10 Tren Cloud Computing Teratas di tahun 2023

Jagad.idCloud Computing sudah jadi alat penting untuk usaha dan bisnis, langkah yang bermanfaat untuk simpan dan share data. Tiap perusahaan mau tak mau harus menggandeng platform cloud karena pilihan kerja jarak jauh ketika pandemi. Trend Cloud Computing benar-benar populer di sektor-sektor seperti piranti lunak/software, aplikasi dan infrastruktur, proses bisnis/usaha, serta infrastruktur mekanisme.

Apa itu Cloud Computing ?

Cloud computing

Cloud Computing ialah tersedianya sumber daya sistem komputer sesuai dengan permintaan dan pengiriman service computer terhitung server, penyimpanan, pangkalan data atau basis data, jaringan, software, analitik, dan kecerdasan melalui internet untuk tawarkan inovasi yang bisa lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan rasio ekonomi. Ini digunakan oleh setiap perusahaan yang menginginkan keberlangsungan usaha, pengurangan biaya, dan kenaikan skalabilitas di masa yang akan datang. Trend Cloud Computing teratas yang perlu kita ketahui di tahun 2023 ialah AI dan ML, Kubernetes, Multi dan Hybrid cloud solutions, IoT, Cloud Security, dan banyak lagi. Ketika trend Cloud Computing berkembang, berikut 10 trend Cloud Computing paling atas yang perlu diketahui di tahun 2023.

Edge Computing

Real-Life-Use-Cases-for-Edge-Computing

Edge Computing adalah trend paling besar dalam Cloud Computing. Di sini, data disimpan, diproses di tepi jaringan, dan dianalisis secara geografis lebih dekat ke sumbernya. Pemrosesan yang bisa lebih cepat dan pengurangan latency bisa dicapai karena meningkatnya penggunaan 5G. Edge Computing mempunyai benefit khusus yang meliputi semakin banyak privacy, transmisi data bisa lebih cepat, keamanan, dan peningkatan efisiensi. Edge Computing bisa menjadi inti dari tiap strategi cloud, menjadikannya trend cloud computing teratas untuk tahun 2023.

AI dan ML

The-What-How-and-Why-of-Artificial-Intelligence-Machine-Learning1

Artificial intelligence (Kecerdasan Buatan) dan Machine Learning ialah dua teknologi yang berkaitan erat dengan Cloud Computing. Layanan AI dan ML lebih hemat biaya karena daya komputasi dan ruang penyimpanan dengan jumlah besar dibutuhkan untuk pengumpulan data dan training algoritma. Mereka adalah solusi untuk mengelola volume data yang besar sekali untuk meingkatkan produktivitas perusahaan teknologi. Tren utama yang kemungkinan ada di tempat ini meliputi peningkatan otomatisasi dan kemampuan belajar secara mandiri, keamanan dan privaci data yang lebih baik, serta pengalaman cloud yang lebih dipersonalisasi.

Disaster Recovery

Disaster-Recovery-Plan

Cloud computing efektif dalam pemulihan data dan tawarkan skill bisnis untuk memulihkan sistem yang sedang trouble atau error secara cepat bila terjadi musibah alam atau buatan manusia. Hal tersebut merujuk pada proses pemulihan dari musibah seperti pemadaman listrik, kehilangan data, atau kegagalan perangkat keras menggunakan sumber daya berbasiskan cloud.

Multi dan Hybrid Cloud Solution

Banyak beberapa perusahaan sudah adopsi taktik multi-cloud dan Hybrid IT yang menyatukan cloud individu khusus di lokasi, beberapa cloud khalayak, dan basis lama. Mereka tawarkan gabungan cloud khalayak dan individu yang diperuntukkan untuk perusahaan tertentu yang datanya sebagai pendorong usaha khusus, seperti asuransi, bank, dan lain-lain. Maka dari itu, jalan keluar cloud multi dan hybrid akan menjadi satu diantara trend komputasi cloud paling atas pada tahun 2023 dan beberapa tahun kedepan..

Keamanan dan Ketahanan Cloud

Beberapa risiko keamanan masih ada saat perusahaan bermigrasi ke cloudDi tahuntahun mendatangberinvestasi dalam keamanan dunia maya dan mengembangkan ketahanan terhadap segala hal mulai dari kehilangan data hingga dampak pandemi pada perdagangan internasional akan menjadi semakin penting dan menjadi tren besar yang kaburPada tahun 2023tren ini akan memperluas penggunaan penyedia “keamanan sebagai layanan” terkelola dan AI serta teknologi prediktif untuk mendeteksi risiko sebelum menimbulkan masalah.

Game Awan

Layanan permainan video disediakan oleh MicrosoftSonyNvidiadan AmazonTetapi streaming video game membutuhkan bandwidth yang lebih tinggi dan hanya dapat dilakukan dengan akses internet berkecepatan tinggiCloud gaming akan menjadi industri yang signifikan pada tahun 2023 dengan diperkenalkannya 5G.

Kubernetes

Tren utamanya adalah peningkatan adopsi platform orkestrasi kontainer seperti Kubernetes dan DockerTeknologi ini memungkinkan penyebaran skala besar yang sangat terukur dan efisienIni adalah platform sumber terbuka yang dapat diperluas yang menjalankan aplikasi dari satu sumber sambil mengelola layanan dan beban kerja secara terpusatKubernet berkembang pesat dan akan terus menjadi pemain utama dalam tren komputasi awan selama beberapa tahun ke depan.

Komputasi Tanpa Server

Komputasi Tanpa Server masuk ke industri komputasi sebagai hasil dari munculnya ekonomi berbagiDi sinisumber daya komputasi disediakan sebagai layananbukan diinstal pada server fisikIni berarti bahwa organisasi hanya membayar sumber daya yang mereka gunakan daripada harus memelihara servernyaSelain itusolusi cloud tanpa server menjadi populer karena kemudahan penggunaan dan kemampuan untuk membangunmenerapkandan menskalakan solusi cloud dengan cepatSecara keseluruhanteknologi adalah tren baru yang semakin populer selama bertahuntahun.

Blockchain

Blockchain adalah daftar blok tertaut yang berisi catatan dan terus bertambah saat pengguna menambahkannyaKriptografi digunakan untuk menyimpan data dalam blokIni menawarkan keamanantransparansidan desentralisasi yang sangat baikSekarang semakin banyak digunakan dalam conjugasi dengan awanItu dapat memproses data dalam jumlah besar dan melakukan kontrol atas dokumen secara ekonomis dan amanTeknologi baru menjadi janji yang luar biasa untuk beberapa aplikasi industri.

IoT

IoT adalah tren terkenal dalam komputasi awanIni adalah teknologi yang memelihara koneksi antara komputerserverdan jaringanIni berfungsi sebagai mediator dan memastikan komunikasi yang sukses dan membantu pengumpulan data dari perangkat jarak jauhItu juga menyelesaikan peringatan dan mendukung protokol keamanan oleh bisnis untuk menciptakan lingkungan cloud yang lebih aman.

 

error: This content is protected by DMCA