Melakukan Riset Keyword/Kata Kunci Langkah Demi Langkah

  • Identifikasi kata kunci ekor panjang dan ekor pendek. Kata kunci ekor pendek (mobil merah, topi bisbol) adalah yang paling umum, dan biasanya memiliki paling banyak satu atau dua kata. Mereka cenderung menarik volume pencarian dan persaingan yang tinggi.
  • Di sisi lain, kata kunci ekor panjang (Honda CRV merah, topi bisbol Atlanta Braves biru) jauh lebih spesifik. Meskipun volumenya lebih rendah, mereka berharga karena relevan dan dapat memiliki tingkat konversi yang tinggi.
  • Cari ide. Dengan menggunakan keyword yang telah Anda identifikasi di bagian sebelumnya, cobalah membuat daftar dengan keyword terkait sebanyak mungkin. Lakukan curah pendapat dengan tim Anda dan gunakan beberapa alat di bagian berikutnya.
  • Evaluasi nilai setiap kata kunci. Pertimbangkan volume pencarian untuk setiap kata kunci dan tingkat persaingan. Idenya adalah untuk mendapatkan lalu lintas yang relevan tanpa harus bersaing untuk kata-kata yang sangat mendasar. Kata kunci yang ideal menampilkan persaingan rendah dan volume pencarian tinggi.
  • Analisis pesaing Anda. Selain melihat apakah kata kunci tertentu dihargai tinggi atau tidak, akan lebih mudah menggunakan alat analisis persaingan untuk melihat apa yang dilakukan merek lain dan betapa mudahnya mengalahkan mereka untuk setiap kata kunci.
  • Buat daftar terakhir. Dengan semua informasi yang telah Anda kumpulkan di langkah sebelumnya, Anda sekarang dapat memilih kata kunci yang paling Anda minati dan mulai mengerjakannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penelitian kata kunci Anda, Anda dapat membuat database dari semua kata kunci yang telah Anda analisis sehingga Anda dapat merujuknya kembali ketika Anda membutuhkan lebih banyak ide di masa mendatang.

5 Alat Riset Kata Kunci

  • Google Keyword Planner. Ini adalah alat penelitian kata kunci klasik dan dasar. Tetapi jika Anda tidak berinvestasi di Google Ads, itu tidak akan menunjukkan data konkret kepada Anda, tetapi rentang nilai.
  • Google Trends. Dasar untuk mengidentifikasi kata kunci dan tren musiman.
  • SEMrush. Alat yang sangat berguna untuk menemukan kata kunci terkait. Untuk mulai menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan istilah di mesin pencarinya.
  • Ahrefs. Untuk mendeteksi tautan, analisis persaingan dan temukan istilah terkait.
  • Keywords Everywhere. Add-on gratis untuk Chrome dan Firefox yang menunjukkan volume pencarian, BPK, dan data persaingan di halaman web yang Anda kunjungi.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan penjelasan tentang riset keyword yang bisa anda terapkan dalam strategi SEO anda. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu dan bermanfaat buat anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA